Deker Lutut, Alat Penting untuk Lindungi Lutut dari Cedera

Deker lutut juga berfungsi untuk meminimalisir gesekan pada lutut
Deker lutut digunakan untuk menghindari cedera

Apakah Anda tahu apa itu deker lutut? Mungkin sebagian dari Anda masih ada yang belum mengetahui tentang pelindung lutut ini. Deker lutut adalah alat pelindung yang dirancang untuk mencegah cedera dan menjaga lutut Anda tetap sehat saat mengalami benturan.

Ada berbagai jenis deker lutut yang tersedia di pasaran. Semuanya terbuat dari bahan yang berbeda, mulai dari kapas hingga neoprene.

Sering kali dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, kita dituntut untuk memiliki pergerakan tubuh yang baik. Dalam hal ini performa kaki yang baik, khususnya bagian lutut, sangat dibutuhkan.

Lutut kaki menjadi bagian penting karena menopang berat tubuh. Apabila lutut mengalami performa yang kurang baik atau cedera, tentu akan mengganggu dan menyulitkan aktivitas sehari-hari. Saat itulah, Anda akan memerlukan deker lutut. Walaupun demikian, tak jarang masih banyak yang meragukan efektivitasnya.

Penelitian yang dilakukan untuk studi American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa memakai deker lutut dapat mengurangi risiko cedera lebih dari 50 persen. Dengan catatan, deker lutut dipasang dengan tepat dan benar-benar digunakan sebagai perlindungan utama.  

Fungsi deker lutut

Perlu diketahui bahwa deker lutut memiliki beberapa fungsi berkaitan dengan kondisi lutut pada saat menggunakannya dan tujuan dari penggunaannya. Untuk lebih jelas, simak uraiannya berikut ini.

1. Meminimalisir risiko terjadinya cedera

Deker lutut yang baik dapat membantu meminimalisir dampak buruk pada lutut Anda dan mencegah terjadinya patah tempurung lutut saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Deker lutut juga akan melindungi Anda dari penetrasi benda tajam, seperti paku, besi, dan semacamnya. Beberapa deker lutut dirancang untuk meminimalisir gesekan yang dapat mencederai lutut Anda secara serius.

Cedera yang paling sering terjadi, yaitu pada persambungan lutut atau yang sering disebut ligamen. Saat berolahraga, seperti lari, melompat, dan angkat beban, deker lutut mampu melindungi sisi ligamen agar tetap stabil dan meminimalisir tekanan dari luar. Maka tak heran jika para atlet banyak yang menggunakannya untuk meminimalisir cedera saat berolahraga.

2. Memberikan rasa aman dan nyaman saat beraktivitas

Ketika Anda mengenakan deker lutut, Anda tidak perlu khawatir tentang cedera lutut yang sedang Anda alami atau yang akan terjadi. Anda akan tetap aman saat harus berlutut di tanah yang keras untuk waktu yang lama. 

Apalagi bagi lansia yang umumnya memiliki lutut lemah karena kekurangan mineral dan vitamin. Juga bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih sehingga sulit untuk menahan tekanan pada lutut. Mengenakan deker lutut akan sangat membantu mereka karena mengurangi tekanan pada lutut.

3. Membantu proses pemulihan

Selain berfungsi untuk melindungi dan mencegah terjadinya cedera lutut, deker dapat digunakan untuk melindungi lutut yang baru saja cedera atau setelah operasi. Penggunaannya dimaksudkan untuk menjaga lutut agar tetap stabil dan membatasi pergerakan sendi Anda selama proses pemulihan.

4. Menjaga kesehatan lutut

Salah satu fungsi terbaik dari deker lutut adalah menjaganya dari dislokasi atau pergeseran tulang akibat cedera. Lutut kita adalah salah satu bagian tubuh dengan mobilitas yang tinggi. Jika terjadi cedera pada salah satu lutut, bisa jadi Anda tidak bisa menggunakan kaki tersebut dan mengganggu mobilitas sehari-hari Anda.

Masalah yang bisa ditangani dengan menggunakan deker lutut

Pada kenyataannya, deker lutut dapat digunakan untuk mengatasi berbagai cedera atau penyakit, seperti keseleo, cedera ligamen lutut, rematik sendi lutut, radang sendi (rheumatoid arthritis), bahkan osteoartritis. Osteoartritis merupakan peradangan kronis pada sendi akibat rusaknya tulang rawan. Penyakti ini dipicu oleh usia yang semakin bertambah.

Sebelum menggunakan deker, Anda harus benar-benar mengetahui cedera atau penyakit apa yang sedang dialami. Karena deker lutut memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda masih bingung dan tidak yakin, sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter supaya mendapatkan diagnosis yang tepat dan cepat ditangani.

Itulah penjelasan mengenai deker lutut dan beberapa fungsinya. Penggunaan deker lutut sebaiknya tidak dijadikan alasan untuk menghindari olahraga, kecuali jika Anda disarankan istirahat total oleh dokter.

Penting juga bagi Anda untuk mempertahankan berat badan ideal karena obesitas secara signifikan dapat menambah tekanan pada semua persendian, termasuk lutut. Peregangan setiap hari juga sama pentingnya, baik sebelum berolahraga maupun sesudahnya.

Aafp. https://www.aafp.org/afp/2000/0115/p423.html
Diakses pada 1 Mei 2020

Active-workwear. https://active-workwear.co.uk/blogs/news/why-wear-kneepads-at-work
Diakses pada 1 Mei 2020

Gearbest. https://www.gearbest.com/blog/how-to/the-advantages-and-disadvantages-about-knee-pads-6918
Diakses pada 1 Mei 2020

Mayoclinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/knee-pain/symptoms-causes/syc-20350849
Diakses pada 1 Mei 2020

Vocal.media. https://vocal.media/longevity/benefits-of-using-knee-pads
Diakses pada 1 Mei 2020

Artikel Terkait