Decluttering Artinya Menyortir Barang yang Tidak Diperlukan, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan Mental?


Decluttering artinya membersihkan benda yang tidak lagi dipakai. Manfaat decluttering bisa menjaga kesehatan mental serta meningkatkan fokus.

(0)
15 Apr 2021|Ade Irawan
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Decluttering artinya membersihkan benda yang tidak lagi dipakaiMemilah dan merapikan barang perlu dilakukan secara berkala agar rumah tetap rapi
Banyak orang belum menyadari bahwa rumah yang penuh dengan barang hanya akan akan membuat stres. Decluttering merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Decluttering artinya proses membersihkan benda-benda fisik yang sudah menumpuk, khususnya benda yang tidak lagi memiliki fungsi atau yang tidak digunakan lagi.Proses ini sangat disarankan dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, decluttering membawa banyak manfaat, mulai dari kebersihan rumah hingga memberikan manfaat kepada benda tersebut jika digunakan oleh orang lain. Selain itu, decluttering juga berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Dampak negatif dari rumah yang berantakan dan penuh dengan barang

Rumah yang berantakan dan penuh barang harus di-decluttering
Rumah yang berantakan dan penuh barang menimbulkan kecemasan
Ruangan yang berantakan, penuh dengan barang, dan berdebu akan membuat Anda sulit untuk fokus melakukan aktivitas. Dampak negatif pun tidak hanya sampai di situ. Berikut dampak negatif dari kekacauan karena penuhnya barang di rumah atau tempat kerja:
  • Menyebabkan kebingungan dan ketegangan

Saat fokus menurun, Anda pun akan kebingungan saat mengerjakan sesuatu. Sebuah studi menyebutkan, ruangan yang berantakan akan dapat memengaruhi visual seseorang biarpun tidak terkait dengan pekerjaan yang sedang diselesaikan. Kebingungan inilah yang akan membuat Anda sulit menyelesaikan pekerjaan secara efisien.
  • Membuat sulit tidur di malam hari

Bagi Anda yang memiliki rasa cemas berlebihan, menimbun barang secara tidak langsung akan memicu rasa cemas sampai menyebabkan masalah sulit tidur. Saat ruangan Anda terlalu kacau, ada rasa tidak aman yang muncul. Entah itu karena takut kehilangan barang, entah ada serangga yang muncul karena terlalu kotor. Akhirnya, kurang tidur pun akan membuat Anda sulit mengambil keputusan besar.
  • Depresi

Sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan yang tinggal di rumah berantakan cenderung lebih cepat lelah dan depresi. Para perempuan menggambarkan rumah adalah tempat untuk mengembalikan tenaga baru setelah beraktivitas. Hal ini disebabkan karena rumah yang berantakan membuat kadar hormon kortisol pada perempuan meningkat.

Manfaat decluttering

Decluttering akan membuat Anda lebih mudah menemukan benda yang diperlukan
Ajak anak untuk membantu decluttering barang
Sementara itu, merapikan barang dan membuang benda-benda yang sudah tidak terpakai akan memberikan dampak positif. Simak manfaat dari decluttering yang bisa Anda dapatkan dalam hidup:

1. Membuat ruangan lebih sehat

Tempat tinggal akan sangat memengaruhi kesehatan para penghuninya. Orang dengan rumah yang bersih, tertata, dan tidak terlalu penuh sesak cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik. Anda akan jauh dari virus dan bakteri yang biasanya hadir di tempat-tempat kotor.

2. Memiliki kontrol terhadap kehidupan

Melakukan aktivitas bersih-bersih juga memberikan kendali terhadap kehidupan. Cara ini akan membuat seseorang merasa memiliki kontrol atas kehidupannya sendiri sehingga tidak diatur oleh keadaan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus melakukan lebih banyak aktivitas dan tidak terjebak dengan kebiasaan yang berulang.

3. Meningkatkan mood

Mencium aroma sabun atau pengharum ruangan akan meredakan kecemasan. Terlebih lagi, seprai yang bersih pun akan membuat Anda memiliki tidur yang berkualitas sehingga memberikan suasana hati yang lebih baik. Melakukan aktivitas bersih-bersih pun akan membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi.

4. Meningkatkan fokus

Tempat yang bersih akan membuat seseorang lebih produktif. Jika Anda sedang kesulitan untuk fokus saat ini, bangun dari tempat duduk dan cobalah untuk merapikan ruangan. Selain itu, cobalah untuk membuang barang yang sudah tidak digunakan atau membatasi jumlah barang yang dimiliki. Hal ini dapat mengurangi perhatian otak pada benda-benda yang Anda punya. 

5. Lebih mudah mencari sesuatu

Dengan decluttering, Anda pun akan memberikan banyak ruang. Hal ini tentunya akan memberikan keleluasaan untuk menemukan barang yang dibutuhkan tanpa terganggu oleh benda fisik lainnya. Anda pun akan lebih mudah mengingat lokasi penyimpanan secara spesifik.

Catatan dari SehatQ

Melakukan aktivitas bersih-bersih atau decluttering artinya Anda sangat peduli dengan diri sendiri. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar stres dan meningkatkan fokus. Membuang dan membatasi kepemilikan barang pun menurunkan kerja otak supaya tidak memikirkan lebih banyak benda.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar decluttering dan manfaatnya untuk kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips kesehatanmenjaga kesehatanpola hidup sehat
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/how-decluttering-your-space-could-make-you-healthier-and-happier/art-20390064
Diakses pada 6 April 2021
Everyday Health https://www.everydayhealth.com/healthy-living/why-decluttering-is-important-for-self-care-and-when-it-isnt/
Diakses pada 6 April 2021
Very Well Mind https://www.verywellmind.com/how-mental-health-and-cleaning-are-connected-5097496
Diakses pada 6 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait