logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Mental

Decluttering Artinya Menyortir Barang yang Tidak Diperlukan, Apa Manfaatnya bagi Kesehatan Mental?

open-summary

Decluttering artinya membersihkan benda yang tidak lagi dipakai. Manfaat decluttering bisa menjaga kesehatan mental serta meningkatkan fokus.


close-summary

4.5

(2)

15 Apr 2021

| Ade Irawan

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

Decluttering artinya membersihkan benda yang tidak lagi dipakai

Memilah dan merapikan barang perlu dilakukan secara berkala agar rumah tetap rapi

Table of Content

  • Dampak negatif dari rumah yang berantakan dan penuh dengan barang
  • Manfaat decluttering
  • Catatan dari SehatQ

Banyak orang belum menyadari bahwa rumah yang penuh dengan barang hanya akan akan membuat stres. Decluttering merupakan salah satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Decluttering artinya proses membersihkan benda-benda fisik yang sudah menumpuk, khususnya benda yang tidak lagi memiliki fungsi atau yang tidak digunakan lagi.

Advertisement

Proses ini sangat disarankan dilakukan oleh semua orang. Pasalnya, decluttering membawa banyak manfaat, mulai dari kebersihan rumah hingga memberikan manfaat kepada benda tersebut jika digunakan oleh orang lain. Selain itu, decluttering juga berpengaruh terhadap kesehatan mental.

Dampak negatif dari rumah yang berantakan dan penuh dengan barang

Rumah yang berantakan dan penuh barang harus di-decluttering
Rumah yang berantakan dan penuh barang menimbulkan kecemasan

Ruangan yang berantakan, penuh dengan barang, dan berdebu akan membuat Anda sulit untuk fokus melakukan aktivitas. Dampak negatif pun tidak hanya sampai di situ. Berikut dampak negatif dari kekacauan karena penuhnya barang di rumah atau tempat kerja:

  • Menyebabkan kebingungan dan ketegangan

Saat fokus menurun, Anda pun akan kebingungan saat mengerjakan sesuatu. Sebuah studi menyebutkan, ruangan yang berantakan akan dapat memengaruhi visual seseorang biarpun tidak terkait dengan pekerjaan yang sedang diselesaikan. Kebingungan inilah yang akan membuat Anda sulit menyelesaikan pekerjaan secara efisien.

  • Membuat sulit tidur di malam hari

Bagi Anda yang memiliki rasa cemas berlebihan, menimbun barang secara tidak langsung akan memicu rasa cemas sampai menyebabkan masalah sulit tidur. Saat ruangan Anda terlalu kacau, ada rasa tidak aman yang muncul. Entah itu karena takut kehilangan barang, entah ada serangga yang muncul karena terlalu kotor. Akhirnya, kurang tidur pun akan membuat Anda sulit mengambil keputusan besar.

  • Depresi

Sebuah penelitian menemukan bahwa perempuan yang tinggal di rumah berantakan cenderung lebih cepat lelah dan depresi. Para perempuan menggambarkan rumah adalah tempat untuk mengembalikan tenaga baru setelah beraktivitas. Hal ini disebabkan karena rumah yang berantakan membuat kadar hormon kortisol pada perempuan meningkat.

Manfaat decluttering

Decluttering akan membuat Anda lebih mudah menemukan benda yang diperlukan
Ajak anak untuk membantu decluttering barang

Sementara itu, merapikan barang dan membuang benda-benda yang sudah tidak terpakai akan memberikan dampak positif. Simak manfaat dari decluttering yang bisa Anda dapatkan dalam hidup:

1. Membuat ruangan lebih sehat

Tempat tinggal akan sangat memengaruhi kesehatan para penghuninya. Orang dengan rumah yang bersih, tertata, dan tidak terlalu penuh sesak cenderung memiliki kesehatan yang lebih baik. Anda akan jauh dari virus dan bakteri yang biasanya hadir di tempat-tempat kotor.

2. Memiliki kontrol terhadap kehidupan

Melakukan aktivitas bersih-bersih juga memberikan kendali terhadap kehidupan. Cara ini akan membuat seseorang merasa memiliki kontrol atas kehidupannya sendiri sehingga tidak diatur oleh keadaan sekitar. Dengan begitu, Anda bisa lebih fokus melakukan lebih banyak aktivitas dan tidak terjebak dengan kebiasaan yang berulang.

3. Meningkatkan mood

Mencium aroma sabun atau pengharum ruangan akan meredakan kecemasan. Terlebih lagi, seprai yang bersih pun akan membuat Anda memiliki tidur yang berkualitas sehingga memberikan suasana hati yang lebih baik. Melakukan aktivitas bersih-bersih pun akan membantu mengurangi stres, perasaan cemas, dan gejala depresi.

4. Meningkatkan fokus

Tempat yang bersih akan membuat seseorang lebih produktif. Jika Anda sedang kesulitan untuk fokus saat ini, bangun dari tempat duduk dan cobalah untuk merapikan ruangan. Selain itu, cobalah untuk membuang barang yang sudah tidak digunakan atau membatasi jumlah barang yang dimiliki. Hal ini dapat mengurangi perhatian otak pada benda-benda yang Anda punya. 

5. Lebih mudah mencari sesuatu

Dengan decluttering, Anda pun akan memberikan banyak ruang. Hal ini tentunya akan memberikan keleluasaan untuk menemukan barang yang dibutuhkan tanpa terganggu oleh benda fisik lainnya. Anda pun akan lebih mudah mengingat lokasi penyimpanan secara spesifik.

Baca Juga

  • Sederet Gangguan Kesehatan Pekerja Shift Malam dan Tips Menurunkan Risikonya
  • Fenomena Agrafia, Ketika Menulis Satu Huruf Saja Terasa Sulit
  • Mengenal Konsep Diri, Jawaban Atas Pertanyaan “Siapakah Saya?”

Catatan dari SehatQ

Melakukan aktivitas bersih-bersih atau decluttering artinya Anda sangat peduli dengan diri sendiri. Aktivitas ini sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar stres dan meningkatkan fokus. Membuang dan membatasi kepemilikan barang pun menurunkan kerja otak supaya tidak memikirkan lebih banyak benda.

Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar decluttering dan manfaatnya untuk kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips kesehatanmenjaga kesehatanpola hidup sehat

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved