Manfaat Daun Ruku-ruku atau Holy Basil untuk Kesehatan


Manfaat daun ruku-ruku terbukti berpotensi baik untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini berkerabat dengan kemangi dan basil dan sering dicampurkan ke masakan Padang

0,0
15 Jan 2020|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat daun ruku-ruku adalah terbukti baik untuk kesehatan tubuhManfaat daun ruku-ruku tidak hanya untuk masakan, tapi juga kesehatan tubuh
Manfaat daun ruku-ruku (holy basil)tidak hanya untuk makanan. Ya, jika Anda berasal dari suku Minangkabau atau menggemari masakan Padang, Anda mungkin sudah akrab dengan daun ruku-ruku. Tanaman ruku-ruku sering dicampurkan ke berbagai hidangan Sumatra Barat, seperti gulai ikan dan asam pedas.Namun, daun ini tak hanya membuat sajian menjadi lebih sedap. Berbagai studi membuktikan, ruku-ruku mengantongi beragam manfaat kesehatan. Simak artikel ini untuk mengetahui khasiat menakjubkan daun ruku-ruku.

Nutrisi daun ruku-ruku

Daun ruku-ruku, daun tulsi, atau holy basil merupakan salah satu tumbuhan asli Asia Tenggara yang memiliki berbagai potensi khasiat kesehatan. Bahkan, dengan berbagai manfaatnya, ruku-ruku dijuluki sebagai ratu herbal.Khasiat ruku-ruku tersebut ditopang oleh nutrisinya yang kaya. Beberapa kandungan pada ruku-ruku atau daun holy basil, yaitu:Ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum) berkerabat dengan daun basil dan daun kemangi. Ruku-ruku dan basil masuk ke genus Ocimum. Sementara itu, daun kemangi (Ocimum x citridorum) merupakan hasil kawin silang basil dengan American basil dengan basil yang sama-sama tergolong ke genus Ocimum.

Manfaat daun ruku-ruku untuk kesehatan

Sebagai ratu herbal, ruku-ruku memiliki khasiat dan manfaat sebagai berikut:

1. Menenangkan hati

Daun ruku-ruku
Daun ruku-ruku dapat menenangkan suasana hati
Semua bagian tumbuhan ruku-ruku dapat bertindak sebagai adaptogen. Adaptogen sendiri merupakan zat yang dapat membantu tubuh untuk menyesuaikan diri dengan stres, serta merangsang keseimbangan mental. Menurut studi dalam jurnal Ayurveda and Integrative Medicine, ruku-ruku juga memiliki sifat antidepresan dan anticemas.Praktisi merekomendasikan untuk meminum air daun ruku-ruku hangat. Karena tumbuhan ini bebas kafein, meminumnya 1 gelas per hari tergolong aman. Malahan, bisa membantu Anda untuk lebih tenang dan rileks.

2. Mengendalikan gula darah

Manfaat daun ruku-ruku berpotensi untuk menurunkan gula darah, sehingga dapat bermanfaat untuk penderita diabetes tipe 2. Studi pada hewan dan manusia pun menunjukkan, holy basil dapat mencegah gejala diabetes seperti:
  • Kenaikan berat badan
  • Insulin berlebih di tubuh
  • Kolesterol tinggi
  • Resistensi insulin
  • Tekanan darah tinggi
Jika Anda memiliki diabetes dan ingin mencoba ruku-ruku, diskusikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari reaksi yang tidak diinginkan.

3. Mengendalikan kadar kolesterol

Khasiat daun tulsi juga dilaporkan bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol. Menurut sebuah studi, hewan percobaan yang diberikan daun ruku-ruku mengalami perubahan molekul lemak signifikan dengan kadar kolesterol jahat (LDL) menjadi lebih rendah. Dan sebaliknya, kadar kolesterol baik (HDL) hewan percobaan tersebut pun naik.Bila kolesterol pada pembuluh darah tersumbat akibat kolesterol, jantung pun memompa lebih kuat sehingga darah tinggi pun terjadi.

4. Menjaga kesehatan lambung

Manfaat daun ruku-ruku dapat menjaga kesehatan lambung berupa menangkal efek pada luka lambung yang dipicu oleh stres. Si ratu herbal ini pun dapat melindungi lambung dengan cara-cara berikut:
  • Menurunkan asam lambung
  • Meningkatkan sekresi mukosa
  • Menaikkan dan memperpanjang durasi hidup sel mukosa

5. Menangani luka dan melawan infeksi

Manfaat daun ruku-ruku si ratu herbal memiliki berbagai efek positif, seperti antivirus, antibakteri, antijamur, antiradang, dan antinyeri. Dengan khasiat tersebut, esktrak ruku-ruku disebutkan dapat mempercepat pemulihan luka serta melawan infeksi.

6. Melawan radikal bebas

Tumbuhan ruku-ruku juga kaya dengan molekul antioksidan yang penting untuk melawan radikal bebas pemicu kerusakan sel. Daun ini pun berpotensi untuk mencegah kanker dengan menghambat pertumbuhan sel kanker.

7. Mengikis peradangan

Manfaat daun ruku-ruku dilaporkan dapat membantu orang yang terkena artritis. Sebab, kandungan tumbuhan ini memiliki sifat antiradang. Daun ruku-ruku pun berpotensi untuk meredakan nyeri otot karena fibromyalgia.Selain itu, manfaat daun ruku-ruku yang satu ini juga berpotensi meredakan batuk. Caranya, minum rebusan air daun ruku-ruku.

8. Menjaga kesehatan mulut

Ruku-ruku mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan mulut. Vitamin C terbukti membantu mempercepat penyembuhan gusi berdarah. Bahkan, riset dari Acta Pediatrica menemukan pemberian vitamin C mampu mengurangi keparahan dan rasa sakit pada sariawan. Meski demikian, riset ini menggunakan suplemen vitamin C sebesar 2.000 mg per hari, bukan daun ruku-ruku.

Perhatikan ini sebelum konsumsi daun ruku-ruku

Ruku-ruku cenderung aman untuk dikonsumsi. Walau begitu, bagi wanita yang tengah berencana melaksanakan program kehamilan disarankan untuk menghindari konsumsi tanaman ini. Sebab, studi pada hewan menemukan bahwa ruku-ruku berisiko menimbulkan efek negatif terhadap kesuburan.Apabila Anda tengah mengonsumsi obat antikoagulasi, mengonsumsi ruku-ruku juga tidak disarankan. Begitu pula bagi Anda yang akan melaksanakan atau baru menjalani tindakan operasi.Bila Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut terkait manfaat daun ruku-ruku, manfaat sayuran, maupun makanan sehat lainnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Caranya, download sekarang di App Store dan Google Play.
nutrisiherbaltanaman obatmakanan sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/basil-benefits
Diakses pada 15 Januari 2020
Herb Society. https://herbsocietyorg.presencehost.net/file_download/inline/f85dff87-acca-4a48-aac4-2abdfc8cf23e
Diakses pada 15 Januari 2020
Integrated Taxonomic Information System. https://www.itis.gov/servlet/SingleRpt/SingleRpt?search_topic=TSN&search_value=507863#null
Diakses pada 15 Januari 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/holy-basil-4766587
Diakses pada 15 Januari 2020
Ayurveda and Integrative Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4296439/
Diakses pada 11 Agustus 2021
Acta Pediatrica. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20003102/
Diakses pada 11 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait