Daun Mangga, Makanan Sehat yang Kalah Populer dari Buahnya

(0)
17 Jun 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Daun mangga ternyata memiliki manfaat yang "manis" seperti daging buahnya.Daun mangga memang sering dilupakan, tapi ternyata memiliki manfaat kesehatan.
Daun mangga memang tidak sepopuler buahnya, yang dikenal manis dan sangat lezat. Meski begitu, daun mangga menyimpan banyak manfaat kesehatan "tersembunyi" yang selama ini tidak banyak diketahui orang.Faktanya, daun mangga (Mangifera Indica) yang terkenal dengan kelembutan teksturnya itu bisa dijadikan bahan memasak untuk melezatkan makanan, atau sekadar dikonsumsi sebagai teh herbal.Bagi Anda yang penasaran dan ingin mencoba daun mangga, kenali dulu berbagai manfaatnya ini.

Daun mangga, apa saja manfaatnya?

Pada awalnya, tidak ada yang menyangka kalau daun mangga memiliki manfaat kesehatan. Namun saat para peneliti turun tangan dan mencoba meneliti kandungan daun mangga lebih jauh, hasilnya cukup mengejutkan.
Berikut ini adalah manfaat daun mangga yang patut dicoba:

1. Mengandung komponen tumbuhan yang menyehatkan

Daun mangga
Daun mangga
Daun mangga memiliki komponen tumbuhan yang menyehatkan, seperti polifenol dan terpenoid. Terpenoid dipercaya bisa meningkatkan kesehatan mata dan sistem imun tubuh. Senyawa tersebut adalah antioksidan yang menjaga tubuh dari radikal bebas.Sementara itu, polifenol dianggap ampuh dalam menangani penyakit obesitas, diabetes, kanker, hingga penyakit jantung.Dalam sebuah riset, para peneliti menemukan bahwa mangiferin (polifenol dalam daun mangga), bisa menjadi obat herbal yang berpotensi menyembuhkan tumor, diabetes, hingga penyakit jantung. Namun, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikannya.

2. Menurunkan tekanan darah

Daun mangga memiliki sifat hipotensi, yang artinya mampu menurunkan tekanan darah. Daun mangga dipercaya bisa memperkuat pembuluh darah dan mengatasi penyakit varises.

3. Mencegah kegelisahan

Tidak hanya dipercaya mengobati penyakit fisik, ternyata daun mangga yang memiliki aroma khas itu juga dianggap ampuh mencegah kegelisahan, sehingga kesehatan mental terjaga.Mencampurkan beberapa helai daun mangga ke bak mandi dipercaya bisa menyegarkan “pikiran” dan menghilangkan ketegangan pada tubuh.

4. Mencegah penyakit Alzheimer

Mangiferin, bentuk polifenol dalam daun mangga, ternyata memiliki sifat antiinflamasi pada otak, sehingga mampu mencegah penyakit Alzheimer.Sebuah penelitian pada hewan uji memperlihatkan bahwa daun mangga bisa menjaga kesehatan otak dari penyakit Alzheimer atau Parkinson.Lagi-lagi, manfaat daun mangga yang satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut pada manusia.

5. Mengobati batu empedu dan batu ginjal

Manfaat daun mangga yang masih perlu diteliti lebih lanjut berikutnya adalah mengobati batu empedu dan batu ginjal. Jika dikonsumsi rutin, daun mangga dipercaya mampu mengatasi kedua masalah tersebut.Tuangkan daun mangga ke dalam tempat minum, dan diamkan semalaman. Setelah itu, minumlah air yang sudah dicampur dengan daun mangga itu. Campuran ini dipercaya dapat menghancurkan serta membuang batu empedu dan batu ginjal dari dalam tubuh.

6. Mencegah kanker

Daun mangga
Daun mangga
Karena kandungan mangiferin yang dimiliki daun mangga dipercaya ampuh melawan stres oksidatif dan peradangan, maka tidak heran kalau para ahli menilai daun mangga bisa mencegah kanker.Studi tabung membuktikan daun mangga ternyata efektif dalam meringankan leukimia, kanker paru-paru, kanker otak, kanker payudara, hingga kanker prostat.Namun penelitian itu masih berlanjut dan belum memiliki kesimpulan. Maka dari itu, dibutuhkan bukti yang lebih kuat lagi.

7. Menjaga kesehatan kulit

Daun mangga memiliki komponen antioksidan yang bisa menghambat tanda penuaan seperti kulit keriput. Dalam sebuah penelitian pada hewan uji, daun mangga sebanyak 100 miligram per kilogram berat tubuh, mampu meningkatkan produksi kolagen dan mencegah keriput. Sayangnya, belum ada bukti kuat untuk membuktikan manfaat daun mangga ini pada manusia.Mangiferin yang dikandung daun mangga juga terbukti ampuh dalam membantu proses penyembuhan psoriasis. Kali ini, riset dilakukan pada kulit manusia, sehingga lebih tepercaya.

8. Menjaga kesehatan rambut

Karena mengandung antioksidan, daun mangga dipercaya bisa menjaga kesehatan rambut dengan mencegah kerusakan pada folikelnya. Oleh karena itu, menggunakan daun mangga dipercaya mampu merangsang pertumbuhan rambut.Sayangnya, belum ada riset pada manusia yang mampu membuktikan manfaat daun mangga ini.

9. Mengatasi diabetes

Selain mengandung polifenol, daun mangga juga memiliki komponen anthocyanidins, yang ampuh dalam mengatasi diabetes.Anda bisa mencampurkan daun mangga dalam air, kemudian membiarkannya semalaman. Setelah itu, saring airnya sebelum dikonsumsi. Langkah ini juga dipercaya bisa meredakan gejala diabetes.

Cara mengonsumsi daun mangga

Walaupun daun mangga dapat dikunyah langsung, tapi beberapa orang tidak menyukai rasanya. Maka dari itu, ada cara lain yang mungkin bisa lebih diterima oleh lidah banyak orang.Salah satunya dengan merebus daun mangga selama 10-15 menit dalam 150 mililiter air. Kemudian air rebusan tersebut diminum.Selain itu, daun mangga juga tersedia dalam bentuk bubuk, ekstrak, hingga suplemen. Bubuknya dapat dicampurkan dengan air, kemudian diminum atau dioleskan ke kulit.Bagi Anda yang ingin mencoba daun mangga, terutama dalam bentuk suplemennya, lebih baik berkonsultasi dulu pada dokter mengenai dosis dan efek sampingnya. Sebab, belum ada penelitian yang cukup untuk membuktikan manfaat daun mangga ini.

Catatan dari SehatQ:

Daun mangga dianggap aman untuk dikonsumsi. Namun kesimpulan ini didapatkan dari hasil studi pada hewan uji. Itulah sebabnya Anda harus tetap berkonsultasi pada dokter sebelum mengonsumsi daun mangga dalam bentuk apapun.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/benefit-of-mango-leaf
Diakses pada 3 Juni 2020
Food NDTV. https://food.ndtv.com/food-drinks/10-unknown-benefits-of-mango-leaves-dont-throw-them-away-1657768
Diakses pada 3 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait