Daun Kari dan Manfaatnya untuk Kesehatan

(0)
21 Aug 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Daun kari memiliki aroma yang khas serta rasa seperti buah-buahan sitrus.Daun kari berbeda dengan bubuk kari!
Daun kari berasal dari pohon Murraya koenigii. Di Indonesia, tumbuhan ini dikenal dengan sebutan "salam koja".Selain digunakan untuk memasak, ternyata daun kari memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Mulai dari menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, bahkan menstabilkan gula darah, bisa Anda rasakan dengan mengonsumsi daun kari.

Daun kari dan manfaatnya

Jangan samakan daun kari dengan bubuk kari, karena keduanya berbeda. Bubuk kari biasanya dibuat dari campuran kunyit, bubuk cabai, ketumbar, jinten, jahe dan lada. Sementara itu, daun kari merupakan tanaman yang berasal dari India yang langsung dipetik dari pohonnya untuk diolah menjadi makanan maupun digunakan sebagai pengobatan.Di balik aroma harum dan rasa unik daun kari, tersembunyi berbagai manfaat kesehatan yang sayang jika dilewatkan. Berikut ini adalah sederet manfaatnya, berdasarkan penelitian.

1. Mengandung senyawa tumbuhan yang baik untuk kesehatan

Daun kari mengandung berbagai senyawa tumbuhan yang baik untuk kesehatan, sebut saja alkaloid, glikosida, hingga senyawa fenolik. Keberadaan berbagai senyawa itulah yang membuat daun kari sangat bermanfaat untuk kesehatan.Tidak hanya itu, berbagai penelitian juga membuktikan kalau daun kari mengandung antioksidan seperti linalool, alpha-ternene, myrcene, mahanimbine, caryophyllene, murrayanol, hingga alpha-terpinene. Sejumlah komponen ini dapat memerangi radikal bebas, untuk mencegah berbagai penyakit.

2. Berpotensi menurunkan berat badan

Daun kari berpotensi menurunkan berat badan dengan dua cara, yakni mengeluarkan racun dan membakar lemak di dalam tubuh.Untuk mengonsumsinya, Anda boleh langsung mengunyah daun kari kering yang sudah dibersihkan atau menaburkannya di atas makanan favorit. Namun ingat, imbangi juga dengan berolahraga secara teratur dan pola makan yang sehat, ya!

3. Menyehatkan jantung

Daun kari
Daun kari
Kolesterol dan trigliserida tinggi adalah faktor risiko penyakit jantung yang harus diwaspadai. Untungnya, daun kari dapat membantu tubuh menurunkan kadar keduanya.Sebuah riset pada hewan uji menunjukkan, tikus obesitas yang mengonsumsi ekstrak daun kari sebanyak 300 miligram per kilogram berat tubuhnya, mengalami penurunan kadar kolesterol dan trigliserida cukup signifikan. Hasil penelitian ini tak lepas dari kandungan mahanimbine yang dimiliki daun kari.Meski demikian, masih dibutuhkan penelitian pada manusia untuk membuktikan manfaat daun kari dalam menyehatkan jantung ini.

4. Mencegah kanker

Tes tabung membuktikan bahwa beberapa daun kari dari Malaysia memiliki komponen anti-kanker dan mampu menghambat pertumbuhan kanker payudara yang agresif.Ditambah lagi, sebuah penelitian serupa menunjukkan bahwa ekstrak daun kari dapat membunuh sel kanker serviks.Meskipun daun kari terbukti mengandung berbagai komponen antikanker, efektivitasnya terhadap tubuh manusia masih belum terbukti secara ilmiah.

5. Menjaga kestabilan gula darah

Sebuah penelitian pada hewan uji berhasil membuktikan kalau daun kari dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah datangnya gejala diabetes, seperti sakit saraf dan kerusakan ginjal.Walaupun hasil riset tersebut menjanjikan, kita tidak boleh mengonsumsi daun kari begitu saja untuk menjaga gula darah. Sebab, belum ada penelitian pada manusia yang dapat membuktikannya.

6. Meredakan nyeri

Daun kari
Daun kari dipercaya bisa redakan nyeri
Riset pada tikus membuktikan bahwa ekstrak daun kari yang dikonsumsi lewat mulut dapat meredakan nyeri di badan. Lagi-lagi, penelitian pada manusia masih dibutuhkan untuk membuktikan efektivitas daun kari dalam meredakan nyeri di badan.

7. Mencegah kerontokan rambut

Dari segi kecantikan, ternyata daun kari dapat mencegah kerontokan rambut. Sebab, kandungan protein dan beta-karotennya mampu merangsang pertumbuhan rambut serta mencegah kerontokan rambut.Tidak hanya itu, kandungan antioksidan dan asam amino yang dimiliki daun kari juga bisa melembapkan kulit kepala serta memperkuat folikel rambut.

8. Mengatasi morning sickness

Mual di pagi hari alias morning sickness adalah gejala kehamilan yang dapat dirasakan oleh para wanita hamil. Bagi wanita karier, tentu hal ini dapat mengganggu produktivitas di kantor.Cobalah konsumsi daun kari yang dipercaya dapat membantu sekresi enzim pencernaan, sehingga mual dan muntah akibat morning sickness dapat berkurang.Namun ingat, berkonsultasilah dulu pada dokter kandungan sebelum Anda mencoba daun kari. Hal ini dilakukan untuk menghindari efek samping yang mungkin terjadi

9. Membantu proses penyembuhan luka

Daun kari dianggap bisa membantu proses penyembuhan luka karena mengandung komponen antibakteri dan antioksidan. Itulah sebabnya, daun kari dianggap ampuh mempercepat proses penyembuhan luka.Jika Anda mengalami luka sayatan, bakar atau lebam, oleskan saja krim daun kari ke bagian kulit yang mengalaminya, untuk mencegah infeksi.

Catatan dari SehatQ:

Berbagai manfaat daun kari di atas memang sangat luar biasa. Namun sayangnya, belum ada penelitian pada manusia yang mampu membuktikan efektivitas daun kari untuk kesehatan.Itulah sebabnya Anda diwajibkan untuk berkonsultasi dulu pada dokter sebelum mengonsumsi daun kari.Selain itu, jangan jadikan daun kari sebagai pengobatan utama dari penyakit yang Anda derita. Sebab, pengobatan medis tetap dibutuhkan untuk hasil optimal.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/curry-leaves-benefits#1
Diakses pada 7 Agustus 2020
BBC. https://www.bbc.co.uk/food/curry_powder
Diakses pada 7 Agustus 2020
Parenting First Cry. https://parenting.firstcry.com/articles/20-incredible-benefits-of-curry-leaveskadi-patta-for-hair-and-health/
Diakses pada 7 Agustus 2020
NDTV. https://www.ndtv.com/health/curry-leaves-for-weight-loss-10-surprising-health-benefits-1873982
Diakses pada 7 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait