Daun insulin banyak tumbuh di wilayah India dan Amerika Serikat, terutama pada bulan September dan Oktober
Pohon daun insulin tumbuh setinggi kurang dari 1 meter dengan daun yang sederhana dan tulang daun berbentuk paralel

Daun insulin atau Costus igneus diyakini bisa menurunkan kadar gula darah. Bahkan penderita diabetes yang mengonsumsi daun insulin tercatat mengalami penurunan kadar gula darah. Daun insulin banyak tumbuh di wilayah India dan Amerika Serikat, terutama pada bulan September dan Oktober.

Daun insulin kaya akan protein, zat besi, dan beberapa komponen antioksidan seperti beta-karoten dan a-tocopherol. Ada banyak penelitian yang menjelaskan korelasi antara daun insulin dengan normalnya kadar gula darah penderita diabetes.

Seperti apa daun insulin?

Julukan lain yang disematkan pada daun insulin adalah spiral flag dan step ladder, tak lain karena struktur daunnya yang bergerak naik secara spiral dari batangnya hingga ke atas.

Pohon daun insulin tumbuh setinggi kurang dari 1 meter. Daunnya berwarna hijau tua hingga kekuningan dengan ukuran 10-20 cm. Bentuk daunnya sederhana dengan tulang daun berbentuk paralel.

Dalam genus Costus, setidaknya ada 150 spesies tanaman yang tumbuh di negara-negara tropis. Untuk bisa tumbuh, daun insulin membutuhkan tanah yang lembap dan subur serta mendapat banyak air. 

Kandungan daun insulin

Dari berbagai penelitian, ditemukan bahwa kandungan daun insulin membuatnya kaya akan manfaat. Beberapa kandungan itu adalah:

  • Alpha-tocopherol
  • Beta-karoten
  • Steroid
  • Flavonoid
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Alkaloid
  • Tannin saponin

Sejak lama, ada berbagai penelitian pada hewan yang membuktikan bahwa ada penurunan kadar glukosa darah setelah mengonsumsi daun insulin. Meski demikian, penelitian pada manusia terutama penderita diabetes terus dikembangkan.

Dalam sebuah penelitian dari Kasturba Medical College di Manipal, India, penderita diabetes yang mengonsumsi satu sendok teh daun insulin kering atau satu sendok teh ekstrak daun insulin dapat mengendalikan kadar gula darahnya.

Meski demikian, efek ini baru terlihat setelah konsumsi selama 15 hari. Artinya, perlu konsumsi secara berkala dan dosis yang tepat untuk melihat dampak daun insulin terhadap penurunan kadar gula darah seseorang.

Selain itu, penderita diabetes yang tertarik untuk mengonsumsi daun insulin harus mengetahui apakah ada risiko ketidakcocokan dengan obat medis yang tengah dikonsumsi. Untuk itu, perlu konsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah ada lampu hijau untuk mengonsumsi daun insulin atau tidak.

Tak kalah penting, dosis konsumsi daun insulin harus diketahui sehingga tidak sampai kelebihan dosisnya, yang bisa menimbulkan efek samping.

Efek samping dan manfaat daun insulin

Ada penelitian lain yang menemukan bahwa konsumsi daun insulin dalam kuantitas banyak dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) hingga merusak sel otot jantung. Temuan ini diperoleh dari penelitian kepada tikus.

Selain itu, beberapa manfaat yang ditemukan dari daun insulin adalah:

  • Mengendalikan kadar gula darah

Seperti namanya, daun insulin dikenal berkhasiat mengendalikan kadar gula darah berkat kandungan di dalamnya. Daun insulin bisa menurunkan kadar gula darah mendekati normal jika dikonsumsi secara berkala, namun tetap harus di bawah pengawasan dokter.

  • Anti-kanker

Ekstrak etanol dari daun insulin mengandung potensi anti-kanker dan anti-proliferative ketika diuji coba pada hewan. Lebih jauh lagi, ekstrak batang daun insulin dapat melawan sel-sel jenis HT 29 dan A549.

  • Anti-bakteri

Ekstrak daun insulin juga diketahui bersifat anti-bakteri terhadap beberapa jenis bakteri seperti Bacillus megaterium, Micrococcus luteus, Staphylococcus aureus, Streptococcus lactis, dan Salmonella typhimurium. Dalam penelitian, daun insulin membatasi pertumbuhan mikroba tidak lebih dari konsentrasi tertentu.

Tanaman seperti daun insulin telah lama digunakan sebagai bagian dari pengobatan diabetes. Banyak penelitian yang mendukung namun merupakan uji coba terhadap hewan. Sementara untuk manusia, konsumsi daun insulin harus benar-benar konsisten untuk dapat melihat dampaknya pada kadar gula darah seseorang.

Perlu diingat, pengobatan alternatif tidak selamanya lebih baik dibandingkan dengan medis. Belum ada takaran dosis dan interaksi dengan konsumsi obat lainnya yang telah diketahui secara pasti.

Untuk itu, penderita diabetes perlu bijak dan berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi pengobatan tradisional seperti daun insulin.

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2924971/
Diakses 15 Maret 2020

Defeat Diabetes. https://defeatdiabetes.org/resources/healthful-eating/mindful-eating/insulin-plant/
Diakses 15 Maret 2020

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3931203/
Diakses 15 Maret 2020

Artikel Terkait