Dari Tebal hingga Bulat, Bagaimana Bentuk Bibir Ideal yang Disukai Orang?


Bentuk bibir ideal bergantung pada pilihan masing-masing orang. Untuk mendapatkan bentuk bibir yang indah, Anda bisa melakukan berbagai macam perawatan.

(0)
Bagi sebagian orang, bentuk bibir ideal dianggap dapat menambah kecantikanBentuk bibir yang indah bisa menjadi daya pikat tersendiri untuk menarik perhatian lawan jenis
Setiap wanita pasti berkeinginan untuk mempunyai bentuk bibir ideal. Untuk mendapat bentuk yang ideal, berbagai macam cara pun dilakukan, mulai dari menjalani perawatan secara rutin hingga operasi bibir.Bagi sebagian orang, bentuk bibir ideal dianggap dapat menambah kecantikan. Tak hanya itu, bentuk bibir yang indah juga bisa menjadi daya pikat tersendiri untuk menarik perhatian lawan jenis. Lantas, seperti apa bentuk bibir yang disukai pria?

Bagaimanakah bentuk bibir ideal?

Hingga kini, belum ada tolak ukur pasti yang menjadi penentu apakah Anda mempunyai bentuk bibir ideal atau tidak. Anggapan soal bagaimana bentuk bibir ideal bergantung pada preferensi masing-masing orang.Menurut studi tertentu yang diterbitkan dalam Journal of Cranio-Maxillofacial Surgery, lebih dari 60 responden menyebut bahwa bentuk bibir yang ideal memiliki rasio perbandingan 1:1 antara bagian atas dan bawahnya. Selain itu, bentuk bibir yang terlihat tebal dan penuh juga dianggap ideal dan menarik perhatian. Sementara itu, studi ilmiah yang dirilis pada tahun 2016 mengatakan, anggapan terkait bentuk bibir yang ideal dan menarik perhatian bergantung pada wilayah tempat Anda tinggal. Orang-orang di Amerika Latin dinilai lebih menyukai mereka yang mempunyai bibir besar.Bagi orang Amerika Utara dan Eropa, bibir berukuran sedang dianggap ideal dan lebih menarik perhatian. Berbeda lagi dengan orang-orang di benua Asia, mereka umumnya lebih tertarik dan menyukai bentuk bibir yang kecil.

Macam-macam bentuk bibir

Ada berbagai macam faktor yang berkontribusi dalam perbedaan bentuk bibir masing-masing orang. Sejumlah faktor yang berkontribusi di antaranya, ukuran bibir atas, ukuran bibir bawah, hingga lekukan yang ada di bagian tengah bibir atas (cupid’s bow).Perbedaan itulah yang kemudian membuat bentuk bibir menjadi bermacam-macam. Macam-macam bentuk bibir yang umum dimiliki, antara lain:
  • Bibir tipis: sama seperti namanya, bentuk bibir bagian atas dan bawah terlihat tipis
  • Bibir lebar: bentuk ini membuat bibir melebar hingga mendekati telinga saat tersenyum
  • Bibir kecil: memiliki ukuran tidak lebar, namun cenderung terlihat penuh dan menonjol
  • Bibir bulat: bentuk bibir terlihat menonjol bulat, biasanya tidak mempunyai cupid’s bow
  • Bibir berbentuk hati: orang dengan bentuk bibir ini memiliki cupid’s bow menonjol dan mungkin ukuran bibir bawahnya lebih tebal
  • Bibir penuh dan tebal: bibir dengan bentuk ini biasanya menonjol dan lebih berisi pada bagian bawah
  • Bibir tebal bagian atas: bibir atas berukuran lebih tebal dan cupid’s bow tidak terlihat dengan jelas

Cara merawat bibir agar tetap cantik dan sehat

Bentuk bibir memang tidak dapat sepenuhnya diubah, namun Anda dapat mempercantiknya dengan rutin melakukan perawatan. Beberapa perawatan yang bisa dilakukan untuk memiliki bentuk bibir yang indah, meliputi:

1. Memastikan bibir selalu terhidrasi

Agar terlihat cantik dan tetap sehat, jangan lupa untuk memastikan bibir Anda selalu dalam keadaan terhidrasi, khususnya ketika cuaca sedang sangat panas. Untuk menghidrasi bibir, Anda bisa memakai petroleum jelly, minyak kelapa, lidah buaya, dan vitamin E.Hindari menggunakan pelembap yang beraroma karena dapat mendorong Anda untuk sering menjilat bibir dan membuatnya menjadi semakin kering.

2. Selektif dalam memilih produk untuk bibir

Ketika menggunakan produk bibir tertentu, jangan lupa untuk memerhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Hindarilah memakai produk dengan bahan yang dapat memicu reaksi alergi pada bibir seperti wewangian.

3. Menjaga supaya bibir tidak pecah-pecah

Berbagai macam faktor dapat memicu bibir pecah-pecah. Sejumlah faktor yang menjadi pemicunya antara lain cuaca kering maupun terlalu dingin, efek penggunaan obat-obatan tertentu, menjilat bibir secara berlebihan, dehidrasi, dan kekurangan gizi (malnutrisi).

4. Eksfoliasi secara rutin

Sama seperti kulit, bibir juga bisa mengalami penumpukan sel kulit mati yang membuatnya tampak kusam dan kering. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan sikat gigi untuk mengelupas serpihan kering yang ada pada bibir. Lakukan proses eksfoliasi dengan lembut. Menggosok bibir terlalu keras dapat membuat bibir terluka dan berdarah.

5. Hindari memakai lipstik saat tidak diperlukan

Menggunakan lipstik cenderung membuat bibir menjadi kering. Hindari memakai lipstik ketika tidak diperlukan. Apabila hendak menggunakan lipstik, gunakan lip balm terlebih dahulu agar bibir tidak kering dan pecah-pecah.

Catatan dari SehatQ

Tidak ada tolak ukur pasti untuk menentukan bentuk bibir ideal. Anggapan terkait bagaimana bentuk bibir ideal bergantung pada preferensi masing-masing orang. Untuk mendapat bentuk bibir yang indah, Anda bisa melakukan berbagai macam perawatan seperti menjaganya tetap terhidrasi hingga melakukan eksfoliasi secara rutin.Apabila hendak melakukan perawatan bibir, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait bentuk bibir ideal, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kulit dan kecantikandehidrasibibir keringperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/different-lip-types-and-how-to-take-care-of-them#lip-care
Diakses pada 29 November 2020
Skinkraft. https://skinkraft.com/blogs/articles/types-of-lips
Diakses pada 29 November 2020
Insider. https://www.insider.com/the-most-attractive-lip-shape-according-to-science-2018-3
Diakses pada 29 November 2020
Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/313685971_The_Current_Preferred_Female_Lip_Ratio
Diakses pada 29 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait