Dari Bahan Alami Hingga Obat Dokter, Ini Obat Kutu Air Paling Ampuh

Obat kutu air adalah obat antijamur yang bisa dibeli secara bebas atau diresepkan oleh dokter
Kutu air akan memicu rasa gatal dan kemerahan pada kulit kaki, khususnya di sela-sela jari kaki

Kutu air mungkin pernah dialami oleh sebagai besar orang, termasuk Anda. Meski bukan jenis penyakit serius, kutu air bisa sangat mengganggu kenyamanan. Pasalnya, Anda akan merasakan gatal yang parah, sehingga sibuk menggaruk kulit.

Garukan juga bisa memicu penampilan kulit pada kaki yang tak enak dipandang, akibat adanya lepuhan berisi cairan karena kutu air. Untuk mengatasinya, diperlukan ketekunan dalam mengobatinya. 

Kenapa kutu air bisa terjadi?

Kutu air atau dikenal dengan tinea pedis adalah infeksi jamur yang menular. Sesuai namanya tinea pedis, infeksi jamur ini biasa muncul pada kulit kaki. Terutama di sela-sela jari kaki.

Pada keadaan yang lembap dan hangat, jamur dapat berkembang merajalela dengan cepat. Pasalnya, lokasi lembap adalah tempat yang paling ideal bagi jamur untuk tumbuh dan berkembang. 

Kutu air juga dikenal dengan istilah athlete’s foot. Istilah tersebut muncul karena infeksi jamur ini sering dialami oleh para atlet yang kakinya sering berkeringat dan lembab. 

Penularan kutu air bisa terjadi dengan mudah, khususnya bila Anda berjalan tanpa alas kaki di tempat umum. Misalnya, tepi kolam renang, kamar mandi, dan ruang ganti. 

Anda juga dapat tertular kutu air apabila saling meminjamkan kaus kaki dan sepatu dengan penderita. 

Jika tertular, kutu air dapat mengakibatkan kulit kaki terasa gatal, kemerahan, mengelupas, mengalami sensasi terasa terbakar, bahkan sampai mengalami luka.

Tak hanya tumbuh di kaki, jamur penyebab kutu air dapat menyebar hingga ke tangan maupun kepala. Kondisi ini disebut kurap

Sederet obat kutu air ampuh dari bahan-bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mengobati kutu air. Apa sajakah bahan tersebut?

1. Bawang putih

Tak hanya bermanfaat sebagai bahan bumbu masakan, bawang putih nyatanya sudah lama dapat dipercaya sebagai bahan alami untuk mengatasi infeksi jamur dan bakteri. 

Beberapa hasil penelitian yang menyatakan bahwa bawang putih memiliki kandungan antijamur yang efektif. Bumbu dapur ini juga mengandung senyawa ajoene yang diklaim dapat meringankan gejala kutu air. Ajoene sendiri bahkan dibuat menjadi krim 0,4% untuk mengobati kutu air. 

Untuk mengobati kutu air dengan bawang putih, Anda bisa melakukannya cara-cara di bawah ini:

Cara 1

  • Tumbuk 3-4 siung bawang putih.
  • Masukkan dalam baskom berisi air hangat.
  • Rendam kaki yang mengalami kutu air selama 30 menit.
  • Ulangi langkah ini setiap dua kali sehari dan lakukan selama satu minggu. 

Cara 2

  • Hancurkan 4-5 siung bawang putih.
  • Gosokkan bawang putih yang sudah dihaluskan tersebut ke area kaki yang terinfeksi kutu air.
  • Ulangi langkah ini dua kali dalam sehari. 

2. Baking soda

Obat kutu air dari bahan alami lainnya adalah baking soda atau soda kue. Sebuah studi menemukan bahwa zat natrium bikarbonat dalam baking soda memiliki kandungan antijamur. 

Anda bisa mencampurkan sekitar ½ cangkir baking soda ke dalam baskom berisi air hangat. Rendam kaki Anda selama 15-20 menit, lakukan setiap dua kali sehari.

Jika sudah selesai direndam, Anda tak perlu membilas kaki. Anda cukup mengeringkan kaki dengan handuk.

3. Garam laut

Garam laut memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang kuat. Kandungan inilah yang membuatnya dipercaya sebagai salah satu obat kutu air alami. 

Cara paling efektif dalam menggunakan garam laut sebagai obat kutu air adalah dengan melarutkan secangkir garam laut ke dalam baskom berisi air hangat. Lalu, rendam kaki Anda selama 20 menit. Setelah itu, keringkan kaki Anda dengan handuk. 

Selain air hangat Anda juga bisa mencampurkan garam laut dengan cuka. Setelah adonan rata, oleskan campuran tersebut ke area kaki yang terinfeksi kutu air. 

4. Bedak tabur (talek)

Bedak tabur (talek) atau bedak bayi bisa digunakan untuk menjaga area kaki yang terkena kutu air agar tetap kering dan bersih. Dengan ini, jamur akan sulit berkembang dan menyebar.

Anda cukup membubuhkan bedak tabur ke area kaki yang terkena kutu air sebelum mengenakan kaus kaki. Tapi pastikan kaki Anda dalam kondisi kering sebelum menaburkan bedak. 

5. Tea tree oil

Tea tree oil diketahui memiliki sifat antibakteri dan antijamur, sehingga dapat mengatasi kutu air. Fungsi ini juga telah dibuktikan dalam beberapa riset

Meski begitu, penggunaan tea tree oil butuh kehati-hatian. Jangan mengoleskannya langsung ke area kaki yang terkena kutu air. Anda sebaiknya mencampurnya terlebih dulu dengan minyak esensial lain, seperti minyak kelapa atau minyak zaitun

Tea tree oil juga dapat menimbulkan efek samping, seperti ruam dan iritasi pada kulit. Karena itu, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dulu sebelum menggunakannya sebagai obat kutu air alami. 

6. Alkohol

Apa Anda memiliki persediaan alkohol di kotak P3K Anda? Jika ada, Anda dapat menggunakannya untuk obat kutu air.

Alkohol dapat berfungsi melawan jamur yang ada di kulit. Anda cukup mengoleskan alkohol 70% pada area kaki yang mengalami kutu air. Anda juga dapat merendam kaki ke dalam baskom berisi campuran air bersih dan alkohol tersebut selama 30 menit. 

7. Neem oil atau minyak mimba

Neem oil atau minyak mimba juga memiliki kandungan antijamur yang dapat melawan jamur penyebab kutu air. Anda bisa mengoleskan minyak mimba secara langsung ke area kulit yang terinfeksi sebanyak 2-3 kali sehari, kemudian pijat secara perlahan. 

Apabila obat kutu air alami tidak memberikan hasil yang efektif, saatnya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit.

Obat kutu air yang bisa Anda dapatkan di apotek dan dari dokter

Terdapat berbagai jenis obat kutu air yang bisa Anda beli di apotek atau dengan resep dokter. Jenis obat-obatan ini tersedia dalam bentuk tablet (oral), cairan, bedak, semprotan, dan topikal (oles) yang bertujuan untuk menghilangkan infeksi jamur. 

Beberapa jenis obat kutu air oles yang bisa Anda beli di apotek (beberapa dijual bebas, namun sebagian besar obat resep) meliputi:

  • Clotrimazole.
  • Econazole.
  • Ketoconazole.
  • Miconazole.
  • Terbinafine.
  • Butenafine.
  • Tolnaftate.
  • Sulconazole.

Apabila obat kutu air di apotek tetap tidak ampuh dalam meredakan infeksi kutu air, Anda membutuhkan bantuan dokter untuk meresepkan obat minum atau obat topikal yang lebih keras. Beberapa jenis obat kutu air dari dokter bisa berupa: 

  • Obat topikal (seperti clotrimazole atau miconazole).
  • Obat steroid oles untuk mengurangi peradangan.
  • Obat-obatan antijamur, seperti itraconazole, fluconazole, atau terbinafine
  • Obat antibiotik apabila infeksi bakteri terjadi pada kulit yang mengalami kutu air. 

Jika kutu air sudah menghambat aktivitas Anda sehari-hari atau menimbulkan rasa nyeri, kemerahan, pembengkakan, lepuhan yang makin membesar, hingga memicu demam, Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat kutu air yang tepat. 

Pemeriksaan medis terutama dibutuhkan jika Anda juga mengidap diabetes atau penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini membutuhkan penanganan secara saksama dari dokter.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/261244.php
Diakses pada 14 Oktober 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/319563.php
Diakses pada 14 Oktober 2019

Emedicine Health. https://www.emedicinehealth.com/athletes_foot/article_em.htm
Diakses pada 14 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/athletes-foot
Diakses pada 14 Oktober 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-athletes-foot
Diakses pada 14 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12174037
Diakses pada 14 Oktober 2019

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2629014/
Diakses pada 14 Oktober 2019

Mycoses. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1439-0507.1996.tb00160.x
Diakses pada 14 Oktober 2019

Australisian Journal of Dermatology. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/full/10.1046/j.1440-0960.2002.00590.x
Diakses pada 14 Oktober 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed