Mengenal Lebih Jauh Berbagai Nutrisi Anak untuk Tumbuh Kembangnya

Agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, kebutuhan nutrisi anak wajib dipenuhi.
Kebutuhan nutrisi anak harus dipenuhi, demi tumbuh kembangnya.

Anak-anak membutuhkan banyak asupan nutrisi untuk membantu tumbuh kembangnya. Berbagai nutrisi tersebut memegang peran yang berbeda, dalam menunjang kesehatan anak. Misalnya, vitamin C untuk menangkal serangan flu dan virus-virus lain yang berbahaya. Untuk mengenal lebih jauh mengenai kebutuhan nutrisi anak, simak penjelasan berikut ini.

1. Vitamin A sebagai Sumber Nutrisi Anak

Manfaat:

Vitamin A penting untuk dikonsumsi oleh anak-anak, karena mengandung segala kebaikan untuk mata, terutama untuk pengenalan warna dan penglihatan pada malam hari. Vitamin ini juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak terhadap bakteri.

Sumber:

Vitamin A dengan mudah dapat diperoleh dari wortel serta sayuran dan buah-buahan yang berwarna oranye, seperti blewah dan ubi. Lengkapi juga dengan segelas susu, yang sudah diperkaya dengan vitamin A.

2. Vitamin B

Manfaat:

Anak-anak membutuhkan vitamin B untuk membantu tubuh menghasilkan energi. Kekurangan vitamin B pada anak dapat menyebabkan anemia. Vitamin B atau tiamin mengandung riboflavin, niacin, folat, asam pantotenat, B6, B12, dan biotin.

Sumber:

Kandungan vitamin B dapat ditemui pada hampir semua jenis buah-buahan. Selain itu, gandum, ikan, ayam, daging, dan produk olahan susu, merupakan jenis makanan lain yang mengandung vitamin B.

3. Vitamin C

Manfaat:

Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga anak dari serangan flu. Vitamin C juga membantu menyembuhkan luka dengan lebih cepat.

Sumber:

Untuk mendapatkan vitamin C, anak dapat mengonsumsi segelas jus jeruk, atau lebih bagus lagi, memakan jeruk secara langsung. Jenis buah dan sayuran lain yang mengandung vitamin C di antaranya adalah stroberi, tomat, blewah, dan paprika merah manis.

4. Vitamin D

Manfaat:

Vitamin D dibutuhkan untuk kesehatan tulang dan gigi. Vitamin ini membantu anak menyerap kalsium, yang mendukung kesehatan tulang.

Sumber:

Matahari merupakan sumber vitamin D. Namun, jangan sampai anak terlalu banyak terpapar sinar UV. Sebab, paparan yang berlebihan, dapat menyebabkan kanker kulit. Penuhi kebutuhan vitamin D anak dari sumber makanan dan minuman, seperti susu, sereal, tuna, dan telur.

5. Kalsium

Manfaat:

Mineral ini memiliki kandungan yang baik untuk tulang dan gigi. Kekurangan kalsium pada masa kanak-kanak, dapat menyebabkan pengeroposan tulang di kemudian hari.

Sumber:

Produk olahan susu merupakan sumber kalsium terbaik. Konsumsi susu rendah lemak dan yogurt dalam jumlah sedikit pun setiap hari, mampu menjaga tulang anak tetap kuat.

6. Kolin

Manfaat:

Meski masih termasuk satu golongan dalam vitamin B, kolin bukanlah jenis vitamin.

Namun, nutrisi ini tetap dibutuhkan oleh tubuh. Kolin diperlukan untuk menjaga bentuk tubuh. Selain itu, sistem saraf pun memerlukan kolin untuk mempercepat mempercepat penyampaian pesan ke seluruh bagian tubuh.

Sumber:

Asupan kolin dapat diperoleh dari telur, ikan, daging, ayam, dan brokoli.

7. Zat Besi

Manfaat:

Sel darah merah membutuhkan zat besi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Sumber:

Daging sapi bagian atas, kacang polong, serta daun-daunan berwarna hijau gelap, merupakan sumber zat besi yang baik untuk dikonsumsi.

8. Magnesium

Manfaat:

Magnesium berperan penting untuk membangun sel tubuh, serta menghasilkan energi. Anak yang menjalani pola makan sehat dengan magnesium, akan memiliki jantung yang kuat ketika dewasa kelak.

Sumber:

Sereal, nasi, tahu, almond, dan kacang-kacangan lainnya, merupakan sumber magnesium terbaik yang bisa menjadi pilihan bagi anak Anda.

9. Kalium

Manfaat:

Hampir seluruh sel dan organ dalam tubuh membutuhkan kalium, untuk bekerja dengan baik. Nutrisi ini juga penting untuk menjaga tekanan darah, membantu jantung memompa, dan kerja otot.

Sumber:

Pisang mengandung banyak kalium. Sumber makanan lain yang juga mengandung kalium antara lain kacang utuh, ubi, susu skim, dan yogurt rendah lemak.

10. Zinc

Manfaat:

Zinc mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap bakteri. Sehingga, anak tidak mudah terserang pilek. Tubuh juga membutuhkan nutrisi ini untuk berkembang dengan baik.

Sumber:

Zinc dapat dijumpai pada ayam, kacang polong, dan sereal jenis tertentu.

Cara terbaik untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh anak adalah dengan menyajikan beragam jenis makanan. Jus jeruk, roti, dan sereal dapat membantu Anda untuk melengkapi nutrisi anak. Berkonsultasilah dengan dokter jika anak sering memilih-milih makanan. Sebab, dokter mungkin akan merekomendasikan asupan vitamin dan suplemen tambahan, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak.

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/child-nutrition-16/slideshow-essential-nutrients 

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/childrens-health/in-depth/nutrition-for-kids/art-20049335

Diakses pada Oktober 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed