logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

Darah Haid Sedikit, Apa Penyebabnya?

open-summary

Hipomenorea adalah darah haid yang keluar jauh lebih sedikit dari normal. Penyebab haid tidak lancar dan sedikit adalah karena efek stres, berat badan turun drastis, penggunaan alat kontrasepsi, efek samping obat-obatan tertentu, hingga penyakit seperti pcos, gangguan tiroid, dan gangguan makan.


close-summary

3.24

(90)

5 Jul 2022

| Annisa Amalia Ikhsania

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Penyebab haid tidak lancar dan sedikit adalah stres, penurunan berat badan, sampai pcos

Darah haid yang terlalu sedikit disebut juga hipomenorea

Table of Content

  • Berapa volume darah haid yang normal?
  • Penyebab darah haid sedikit yang perlu diketahui

Siklus menstruasi yang dialami oleh setiap wanita tentu berbeda-beda. Sebagian wanita mungkin ada yang mengalami siklus haid panjang, sementara lainnya tergolong pendek. Ada pula yang memiliki volume darah haid yang banyak maupun darah haid sedikit.

Advertisement

Pada dasarnya, siklus haid yang Anda alami akan selalu sama atau konsisten setiap bulan. Namun ada beberapa kondisi tertentu yang bisa saja membuat menstruasi terasa janggal karena volume darah haid sedikit atau tidak sebanyak biasanya.  

Berapa volume darah haid yang normal?

Gambar pembalut dengan setitik ilustrasi darah, menggambarkan volume menstruasi yang terlalu sedikit atau hipomenorea
Volume darah haid rata-rata adalah 30-40 ml

Volume darah haid yang keluar setiap menstruasi rata-rata adalah 30-40 ml, tapi ada juga perempuan yang mengeluarkan sekitar 60 ml darah ketika menstruasi.

Hipomenorea adalah kondisi ketika darah haid yang keluar terlalu sedikit atau kurang dari 30 ml dalam satu kali menstruasi. Sementara itu, hipermenorea adalah kondisi ketika darah haid yang keluar terlalu banyak atau lebih dari 90 ml dalam satu kali siklus menstruasi.

Hipomenorea merupakan salah satu jenis gangguan menstruasi yang perlu diwaspadai karena bisa menandakan adanya gangguan lain yang sedang menyerang tubuh. 

Penyebab darah haid sedikit yang perlu diketahui

Gambat pembalut dengan satu helai bulu merah sebagai ilustrasi darah haid
Darah haid terlalu sedikit bisa disebabkan banyak hal

Darah haid sedikit bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Misalnya, faktor usia, kehamilan, pola hidup, ketidakseimbangan hormon, hingga munculnya kondisi kesehatan tertentu. Berikut penjelasannya:

1. Efek stres

Stres, apalagi yang berlebihan, kerap dikaitkan sebagai salah satu penyebab darah haid sedikit. Kondisi kejiwaan ini bisa berasal dari tekanan fisik maupun psikis. 

Tekanan pekerjaan, konflik dengan pasangan atau keluarga, dan kehilangan orang yang dicintai merupakan contoh stres yang dipicu oleh kondisi psikis. Sementara stres akibat kondisi fisik bisa berupa olahraga berlebihan serta diet terlalu ketat. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa stres dapat mengganggu siklus haid dengan menghambat hormon yang berperan dalam proses ovulasi. Inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab volume darah haid sedikit atau siklus haid menjadi tidak teratur. 

Namun Anda tak perlu khawatir, siklus menstruasi dan jumlah darah haid Anda akan kembali normal ketika stres sudah menurun dari benak dan tubuh Anda. 

2. Pengaruh usia

Faktor usia akan memengaruhi siklus menstruasi seorang wanita. Volume darah yang lancar dan durasi haid yang panjang dapat dialami oleh remaja yang baru saja mengalami pubertas

Sebaliknya, siklus haid mungkin saja tidak teratur bahkan volume darah haid menjadi sedikit apabila Anda telah memasuki masa perimenopause.

Perimenopause adalah masa transisi sebelum menopause, umumnya di usia akhir 30-an dan awal 40-an. Pada masa ini, tubuh wanita sudah mengalami perubahan hormon dan menunjukkan gejala-gejala awal menopause. 

3. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan, terutama yang ekstrem, dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur hingga darah haid sedikit. Apa alasannya?

Lemak dibutuhkan sebagai bahan baku pembentuk hormon. Ketika jumlah lemak tidak mencukupi akibat penurunan berat badan yang ekstrem maka kadar hormon dalam tubuh yang akan mengalami kekacauan. Akibatnya, hormon pun takkan bisa bekerja dengan baik dan berdampak pada siklus haid. 

4. Konsumsi obat-obatan tertentu

Terdapat beberapa jenis obat yang bisa memengaruhi siklus menstruasi serta berdampak pada volume darah haid sedikit. Berikut contohnya:

  • Aspirin dan ibuprofen.
  • Obat pengencer darah.
  • Obat untuk mengatasi gangguan tiroid.
  • Obat epilepsi.
  • Obat antidepresan.
  • Obat kemoterapi.
  • Obat yang digunakan dalam terapi pengganti hormon.

5. Kehamilan

Ketika wanita hamil, ia seharusnya tidak mengalami menstruasi. Tetapi bercak darah bisa saja terjadi. Kondisi ini mungkin dikira sebagai darah haid sedikit bila Anda belum menyadari kondisi kehamilan Anda. 

Faktanya, bercak darah tersebut bukanlah darah haid, melainkan tanda awal kehamilan yang disebut perdarahan implantasi. Sesuai namanya, perdarahan implantasi adalah jenis perdarahan yang terjadi saat sel telur yang telah dibuahi kemudian menempel pada lapisan dinding rahim. Kondisi ini biasanya berlangsung selama dua hari. 

6. Sedang menyusui

Menyusui dapat membuat masa ovulasi Anda menjadi tidak beraturan, sehingga berdampak pada munculnya darah haid sedikit. 

Produksi hormon prolaktin, yang berperan memproduksi ASI, bisa menghambat proses ovulasi dan menunda terjadinya haid untuk sementara waktu. Tapi tenang saja, tamu bulanan Anda akan kembali datang pada beberapa bulan setelah melahirkan. 

7. Penggunaan alat kontrasepsi

Jika Anda menggunakan alat kontrasepsi, seperti pil atau suntik KB, Anda mungkin akan mengalami menstruasi dengan volume darah sedikit dan durasi yang lebih singkat dari biasanya. 

Gangguan haid tersebut terjadi karena KB hormonal mencegah tubuh wanita untuk melepaskan sel telur dan dinding rahim tidak menebal. Kondisi ini umum terjadi apabila Anda baru pertama kali menggunakan alat kontrasepsi. 

8. Polycystic ovary syndrome (PCOS)

Menstruasi tidak teratur bisa menjadi salah satu gejala PCOS. Kondisi ini disebabkan oleh kelebihan hormon androgen (hormon seks pria) yang dapat mengganggu proses ovulasi. 

Akibatnya, aliran darah menstruasi menjadi tidak lancar dan kurang teratur, sehingga darah haid sedikit atau Anda tidak mengalami datang bulan selama beberapa waktu. 

9. Gangguan tiroid

Produksi hormon tiroid yang terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat memengaruhi kelancaran menstruasi Anda. Misalnya, darah haid sedikit, atau bahkan tidak menstruasi. 

10. Gangguan makan

Gangguan makan seperti anorexia nervosa dan bulimia ternyata juga bisa menjadi penyebab haid tidak lancar dan sedikit. Selain itu, gangguan makan juga bisa menyebabkan Anda mengalami penurunan berat badan dan berdampak pada hormon yang mengatur menstruasi Anda.

Baca Juga

  • Cara Menghilangkan Nyeri Haid dengan 5 Gerakan Olahraga di Rumah
  • 5 Cara Mengatasi Darah Haid yang Keluar Terlalu Banyak dari Sisi Medis
  • Haid Lebih dari 2 Minggu? 7 Kondisi Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Pada beberapa kasus, volume darah haid sedikit bukanlah suatu kondisi yang perlu dikhawatirkan. Namun jika penurunan volume darah menstruasi terus berlanjut dan disertai gejala tertentu, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter lewat aplikasi kesehatan SehatQ. Unduh gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

siklus haidhaidmenstruasihormon tiroidkontrasepsigangguan menstruasipcos

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved