logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Kesehatan Wanita

Penyebab Darah Haid Menggumpal, Kapan Harus ke Dokter?

open-summary

Darah haid menggumpal hitam, merah tua, atau berwarna cerah umumnya normal terjadi. Namun, jika terjadi terus-menerus dan disertai gejala lain, bisa jadi tanda penyakit serius.


close-summary

15 Agt 2022

| Luker Wasinton

Ditinjau oleh dr. Karlina Lestari

darah haid menggumpal

Darah haid menggumpal umumnya terjadi di awal periode menstruasi

Table of Content

  • Darah haid menggumpal, apakah normal?
  • Perbedaan darah haid menggumpal yang normal dan abnormal
  • Penyebab darah haid menggumpal secara umum
  • Gangguan kesehatan yang menyebabkan darah haid menggumpal

Haid memiliki arti penting bagi kaum hawa karena dapat menunjukkan masa kesuburan hingga kesehatan rahim. Tak heran, banyak wanita yang mungkin khawatir jika mengalami keganjilan ketika menstruasi, mulai dari kram di hari pertama hingga darah haid menggumpal.

Advertisement

Darah yang menggumpal saat menstruasi biasanya terjadi di awal periode menstruasi, saat darah yang keluar sedang deras-derasnya. Gumpalan tersebut umumnya menyerupai gel dan berwarna merah terang, merah tua, hingga kehitaman. Lantas, apakah kemunculannya perlu dicemaskan?

Darah haid menggumpal, apakah normal?

Dalam kondisi haid, tubuh wanita biasanya melepaskan zat antikoagulan. Zat antikoagulan adalah jenis zat pencegah pembekuan darah agar darah yang keluar tidak menggumpal. 

Lalu, kenapa darah haid menggumpal? Ketika aliran darah haid sedang deras-derasnya, zat pencegah pembekuan darah terkadang tidak mampu mencegah pembekuan dari seluruh darah yang keluar. Akibatnya, ada sejumlah darah haid yang keluar dengan wujud bergumpal.

Warna gumpalan darah haid bisa bervariasi pada tiap wanita. Darah haid menggumpal berwarna hitam atau merah tua mungkin muncul selama beberapa hari pertama menstruasi saat aliran paling deras. Namun, ada pula mens yang dimulai dan diakhiri dengan gumpalan darah merah cerah. 

Kondisi darah menggumpal saat menstruasi sejatinya merupakan hal umum yang dialami oleh wanita, sehingga tidak perlu dikhawatirkan. Meski begitu, sikap waspada tetap diperlukan dalam hal ini.

Perbedaan darah haid menggumpal yang normal dan abnormal

Meski darah mens menggumpal termasuk hal yang normal, Anda perlu mengetahui cara membedakan gumpalan darah yang normal dan tidak. Mari simak penjelasan di bawah ini!

Jika gumpalan berwarna merah gelap dan ukurannya tidak terlalu besar, Anda tidak perlu khawatir. Gumpalan darah berwarna merah ini tergolong normal.

Namun, apabila gumpalan darah terus-menerus muncul ketika haid, berukuran besar, dan disertai keluhan fisik (seperti sakit pada panggul, serta perdarahan menstruasi yang parah dan lama), kaum hawa perlu waspada. Pasalnya, kondisi ini bisa menandakan adanya masalah pada organ reproduksi Anda, khususnya rahim.

Untuk mengetahui penyebabnya secara pasti, Anda perlu memeriksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan melalui:

  • USG (ultrasonografi)
  • Tes darah
  • Biopsi (pengambilan sampel jaringan) dari dalam rahim
  • Pap smear
  • CT scan atau MRI
  • Histeroskopi guna melihat bagian dalam rahim
  • Sonohisterogram

BACA JUGA: Cara Mengetahui Apakah Siklus Menstruasi yang Normal dan Tidak

Penyebab darah haid menggumpal secara umum

Secara umum, penyebab darah mens menggumpal adalah perdarahan haid yang berlebihan dan ketidakseimbangan hormon. Kondisi ini normal terjadi pada wanita selama siklus menstruasi. Berikut penjelasannya. 

1. Perdarahan haid yang berlebihan

Banyak perempuan merasa khawatir saat darah menstruasi yang keluar sangat banyak hingga perlu mengganti pembalut tiap dua jam sekali atau lebih sering. Gumpalan darah berwarna merah bisa keluar bersama darah. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah menorrhagia.

Hal tersebut sebenarnya tergolong normal bila hanya terjadi beberapa kali ketika Anda haid. Namun, jika menorrhagia terjadi berturut-turut pada tiga siklus menstruasi, Anda dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, kondisi semacam ini bisa menyebabkan anemia.

2. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon juga dapat menyebabkan darah haid menggumpal. Ketidakseimbangan hormon terjadi jika kadar hormon estrogen dan progesteron tidak seimbang. Jika hal ini terjadi, darah haid akan muncul dalam jumlah yang banyak.

Ada banyak penyebab ketidakseimbangan hormon yang bisa dirasakan wanita, misalnya:

  • Perimenopause
  • Menopause
  • Stres
  • Perubahan berat badan yang signifikan.

Gangguan kesehatan yang menyebabkan darah haid menggumpal

Selain perdarahan haid yang berlebih dan ketidakseimbangan hormon, terdapat sederet kondisi medis yang bisa melatarbelakangi munculnya darah yang menggumpal dari vagina, di antaranya:

1. Polip rahim dan mioma

Polip rahim dan mioma (fibroid rahim) bisa tumbuh pada dinding rahim. Bila ini terjadi, pertumbuhan abnormal tersebut bisa saja menghalangi kontraksi dan kelancaran darah haid untuk keluar.

Sebagai akibatnya, darah dapat mengendap dan membentuk gumpalan sebelum keluar dari vagina. 

Selain itu, polip dan mioma pada rahim juga bisa menyebabkan perdarahan haid yang lebih deras, flek abnormal, sakit punggung, perut kembung, sakit saat berhubungan seks, dan infertilitas (ketidaksuburan).

2. Endometriosis

Endometriosis terjadi ketika ada jaringan rahim yang tumbuh di luar lapisan rahim, misalnya dalam saluran reproduksi. Kondisi ini kerap ditandai dengan perdarahan abnormal dari vagina yang mungkin disertai gumpalan, haid yang dibarengi kram parah, mual, muntah, serta diare, sakit saat berhubungan intim, serta sulit hamil.

3. Adenomyosis

Kondisi ini terjadi ketika lapisan dinding rahim tumbuh ke dalam dinding rahim. Akibatnya, rahim menjadi tebal dan membesar.

Volume perdarahan yang banyak sehingga memunculkan gumpalan darah dan durasinya yang lama termasuk salah satu gejala utama adenomyosis. Pembesaran ukuran rahim hingga dua sampai tiga kali dari normal juga bisa terjadi.

4. Kanker

Kanker rahim dan kanker serviks termasuk dua jenis kanker yang dapat ditandai dengan perdarahan hebat ketika menstruasi, serta keluarnya darah selain pada masa haid atau setelah berhubungan seksual.

5. Keguguran

Kehamilan terkadang bisa saja tidak disadari. Demikian pula dengan keguguran pada usia awal kehamilan.

Ketika keguguran terjadi pada masa-masa awal kehamilan, kram dan perdarahan yang parah akan terjadi, diiringi dengan keluarnya jaringan berwarna merah yang mungkin terlihat seperti gumpalan darah.

6. Penyakit Von Willebrand

Penyakit Von Willebrand dapat menyebabkan darah haid menjadi sangat banyak dan meningkatkan risiko darah mens menggumpal. Menurut studi, penyakit Von Willebrand ini sangat langka, hanya sekitar 5-24 persen wanita yang mengalami perdarahan haid berat kronis yang biasanya menderitanya.

Baca juga: Penyebab Haid 2 Hari, Apakah Tanda Hamil?

Darah haid menggumpal tergolong hal yang umum pada wanita. Namun, bila gumpalan terus terjadi setiap Anda menstruasi, diiringi dengan kram yang parah, atau gejala lain yang mencurigakan, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter. Dengan ini, diagnosis dan penanganan bisa diperoleh secara tepat.

Jika Anda mengalami keluhan lain saat menstruasi, Anda juga bisa berkonsultasi melalui fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang!

Advertisement

menstruasigangguan menstruasi

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved