Dapatkan Nutrisi Melimpah dari Resep Lezat Kaldu Tulang

(0)
20 Sep 2020|Azelia Trifiana
Beragam kaldu tulang yang menyehatkan untuk tubuhKaldu tulang sangat menyehatkan
Rekomendasi untuk mengonsumsi kaldu tulang belakangan kian populer. Nutrisi di dalamnya sangat baik untuk sistem pencernaan, inflamasi, persendian, dan juga kualitas tidur. Tak hanya itu, kaldu tulang juga disebut berkhasiat bagi mereka yang sedang menjalani diet sehat.Tidak ada aturan baku bagaimana mengonsumsi kaldu tulang, bahkan siapapun bisa membuatnya sendiri di rumah. Tak hanya itu, bisa juga ditambahkan rempah seperti kunyit, jahe, atau bawang putih untuk memperkaya rasanya.

Manfaat konsumsi kaldu tulang

Kaldu dari tulang ayam sangat populer di Indonesia
Kalu ceker ayam baik untuk ibu hamil
Manfaat kaldu tulang diperoleh ketika tulang, sumsum, dan jaringan direbus sehingga nutrisinya terserap maksimal. Zat seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan juga silikon akan muncul dalam proses perebusan ini. Tak hanya itu, kolagen, glutamin, dan glycine juga ikut terekstrak.Kolagen dari kaldu tulang sangat baik untuk mengatasi penyakit persendian. Sementara glucine membantu meredakan rasa kantuk dan lemas. Tak hanya itu, glutamin dalam kaldu tulang juga baik untuk bakteri baik dalam pencernaan.Semua manfaat dalam kaldu tulang bisa diperoleh seseorang hanya dengan meminumnya. Itulah mengapa kaldu tulang sangat populer di penjuru dunia. Ada yang merekomendasikan untuk dikonsumsi saat bangun tidur atau sebelum tidur.

Resep kaldu tulang

Beberapa resep kaldu tulang ini bisa dibuat sendiri di rumah dan dikonsumsi kapanpun, bahkan untuk MPASI si kecil. Apa saja?

1. Kaldu tulang ikan

Kaldu tulang ikan sangat kaya akan yodium yang sangat baik untuk fungsi tiroid seseorang. Biasanya, kaldu tulang ikan dijadikan menu masakan sup atau kari di negara-negara Asia. Kunci keberhasilan membuat sendiri kaldu tulang ikan adalah pilih jenis ikan yang tidak berminyak seperti kakap dan tenggiri.Untuk membuatnya, manfaatkan tulang, ekor, dan juga kulit ikan. Cuci bagian yang akan diolah menjadi kaldu hingga bersih agar hasilnya jernih. Kemudian, rebus dengan bahan-bahan seperti jahe, daun bawang, bawang putih, serai, dan merica. Anda juga bisa menambahkan garam sesuai selera.Masak kaldu tulang ikan hingga ¼ bagiannya telah menyusut. Terakhir, saring agar mendapatkan kaldu tulang ikan yang jernih.

2. Kaldu ceker ayam

Ceker atau bagian kaki ayam juga kerap dijadikan bahan kaldu karena kandungan kolagen, kalsium, dan glukosamin di dalamnya. Pilih ceker dari ayam kampung yang masih segar.Ketika membuat kaldu ceker ayam, sebaiknya buang dulu air rebusan pertama. Rebus dua kali untuk mendapatkan kaldu yang lebih jernih dan tidak amis. Tambahkan rempah lain seperti bawang, tomat, cabe, jahe, kunyit, dan rempah lainnya untuk membuat rasanya semakin kuat

3. Kaldu tulang sapi

Tak kalah populer, kaldu dari tulang sapi sangat mudah dibuat oleh siapapun. Tulang sapi membuat rasanya begitu gurih dan lezat. Untuk membuatnya, pilih tulang yang mengandung sumsum serta jaringan ikat. Siapkan pula bumbu seperti bawang putih, daun bawang, wortel, bawang bombay, merica, dan garam.Rebus kaldu tulang sapi dalam 3 liter air dengan api sedang. Kemudian, masukkan bawang putih dan masak selama 1 jam. Terakhir, tambahkan merica, daun bawang, dan garam hingga menyusut 1/3 bagian.Olahan resep kaldu tulang di atas bisa disimpan di kulkas atau freezer agar lebih awet. Biasanya, kaldu tulang digunakan untuk olahan sup, bakso, MPASI, atau masakan lain agar rasanya semakin lezat.

Catatan dari SehatQ

Ada juga yang memilih mengonsumsi kaldu tulang secara langsung, namun tidak semua orang cocok dengan tekstur dan rasanya. Bagaimanapun cara mengonsumsinya, kaldu tulang memberikan manfaat untuk kesehatan berkat nutrisi di dalamnya.
makanan sehatmenjaga kehamilanhidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/bone-broth
Diakses pada 4 September 2020
Heathline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/healing-bone-broth-recipes
Diakses pada 4 September 2020
Science Direct. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0899900715000350?via%3Dihub
Diakses pada 4 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait