Dapatkan Manfaat Masker Wortel untuk Wajah Cantik Paripurna

(0)
17 Oct 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Manfaat masker wortel antara lain untuk hilangkan jerawat dan kilaukan wajahManfaat masker wortel untuk kulit sangatlah beragam
Manfaat wortel untuk kesehatan tentu sudah tidak diragukan. Namun tahukan Anda jika masker wortel juga bisa memberikan khasiat yang menguntungkan untuk kulit wajah?Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam wortel, dinilai bisa membantu meredakan jerawat, memberikan kelembapan, hingga membuat kulit jadi sehat bercahaya.Agar tidak semakin penasaran, kenali lebih jauh manfaat dan cara membuat masker wortel berikut ini.

Manfaat masker wortel untuk wajah

Ada banyak potensi manfaat masker wortel untuk wajah yang bisa Anda dapatkan, antara lain:
Masker wortel bisa hilangkan kemerahan pada kulit wajah
Masker wortel bisa bantu hilangkan kemerahan di wajah

1. Memudarkan kemerahan di kulit

Mengonsumsi jus wortel dinilai bisa membantu meredakan peradangan di kulit yang membuatnya terlihat kemerahan. Vitamin C dan beta karoten yang ada dalam sayuran ini pun bisa membantu mempercepat penyembuhan luka di kulit.Hingga saat ini, belum ada penelitian yang menyebutkan apabila manfaat tersebut juga bisa didapatkan dengan penggunaan masker wortel. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba. Yang penting sebelum mencobanya, pastikan Anda tidak memiliki alergi terhadap bahan ini.

2. Melembapkan kulit

Kandungan kalium yang ada di dalam wortel bisa membantu melembapkan kulit kering. Jadi untuk Anda yang memiliki kulit kering, menggunakan masker wortel bisa jadi salah satu cara alami untuk mengatasinya.

3. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari memang baik untuk kesehatan. Namun kalau jumlahnya berlebihan, berbagai masalah kulit bisa muncul ke permukaan.Menggunakan masker wortel, dianggap bisa membantu mengatasi masalah ini. Sebab, kandungan beta karoten di dalamnya mampu berperan sebagai tameng pelindung kulit agar dampak merugikan dari matahari, dapat berkurang.
Masker worterl bisa membuat kulit wajah glowing
Masker wortel bisa membaut wajah glowing

4. Membuat kulit glowing

Wortel mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Keberadaan vitamin A, vitamin E, hingga antioksidan dalam sayuran yang satu ini, bisa memberikan kilau sehat bercahaya pada kulit.

5. Menghilangkan jerawat dan bekasnya

Antioksidan yang ada di dalam masker wortel, bisa membantu memudarkan jerawat sekaligus bekasnya. Untuk melihat hasil maksimal, Anda perlu menggunakannya secara teratur.Perlu diingat bahwa sebagian besar manfaat masker wortel di atas belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Sehingga, Anda sebaiknya tetaplah berhati-hati dalam menggunakannya.Baca Juga: Rekomendasi Masker Wajah Sesuai Tipe Kulit

Cara membuat masker wortel

Cara membuat masker wortel tidaklah sulit
Cara membuat masker wortel sendiri tidaklah sulit
Untuk bisa mendapatkan masker wortel, Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Sebab, masker ini bisa dibuat sendiri di rumah. Caranya pun mudah.

• Bahan

- 2 sendok teh parutan wortel
- 1 sendok teh susu full krim
- 1 sendok teh madu
- 3-4 tetes minyak zaitun

• Cara membuat

- Campurkan semua bahan di dalam wadah hingga benar-benar merata
- Oleskan ke seluruh bagian wajah dan juga leher
- Diamkan selama 15-20 menit
- Bilas wajah dengan air dingin dan keringkan dengan handuk bersih
Tidak hanya sebagai masker, Anda juga bisa menggunakan wortel sebagai face spray atau face mist yang bisa disemprotkan sehabis Anda terpapar sinar matahari maupun polusi. Ini cara membuatnya.

• Bahan

- 8 sendok makan jus wortel
- 16 sendok makan air mawar

• Cara membuat

- Masukkan kedua bahan tersebut ke dalam botol semprot
- Kocok hingga merata
Face mist wortel ini pun siap Anda pakai untuk menyegarkan wajah.

Waspadai risiko efek samping setelah menggunakan masker wortel

Meski alami, menggunakan masker wortel tetap bisa memicu keluarnya efek samping, seperti alergi. Apabila setelah menggunakan masker ini Anda merasakan gejala seperti gatal, kemerahan, bahkan hingga bengkak, segera periksakan diri ke dokter.Jika gejala muncul segera setelah mengoleskan masker, langsung basuh wajah Anda. Gejala alergi yang berat bisa berujung pada syok anafilaksis. Kondisi ini merupakan kegawatdaruratan medis yang perlu segera mendapatkan penanganan.Untuk mengetahui Anda alergi atau tidak dengan masker wortel, Anda bisa melakukan tes sebelum menggunakannya. Oleskan sedikit masker ke kulit di bagian lengan dan tunggu selama kurang lebih 20 menit.
Jika tidak ada reaksi yang muncul, maka kemungkinan Anda bisa menggunakan masker tersebut dengan aman.
Penasaran ingin coba masker wortel sebagai solusi kondisi kulit wajah? Anda bisa konsultasi langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
perawatan kulitmasker wajahperawatan wajahworteljus wortel
Healthline. https://www.healthline.com/health/carrot-juice-benefits
Diakses pada 5 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270191
Diakses pada 5 Oktober 2020
Parenting. https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-18-must-know-benefits-of-carrot-gajar-for-health-skin-and-hair/#Benefits_of_Carrots_for_Skin
Diakses pada 5 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait