Dapatkan Bulu Mata Lentik dengan Melakukan Cara-cara Ini

(0)
12 Sep 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada berbagai cara untuk menjadikan bulu mata lentikBulu mata lentik bisa didapatkan dengan menggunakan penjepit bulu mata
Bulu mata merupakan salah satu bagian wajah yang banyak dimodifikasi untuk membuat seseorang terlihat cantik. Standar untuk kecantikan bulu mata umumnya adalah bentuk bulu mata lentik, panjang, dan tebal yang membuat mata tampak lebih indah dan menonjol.Tampilan bulu mata dapat memiliki panjang, ketebalan, dan kelentikan yang berbeda bagi setiap orang. Dari segi kesehatan, bulu mata memiliki fungsi untuk melindungi kornea mata dari benda-benda asing.Selain itu, kelentikan dan ketebalan bulu mata bersifat aerodinamis sehingga dapat melindungi kornea mata dari terpaan udara dan kekeringan.

Cara membuat bulu mata lentik

Sama halnya seperti rambut ikal, lengkungan pada bulu mata lentik disebabkan jenis sel asimetris di sepanjang rambut pada bagian sisi cekung dan cembung rambut.Lengkungan dari bulu mata setiap orang bisa berbeda-beda. Biasanya, orang dengan rambut ikal dan keriting alami, juga memiliki bulu mata lebih lentik dari orang berambut lurus.Anda juga bisa membuat bulu mata lebih lentik dengan berbagai metode. Berikut ini cara-cara sederhana yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah untuk membuat bulu mata lentik.

1. Menggunakan penjepit bulu mata

Cara ini merupakan salah satu metode paling umum untuk membuat bulu mata lentik. Dengan beberapa kali jepitan, bulu mata bisa lebih terangkat dari biasanya.Akan tetapi, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan penjepit bulu mata. Jangan menjepit bulu mata terlalu dekat pada bagian akarnya karena bisa menyebabkan kelopak mata terjepit.Hal ini juga bisa membuat bulu mata tertarik dari akar dan menjadikannya lebih rapuh sekaligus mudah rontok.

2. Menggunakan maskara

Maskara adalah kosmetik yang berfungsi untuk menebalkan dan membentuk bulu mata. Biasanya maskara digunakan setelah menggunakan penjepit bulu mata. Kosmetik ini dapat mempertahankan bentuk bulu mata hingga waktu tertentu.Sebagaimana halnya kosmetik lain, maskara juga dapat menimbulkan alergi pada sebagian orang. Oleh karena itu, coba terlebih dahulu sedikit maskara pada kulit untuk melihat reaksinya. Hal ini penting dilakukan karena bagian mata dan sekitarnya termasuk area sensitif.

3. Menggunakan jari tangan

Bulu mata lentik bisa didapatkan dari tekanan ringan dan rasa hangat. Cara melakukan hal ini cukup mudah. Hangatkan ujung jari Anda, kemudian tekan perlahan bulu mata hingga terangkat, hitung hingga sepuluh detik, dan lepaskan.Lakukan cara ini pada semua bagian bulu mata dan ulangi jika diperlukan. Anda cukup membiarkannya atau bisa juga dilanjutkan dengan pemakaian maskara.

4. Menggunakan sendok

Cara membuat bulu mata lentik berikutnya adalah dengan menggunakan sendok. Berikut langkah-langkahnya:
  • Panaskan sendok dengan merendamnya pada air hangat di dalam mug selama 3 menit.
  • Setelah dikeringkan, pegang sendok secara horizontal dan letakkan sendok di atas kelopak mata.
  • Lengkungan sendok akan berfungsi sebagai pelentik bulu mata. Tekan bulu mata ke arah sendok hingga bulu mata terangkat.
  • Tahan 10 detik, lalu lepaskan.
Perhatikan temperatur sendok pada saat digunakan. Letakkan sendok pada bagian dalam pergelangan tangan terlebih dahulu. Jika terasa terlalu panas, diamkan beberapa saat sebelum digunakan.

5. Menggunakan gagang cotton bud

Bulu mata lentik juga bisa didapatkan dengan memanfaatkan gagang cotton bud setelah penggunaan maskara.Caranya, setelah maskara diaplikasikan, angkat dan tahan bagian dasar bulu mata dengan menggunakan gagang cotton bud yang diletakkan horizontal. Tunggu hingga maskara mulai kering, bulu mata akan terlihat lebih terangkat dan lentik.

6. Menggunakan sikat gigi panas

Selanjutnya adalah dengan menggunakan sikat gigi panas. Pertama-tama, siram atau rendam sikat gigi bersih dengan air panas. Selanjutnya, keringkan sikat gigi perlahan dengan menggunakan handuk sampai tidak ada air yang menetes.Langkah selanjutnya adalah sikat bulu mata dengan hati-hari dari bagian akar hingga ke ujungnya. Tahan sebentar di bagian ujung untuk membuatnya lentik.Apa pun cara yang Anda pilih agar bulu mata lentik, berhati-hatilah saat melakukannya. Jangan sampai mata tertusuk alat yang sedang digunakan.Konsentrasi, lakukan dengan hati-hati dan tanpa terburu-buru. Selain itu, selalu perhatikan kebersihan bulu mata. Jangan lupa bersihkan maskara sebelum tidur agar tidak menyebabkan iritasi pada mata.
produk kecantikancara memanjangkan bulu mata
Anatomy, Head and Neck, Eyelash. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK537278/
Diakses 31 Agustus 2020
Allure. https://www.allure.com/story/curl-lashes-without-eyelash-curler
Diakses 31 Agustus 2020
Wikihow. https://www.wikihow.com/Curl-Eyelashes-with-a-Spoon
Diakses 31 Agustus 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait