Jangan Sampai Keracunan, Ikuti Aturan Minum Omega-3 yang Benar

Ikuti aturan minum suplemen omega-3 yang benar agar tidak keracunan vitamin A
Agar tidak keracunan vitamin A, ikuti aturan minum suplemen omega-3 yang benar

Berbagai suplemen dan vitamin yang dijual di apotek ataupun supermarket diyakini mampu menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan. Salah satunya adalah suplemen omega-3 yang terkenal dalam mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Serupa dengan suplemen lainnya, meminum omega-3 juga ada aturannya. Lantas, apa aturan minum omega-3 yang baik?

Apa aturan minum omega-3?

Sebenarnya, Anda bisa mendapatkan dan memenuhi asupan omega-3 harian Anda dengan mengonsumsi ikan yang berlemak dan memiliki kandungan omega-3 sebanyak setidaknya dua kali seminggu. Namun, bila dibutuhkan, Anda bisa mendapatkan asupannya dari suplemen.

Untuk orang dengan kondisi medis tertentu, aturan minum omega-3 sedikit berbeda pada takarannya dengan orang sehat. Orang yang sedang mengalami kondisi medis tertentu perlu meminum lebih banyak omega-3 dari dosis yang direkomendasikan, yaitu sekitar 200-4000 mg.

Namun, takaran tersebut juga nantinya disesuaikan kembali dengan kondisi penyakit yang diderita. Biasanya, suplemen omega-3 diberikan untuk penderita kanker, penyakit jantung, penyakit Alzheimer, serta depresi dan gangguan kecemasan.

Saat mencari suplemen omega-3, carilah suplemen yang mengandung zat EPA, ALA, dan DHA. Kandungan ketiganya membuat Anda mendapatkan manfaat kesehatan yang lebih optimal.

Anda juga bisa mengikuti aturan minum omega-3 yang telah dicantumkan pada produk atau berkonsultasi dengan dokter mengenai aturan minum omega-3 yang sesuai untuk Anda.

Bagaimana dengan aturan minum omega-3 untuk anak-anak dan wanita hamil?

Aturan minum omega-3 untuk anak-anak memiliki dosis yang berbeda dengan orang dewasa. Untuk anak, dosis 50-100 mg omega-3 sudah cukup untuk kebutuhan per harinya.

Omega-3 sangat penting bagi wanita yang sedang hamil, terutama omega-3 jenis DHA. Aturan minum omega-3 bagi calon ibu biasanya bisa mengonsumsi dosis yang lebih daripada normalnya. Takaran yang diberikan umumnya adalah tambahan 200 miligram omega-3 dari dosis awal.

Efek samping konsumsi omega-3 berlebih

Segala sesuatu yang berlebih tidaklah baik, karenanya ada aturan minum omega-3 yang direkomendasikan. Secara garis besar, Anda tidak akan mengalami efek samping yang merugikan bila tidak mengonsumsi omega-3 lebih dari 3000-5000 miligram per harinya.

Konsumsi omega-3 memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Namun, konsumsi omega-3 yang berlebih dapat menimbulkan pendarahan berlebih atau mengencernya darah pada orang tertentu.

Oleh karenanya, konsumsi omega-3 sangat tidak disarankan untuk orang yang akan menjalani operasi. Apabila Anda akan mengikuti operasi, sebaiknya hentikan konsumsi omega-3 seminggu atau dua minggu sebelum operasi dilangsungkan.

Selain itu, konsumsi suplemen omega-3 yang berlebih, terutama dalam bentuk minyak ikan, bisa menimbulkan keracunan vitamin A. Hal ini karena kebanyakan suplemen omega-3 juga memiliki kadar vitamin A yang tinggi.

Selalu ikuti aturan minum omega-3 yang tertera pada produk suplemen yang Anda dibeli atau konsultasikan dengan dokter mengenai dosis yang tepat untuk Anda.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/how-much-omega-3
Diakses pada 28 November 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324240.php
Diakses pada 28 November 2019

WebMD. https://www.webmd.com/diet/supplement-guide-omega-3-fatty-acids#1
Diakses pada 28 November 2019

Artikel Terkait