Dampak Sering Mengeluh terhadap Kesehatan dan Cara Menghilangkannya


Sering mengeluh dapat mengembangkan sikap pesimis hingga menguras energi orang lain. Cara menghentikannya bisa dengan menyesuaikan ekspektasi, melakukan refleksi diri, dan belajar lebih bersyukur.

0,0
Sering mengeluh dapat mengembangkan sikap pesimis hingga menguras energi orang lainMengeluh umumnya membuat Anda hanya berfokus ke masalah
Ketika kesulitan dalam menyelesaikan masalah, banyak orang yang kemudian mengeluh dan merasa paling tersiksa dalam hidup. Hal itu dilakukan karena segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan rencana dan harapan.Mengeluh sebenarnya merupakan hal yang wajar dalam hidup, namun Anda sebaiknya tidak melakukan tindakan ini secara berlebihan. Jika dilakukan secara berlebihan, mengeluh dapat berdampak buruk terhadap kesehatan maupun hubungan Anda dengan orang lain.

Dampak buruk sering mengeluh

Terlalu banyak mengeluh dapat memberi pengaruh buruk bagi kesehatan Anda, baik secara fisik maupun psikologis. Selain itu, kebiasaan ini juga dapat merusak hubungan Anda dengan orang lain.Berikut ini beberapa dampak buruk akibat sering mengeluh:
  • Fokus ke masalah, bukan solusi

Mengeluh umumnya membuat Anda hanya berfokus ke masalah, bukan mencari potensi solusi untuk bisa menyelesaikannya. Sikap ini berpotensi membuat Anda terjebak dalam amarah dan larut dalam situasi tersebut. Akibatnya, masalah pun kemudian tidak dapat diselesaikan dengan baik.
  • Mengembangkan sikap pesimis

Sikap dapat berkembang dari kebiasaan. Sering mengeluh bisa mengembangkan sikap pesimis di dalam diri Anda. Sikap ini muncul karena Anda terlalu fokus pada hal-hal negatif yang terjadi dalam hidup.
  • Mudah marah

Ketika terlalu fokus pada hal-hal yang berpotensi memicu keluhan, Anda menjadi lebih mudah marah. Sering marah ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun psikologis. Selain itu, sikap ini juga membuat hubungan Anda dengan orang lain menjadi renggang.
  • Menguras energi orang lain

Kebiasaan mengeluh bisa membuat Anda menjadi seorang energy vampire. Apabila Anda menyampaikan keluhan pada orang yang kurang tepat, hal tersebut dapat membuatnya merasa terbebani dan kehabisan energi karena memikirkan masalah yang seharusnya bukan jadi urusannya.

Cara menghilangkan kebiasaan sering mengeluh

Melihat dampak buruk yang dapat ditimbulkan, Anda sebaiknya menghilangkan kebiasaan mengeluh secara berlebihan. Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh mengeluh. Tindakan ini boleh dilakukan dengan memerhatikan waktu dan tempat.Berikut ini beberapa tips untuk menghilangkan kebiasaan mengeluh:
  • Sesuaikan ekspektasi

Beberapa orang seringkali mengeluh karena apa yang terjadi atau didapat tidak sesuai dengan ekspektasinya. Untuk mencegah munculnya keluhan, cobalah untuk mengatur ekspektasi Anda agar tidak berlebihan.
  • Refleksi diri

Apabila Anda terlalu sering mengeluh, cobalah untuk melakukan refleksi diri. Pikirkan apakah keluhan tersebut memberikan dampak yang berarti bagi Anda. Cobalah untuk mencari sumber masalah yang membuat Anda sering mengeluh, sebelum kemudian mencari cara untuk mengatasinya.
  • Lakukan dengan cara positif

Saat mengeluh, lakukan dengan cara yang positif. Hindari penggunaan kata-kata yang dapat menyakiti orang lain. Jika tidak, orang lain akan menutup diri dan menganggap Anda sebagai pribadi yang menyebalkan.
  • Belajar bersyukur

Bersyukur adalah salah satu kunci utama untuk menghilangkan kebiasaan mengeluh. Ingatkan diri Anda untuk selalu bersyukur setiap harinya. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih jarang mengeluarkan keluhan dan hanya menyampaikannya pada saat yang tepat.Apabila Anda mengalami kesulitan dalam menghilangkan kebiasaan ini, berkonsultasi dengan profesional mungkin bisa membantu. Nantinya, Anda akan diajarkan mencari sumber masalah yang membuat Anda sering mengeluh dan menanggapinya dengan lebih positif.

Catatan dari SehatQ

Mengeluh merupakan sikap yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan dan hubungan Anda dengan orang lain. Kebiasaan ini bisa mengembangkan sikap pesimis hingga menguras energi orang lain jika terus dilakukan.Cara menghentikan kebiasaan terlalu sering mengeluh bisa dengan menyesuaikan ekspektasi, melakukan refleksi diri, hingga belajar lebih bersyukur. Jika kebiasaan ini mulai mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, berkonsultasilah dengan profesional untuk mendapatkan bantuan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
kesehatan mentalmanajamen amarah
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/complaining-why-do-we-do-it-3144857
Diakses pada 13 September 2021
Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/how-to-stop-complaining-7-secrets-to-being-happier/
Diakses pada 13 September 2021
Psych Central. https://psychcentral.com/blog/how-to-stop-complaining-in-a-relationship#coping-with-complaints
Diakses pada 13 September 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait