Dampak Positif Lagu Patah Hati Didi Kempot Terhadap Kesehatan ‘Sobat Ambyar’

Terapi musik juga bisa dilakukan untuk mengobati perasaan patah hati.
Jangan remehkan kekuatan lagu patah hati dalam mengobati hati yang terluka.

Pernahkah Anda mendengarkan lagu bernuansa patah hati di kala galau menyelimuti? Jika perasaan nyaman yang dirasakan, itu bukan kebetulan. Nyatanya, lagu patah hati terbukti memberikan manfaat terhadap orang yang sedang mengalami kejadian sedih, seperti ditinggal kekasih.

Dampak positif lagu patah hati sangat bisa dirasakan Sobat Ambyar yang mengaku sebagai penggemar berat lagu patah hati Didi Kempot, sang Godfather of Broken Heart.

Melodi mendayu dan lirik bersendu menjadi “bumbu pemanis” yang membuat lagu patah hati milik penyanyi kelahiran Surakarta, Jawa Tengah itu digemari orang yang sedang dilanda kesedihan.

Dampak positif lagu patah hati dan penjelasan ilmiahnya

Jika berbicara tentang dampak positif lagu patah hati, terdapat dua sisi yang bisa menjelaskannya secara ilmiah; psikologi sosial dan ilmu saraf kognitif.

Tidak hanya menjadi “teman setia” di kala sedih, berikut ini dampak positif lagu patah hati yang bisa Anda rasakan.

Psikologi sosial

  • Ketika berbicara dampak positif lagu patah hati dari sisi psikologi sosial, sebuah studi menemukan, orang yang sedih bisa merasa lebih baik di saat dirinya mengingat bahwa masih ada orang lain yang mengalami situasi lebih buruk. Hal ini dikenal dengan “perbandingan sosial ke bawah”.
  • Ketika sedang sedih, orang cenderung lebih suka mendengar lagu patah hati yang mampu menggambarkan situasinya lewat alunan musik dan lirik lagu.

Ilmu saraf kognitif

  • Para peneliti percaya, musik melankolis memiliki andil dalam memunculkan hormon prolaktin, yaitu zat kimia yang membantu mengurangi kesedihan seseorang.
  • Karena sudah ada teknologi pemindaian otak, peneliti menemukan fakta, mendengarkan lagu, otak akan melepaskan dopamin, neurotransmitter yang dapat meningkatkan suasana hati. Tidak heran, ada dampak positif lagu patah hati yang Anda bisa rasakan.

Menurut penelitian, selera musik sangat berpengaruh terhadap perasaan yang muncul saat mendengar lagu patah hati. Lagu patah hati yang Anda dengar, belum tentu bisa memberikan efek positif terhadap teman Anda. Perlu diingat, jangan paksa diri mendengarkan lagu patah hati yang Anda tidak suka.

Selain itu, mendengarkan lagu patah hati yang sesuai dengan suasana hati juga berdampak positif. Lagu-lagu itu seakan menjadi “pendengar” segala gundah gulana. Pada akhirnya, Anda akan bisa move on dari perasaan sedih yang menghantui.

Meski demikian, dalam hal ini, perasaan Sobat Ambyar saat mendengarkan lagu Didi Kempot, belum tentu dirasakan juga jika didengar oleh yang bukan penggemarnya.

Efek pain killer lagu patah hati

Dalam sebuah studi, para peniliti mencoba memberikan rasa sakit kepada responden dengan memasukkan tangan mereka ke dalam air es. Di saat yang bersamaan, banyak lagu yang didengarkan oleh responden yang sedang kesakitan menahan dinginnya air itu.

Namun, ada juga responden yang tidak mendengarkan musik saat eksperimen sedang berlangsung.
Hasilnya, responden yang mendengar lagu saat sedang kesakitan, bisa menahan rasa sakitnya lebih lama, dibandingkan yang tidak mendengarkan musik sama sekali.

Bahkan, peneliti juga bisa melihat, tingkat kecemasan partisipan bisa berkurang saat mendengarkan lagu, terutama lagu yang dipilih oleh masing-masing responden.

Musik dapat memberikan efek menenangkan serta fisiologis dalam otak Anda. Mendengarkan musik favorit juga bisa menghilangkan luka dalam hati, termasuk rasa galau karena ditinggal seseorang yang Anda cintai.

Lirik yang puitis obati patah hati

Pernah menemukan adanya lagu yang bisa menggambarkan kondisi patah hati yang Anda rasakan? Jangan pernah anggap remeh kekuatan musik saat Anda sedih.

Sebab, lirik lagu favorit bisa menjawab teka-teki besar yang sedang ada dalam pikiran Anda. Mendengarkan sang vokalis menyanyikan lagu favorit seakan membuat Anda memiliki teman ngobrol.

Apalagi kalau lirik lagu tersebut, sesuai dengan perasaan hati. Hal ini bisa memberikan efek positif terhadap siapapun yang sedang merasa sedih.

Baca juga: Studi: Musik Hip Hop Ternyata Berpotensi Memulihkan Gangguan Mental 

Terapi musik untuk patah hati

Jika mendengar musik sendirian tidak membantu menghilangkan rasa sedih dalam hati, mengikuti terapi musik, mungkin bisa mengobati rasa luka batin yang Anda rasakan.

Sama seperti terapi kesehatan lainnya, terapi musik juga melibatkan pasien dokter. Hanya saja, dengan tambahan musik yang berperan sebagai “obat utama”.

Selama sesi terapi, dokter akan berusaha membentuk ikatan dengan pasien mereka lewat musik. Hal ini dilakukan guna meningkatkan kepercayaan diri, keterampilan berkomunikasi, membangun kesadaran, serta perhatian sang pasien.

Berikut ini beberapa tipe terapi musik yang biasanya dilakukan dalam satu sesi.

  • Mendengarkan musik sambil berbincang dengan terapis
  • Memainkan musik dengan berbagai macam instrumen
  • Mendengarkan permainan musik dari terapis dan meminta Anda untuk berimajinasi atau menggambarkan sesuatu yang muncul di pikiran.

Tujuan utama dari terapi musik ialah menangkap “momen perubahan”. Hal ini bisa diraih asalkan pasien dan terapis mampu memperkuat ikatan lewat musik. Nantinya, pasien akan mampu mengutarakan segala macam perasaannya, dengan harapan, perasaan sedihnya bisa terobati.

Kalau musik bisa menemani Anda di saat bahagia, mengapa tidak menggunakannya sebagai pelipur lara di saat kesepian? Dari banyaknya studi dan penelitian, musik ternyata memberikan dampak positif terhadap hati yang terluka.

Catatan dari SehatQ:

Jika Anda masih belum merasa lebih baik saat mendengarkan lagu-lagu patah hati favorit, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter untuk menjadwalkan sesi terapi musik, atau sekadar berbincang. Sebab, perasaan sedih yang disimpan terlalu lama, bisa memberikan efek buruk terhadap kesehatan mental.

Selain itu, jangan lupa untuk berani berbagi keluh kesah Anda dengan orang terdekat, mulai dari keluarga hingga sahabat. Sebab, memendam sendiri perasaan sedih, terkadang bisa memperburuk keadaan.

https://www.goodtherapy.org/blog/heartbreak-and-healing-why-we-love-breakup-songs-0605145

Diakses pada 30 September 2019

 

Science Alert. https://www.sciencealert.com/new-research-reveals-the-pain-and-pleasure-of-listening-to-sad-music

Diakses pada 30 September 2019

 

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/depression/can-sad-music-heal-your-broken-heart.aspx

Diakses pada 30 September 2019

 

Music Therapy Association of British Columbia. https://www.mtabc.com/what-is-music-therapy/how-does-music-therapy-work/

Diakses pada 30 September 2019

 

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325937.php

Diakses pada 30 September 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed