logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Sex & Relationship

Dampak Hubungan Backstreet untuk Mental Tak Bisa Disepelekan

open-summary

Hubungan backstreet adalah hubungan yang dilakukan diam-diam tanpa sepengetahuan orang sekitar. Dampak hubungan backstreet dapat menyebabkan seseorang kurang berkomitmen pada hubungan, menurunkan self esteem, dan berisiko lebih tinggi mengalami perasaan negatif.


close-summary

2023-03-23 05:16:29

| Nenti Resna

Ditinjau oleh dr. Reni Utari

Hubungan backstreet adalah hubungan yang dilakukan diam-diam tanpa sepengetahuan orang sekitar

Hubungan backstreet adalah hubungan yang dilakukan diam-diam tanpa sepengetahuan orang sekitar

Table of Content

  • Apa itu hubungan backstreet?
  • Alasan orang melakukan hubungan backstreet
  • Dampak pacaran backstreet pada mental

Tidak semua orang mengalami hubungan percintaan yang berjalan mulus. Beberapa pasangan mungkin terpaksa menjalani hubungan backstreet untuk mempertahankan hubungannya. Menjalani hubungan secara diam-diam bagi sebagian orang bisa terasa rumit dan penuh tantangan. Belum lagi, dampak pacaran backstreet ternyata dapat berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental.

Advertisement

Apa itu hubungan backstreet?

Hubungan backstreet adalah hubungan yang dijalani secara diam-diam atau disembunyikan dari beberapa pihak. Menjalani pacaran secara backstreet memungkinkan pasangan ini melanjutkan hubungan mereka bahkan hingga jenjang pernikahan meski tanpa persetujuan atau dukungan dari keluarga dan orang tua.

Dalam menjalani suatu hubungan percintaan, terkadang tak hanya perasaan dua orang yang berperan. Selain dua orang yang terlibat, pendapat dari keluarga, orang tua, maupun orang sekitar biasanya akan ikut dijadikan pertimbangan saat memilih pasangan. Permasalahan bisa muncul saat kriteria pasangan ideal satu individu, berbeda dengan yang diharapkan orang-orang di sekitarnya.

Perbedaan ini seringkali menjadi dasar mulainya hubungan backstreet. Mereka menjalani hubungan percintaan diam-diam agar tetap bisa bersama pasangan pilihannya, tanpa ada intervensi dari orang lain yang tidak menyetujui hubungan tersebut.

Baca Juga: Cinta Tidak Direstui Orang Tua Apa Solusinya?

Alasan orang melakukan hubungan backstreet

Berikut ini beberapa alasan yang membuat seseorang menjalani hubungan backstreet:

1. Takut mendapatkan penolakan

Seringkali pasangan memutuskan pacaran backstreet karena takut akan kemungkinan penolakan dari orang terdekat, khususnya orang tua. Hubungan backstreet dijadikan pilihan karena menyadari bahwa mereka bukan tipe pasangan yang dianggap ideal di mata masyarakat umum atau orang tuanya.

Misalnya saja pada pasangan berbeda agama yang masih sering memicu perdebatan di Indonesia, pasangan dengan status sosial yang berbeda, atau lain sebagainya.

2. Tidak mendapat restu orang tua

Hubungan backstreet juga dapat menjadi pilihan karena setelah diungkapkan, ternyata hubungan pasangan tidak mendapat restu dari orang tua atau orang-orang terdekat mereka.

Walaupun tidak mendapatkan restu orang tua, jika individu memiliki perasaan cinta yang kuat terhadap pasangannya, maka ia mungkin akan lebih memilih untuk menjalani pacaran backstreet dibanding menyudahinya.

3. Berselingkuh

Hubungan backstreet juga hal yang umum dilakukan pasangan berselingkuh. Ini tentunya dikarenakan perselingkuhan merupakan hubungan terlarang yang dianggap tercela dan ditentang oleh berbagai pihak.

4. Menghindari gosip di tempat kerja

Tidak sedikit karyawan yang menjalin hubungan dengan sesama rekan kerja juga memutuskan untuk menjalani hubungan backstreet dengan menyembunyikannya dari semua orang. Ini mungkin dilakukan untuk menghindari gosip atau drama kencan di tempat kerja. Ini juga dapat menjadi pilihan bagi seseorang yang sangat menjaga privasinya.

Baca Juga

  • Curi-Curi Pandang Hingga Salah Tingkah, Ini 7 Tanda Wanita Menyimpan Rasa Cinta
  • Manfaat Tertawa yang Menyehatkan Tubuh dan Pikiran
  • 7 Pertanyaan untuk Pasangan Sebelum Mantap Menikah

Dampak pacaran backstreet pada mental

Melansir dari Psychology Today, dampak hubungan backstreet terhadap kesehatan mental juga ternyata tidak bisa disepelekan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  • Hubungan backstreet membuat orang yang menjalani berada di hubungan yang kurang berkomitmen karena cara ini bisa membatasi kedekatan psikologis dengan pasangan
  • Hubungan backstreet bisa menurunkan harga diri (self esteem) orang yang menjalani
  • Hubungan backstreet membuat orang yang menjalani mengalami lebih banyak gejala gangguan kesehatan perasaan negatif yang kerap dirasakan seperti jadi lebih mudah gugup, takut atau sering merasa bersalah.

Hubungan yang disembunyikan dapat memiliki kualitas yang lebih rendah jika dibandingkan hubungan yang terbuka. Tentunya setiap hubungan merupakan kasus berbeda. Hubungan yang dirahasiakan tidak hanya membawa kesulitan dan masalah bagi mereka, tetapi juga memengaruhi kesejahteraan fisik dan psikologis bagi masing-masing pasangan.

Meskipun terdapat stereotip bahwa pacaran backstreet lebih seru dan menegangkan, banyak dari hubungan backstreet yang tidak berakhir dengan memuaskan. Pasalnya, menyembunyikan hubungan membuat semakin lama akan semakin terasa sulit karena Anda harus terus-menerus memikirkan taktik agar hubungan ini tetap bisa tersembunyi.

Pada akhirnya, banyak hubungan backstreet yang gagal dipertahankan karena tidak dapat menjaga kerahasiaannya lebih lama, dan hubungan berakhir setelah terungkap.

Jika Anda termasuk yang sedang menjalani hubungan backstreet dan ingin berkonsultasi mengenai dampak hubungan ini terhadap kondisi mental, gunakan fitur Chat Dokter yang ada di aplikasi SehatQ untuk berbincang langsung dengan psikolog maupun psikiater. Unduh aplikasinya gratis di App Store dan Google Play.

Advertisement

kesehatan mentalmenjalin hubungan

Referensi

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

© SehatQ, 2023. All Rights Reserved