logo-sehatq
logo-kementerian-kesehatan
SehatQ for Corporate
TokoObatArtikelTindakan MedisDokterRumah SakitPenyakitChat DokterPromo
Parenting

10 Dampak Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ibu

open-summary

Anak perempuan kurang kasih sayang ibu dapat tumbuh dengan masalah emosional. Ketika kelak berganti peran menjadi ibu, hal ini bisa menjadi siklus tidak sehat yang berulang.


close-summary

3

(2)

14 Apr 2022

| Azelia Trifiana

Ditinjau oleh dr. Anandika Pawitri

Anak yang tumbuh kurang kasih sayang ibu bisa mengalami masalah kepribadian

Anak yang tumbuh kurang kasih sayang ibu bisa mengalami masalah kepribadian

Table of Content

  • Dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu
  • Ciri ibu yang tidak sayang anaknya
  • Cara mengatasi dampak kurang kasih sayang ibu
  • Catatan dari SehatQ

Apa pun yang terjadi di masa kecil seseorang dapat berdampak saat remaja, dewasa, hingga menua. Begitu pula dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu. Ketika anak kelak berganti peran menjadi ibu, hal ini bisa menjadi siklus tidak sehat yang berulang.

Advertisement

Teori psikososial dari Erik Erikson menyebut tahapan pertama perkembangan manusia berpusat pada kepercayaan orang terdekatnya.

Apabila tidak mendapatkan kasih sayang, bukan tidak mungkin seseorang akan tumbuh menjadi sosok yang sukar percaya pada orang lain.

Dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu

Akan selalu ada dampak ketika anak tidak mendapatkan asuhan sebagaimana mestinya. Baik pada anak yang orangtuanya terlalu dominan seperti helicopter parenting ataupun yang sama sekali tidak hadir karena kesibukan.

Bukan hanya fisik, sebenarnya kurang kasih sayang ini juga berlaku secara emosional. Mungkin ada ibu yang sehari-hari bersama anaknya, tetapi tidak punya kedekatan secara emosional. Ini sama seperti sosok ibu yang sehari-hari sibuk dan tidak mendampingi anak secara fisik.

Lalu, apa saja dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu?

1. Tidak mudah percaya

Sosok anak yang tidak mendapatkan cukup kasih sayang akan tumbuh menjadi orang yang tak mudah percaya kepada dunia.

Mereka mengalami konflik trust vs mistrust pada fase usia sejak lahir hingga 2 tahun. Hal ini membentuk karakter anak ketika dewasa yang tak mudah dekat secara emosional.

Bukan hanya itu, rasa terabaikan sejak kecil juga bisa membentuk anak menjadi perempuan yang enggan percaya pada orang-orang di sekitarnya. 

Sebab, ada kegagalan dalam menanamkan harapan akibat tidak adanya perhatian dari orangtua .

2. Kurang percaya diri

Kepercayaan diri erat kaitannya dengan kualitas kehidupan seseorang. Apabila sejak kecil anak kurang kasih sayang orangtua, mereka dapat merasa terabaikan atau tidak dianggap.

Akan ada suara yang terus menggaung dalam benaknya bahwa mereka adalah sosok anak yang tidak layak mendapatkan kasih sayang. Hal ini dapat berpengaruh pada rasa percaya dirinya saat tumbuh dewasa.

3. Sulit menerapkan batasan

Selanjutnya, dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu adalah sulit menerapkan batasan. Artinya, ada kemungkinan mereka tumbuh menjadi sosok people pleaser.

Hal ini umumnya mulai terlihat ketika mereka menjalin hubungan serius dengan orang lain. Lebih jauh lagi, dalam kehidupan sehari-hari ini juga membuatnya sulit berani berkata tidak dalam kehidupan sehari-hari.

4. Tidak mengenal dirinya sendiri

Idealnya, anak yang mendapatkan kasih sayang dari orangtua sejak kecil bisa mengenal dirinya dengan baik. 

Mereka tahu apa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, apabila anak tidak mendapatkan kasih sayang, bisa jadi fokusnya hanya pada kekurangan saja.

Padahal, mungkin saja mereka memiliki talenta atau bakat yang bisa digali lebih dalam. Potensi ini dapat luput karena tidak ada sosok terdekat seperti ibu yang memandu anak untuk melihat potensinya sejak kecil.

5. Gagal membangun hubungan sehat

pasangan berantem
Gagal membangun hubungan yang sehat saat dewasa

Ketika tumbuh dewasa, anak perempuan umumnya mendambakan hubungan yang sehat. Ada pasangan yang memberikan motivasi dan kasih sayang. Namun, anak yang hidup tanpa kasih sayang orangtua akan sulit mendapatkan hal ini.

Kondisi ini terjadi karena tidak ada gambaran tentang bagaimana pasangan yang harmonis di benak mereka. 

Bukan tidak mungkin, perempuan yang berada dalam kondisi ini justru terjebak dalam hubungan yang tidak sehat karena tidak berhasil menemukan pasangan yang suportif.

6. Terlalu sensitif

Salah satu kemungkinan dampak psikologi anak kurang kasih sayang adalah tumbuh menjadi sosok yang tidak stabil secara emosional. 

Artinya, mereka bisa menjadi orang yang terlalu sensitif ketika berinteraksi dengan orang lain. Belum lagi, adanya kemungkinan untuk terlalu memikirkan segala hal alias overthinking.

7. Menjadi ibu yang tidak dekat dengan anaknya

Sayangnya, siklus ini bisa terus berulang bagaikan benang kusut. Ketika anak perempuan yang kurang kasih sayang ibu sudah menikah dan memiliki keturunan, mengemban peran ibu menjadi hal yang tidak mudah.

Bayangan ibu di benaknya adalah sosok yang tidak memberikan kasih sayang. Sehingga, mereka kemungkinan melakukan hal yang sama kepada anaknya sendiri..

8. Rendah diri

Anak yang kurang kasih sayang ibu dapat tumbuh menjadi pribadi yang rendah diri. Hal ini terjadi karena mereka merasa tidak dicintai atau diinginkan. 

Padahal kasih sayang ibu dapat membuat anak merasa bahwa mereka adalah sosok yang penting.

9. Tidak mampu menenangkan diri

Ketika anak mengalami masalah, ibu sering kali menenangkannya agar dapat menghadapi masalah tersebut. Anak pun belajar dengan meniru apa yang dilakukan ibunya ataupun mencerna nasihat yang diberikan padanya.

Namun, tanpa kasih sayang ibu, anak cenderung tidak dapat mengembangkan kemampuannya untuk menenangkan diri. Akibatnya, mereka bisa beralih pada aktivitas berbahaya untuk menenangkan dirinya, seperti mabuk-mabukan atau menggunakan obat-obatan terlarang.

10. Kurang kesadaran emosional

Seorang ibu mampu mencerminkan perasaan anak, melabeli perasaannya, dan membantu mengelola perasaan tersebut. Anak pun tidak perlu menahan perasaan negatif karena punya cara untuk mengelolanya.

Akan tetapi, anak yang kurang mendapatkan kasih sayang ibu tidak bisa mendapatkan hal tersebut. Alhasil, mereka kurang memiliki kesadaran emosional.

Baca Juga

  • Tips Menjaga Anak dari Tenggelam dan Dry Drowning saat Berenang
  • Belajar dari Aries Susanti, Ini 6 Manfaat Panjat Tebing untuk Anda
  • Beragam Cara Membuat Slime yang Aman Dimainkan oleh Anak

Ciri ibu yang tidak sayang anaknya

Ciri-ciri orangtua tidak sayang anak dapat ditunjukkan melalui perilaku maupun ucapannya. Berikut adalah beberapa ciri ibu yang tidak sayang anaknya.

  • Suka menghina atau mengejek anak
  • Tidak ingin memberikan nasihat saat anak membutuhkannya
  • Tidak tertarik dengan tujuan, pencapaian, atau pilihan anak
  • Menelantarkan anak
  • Tidak peduli terhadap perasaan anak
  • Mencari-cari kesalahan anak untuk memarahinya
  • Tidak memberi dukungan pada anak.

Itulah beberapa ciri ibu yang tidak sayang anaknya. Perilaku ini tentunya bisa membuat anak merasa terluka dan tak diinginkan.

Cara mengatasi dampak kurang kasih sayang ibu

Kurang mendapat kasih sayang ibu tentu merupakan hal yang tidak menyenangkan, bahkan bisa membekas hingga dewasa. 

Namun, jangan sampai dampak negatif tersebut terus mengganggu kehidupan Anda.

Berikut adalah cara mengatasi dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu yang bisa Anda lakukan.

  • Mengekspresikan rasa sakit

Langkah pertama dalam proses penyembuhan adalah mengekspresikan rasa sakit. Berbicara pada psikolog atau membuat jurnal untuk menceritakan apa yang Anda rasakan, juga dapat membantu.

  • Mencintai diri sendiri

mencintai diri sendiri
Cintailah diri sendiri untuk berdamai dengan keadaan

Jika ibu tidak mampu membangun citra diri anaknya secara positif, itu bukanlah kesalahan Anda. 

Dengan melepaskan citra yang kurang ideal tersebut, Anda dapat menciptakan citra diri yang lebih positif. Jadi, cintailah diri sendiri sebagaimana mestinya.

  • Mengembangkan kesadaran diri

Anda perlu belajar bagaimana berkomunikasi dengan emosi diri sendiri. Luangkan waktu untuk berhenti dan sadari apa yang Anda rasakan. Menyadari perasaan tersebut adalah langkah pertama untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

  • Membahagiakan diri sendiri

Dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu bisa membuat Anda merasakan kesedihan yang mendalam. Maka dari itu, cobalah untuk membahagiakan diri sendiri.

Anda dapat berjalan-jalan ke tempat yang diinginkan, pergi bersama teman, atau sekadar menonton film favorit untuk memperbaiki suasana hati.

  • Memaafkan

Jika Anda telah menerima perasaan diri sendiri, akan tercipta ruang emosional untuk memaafkan

Terkadang, ibu juga tidak lepas dari kesalahan. Jika Anda bisa menyadarinya dan tidak berlarut-larut mengharapkan sosok yang ideal, Anda bisa beranjak untuk memahami dan menerima dirinya.

Catatan dari SehatQ

Kondisi di atas menggambarkan dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu.

Artinya, sosok ibu ada tetapi tidak memberikan kasih sayang sebagaimana mestinya. Konteks yang dibicarakan di sini bukanlah anak yang tidak mendapat kasih sayang ibu karena meninggal dunia atau hal lainnya yang tidak disengaja.

Meski demikian, selalu ada kemungkinan membenahinya dengan cara berdamai dengan diri sendiri. Validasi emosi yang dirasakan hingga memaafkan yang telah terjad, bisa menjadi jalan untuk terlahir kembali tanpa bayang-bayang masa silam.

Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang kapan hal ini sudah sangat mengganggu bagi kesehatan mental seseorang, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Advertisement

tips parentinghidup sehatgaya parenting

Referensi

Terima kasih sudah membaca.

Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Bagikan

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Advertisement

logo-sehatq

Langganan Newsletter

Jadi orang yang pertama tahu info & promosi kesehatan terbaru dari SehatQ. Gratis.

Metode Pembayaran

Bank BCABank MandiriBank BNIBank Permata
Credit Card VisaCredit Card Master CardCredit Card American ExpressCredit Card JCBGopay

Fitur

  • Toko
  • Produk Toko
  • Kategori Toko
  • Toko Merchant
  • Booking
  • Promo
  • Artikel
  • Chat Dokter
  • Penyakit
  • Forum
  • Review
  • Tes Kesehatan

Perusahaan

Follow us on

  • FacebookFacebook
  • TwitterTwitter
  • InstagramInstagram
  • YoutubeYoutube
  • LinkedinLinkedin

Download SehatQ App

Temukan di APP StoreTemukan di Play Store

Butuh Bantuan?

Jam operasional: 07.00 - 20.00

Hubungi Kami+6221-27899827

Kumpulan Artikel dan Forum

© SehatQ, 2022. All Rights Reserved