7 Dampak Anak Perempuan Kurang Kasih Sayang Ibu dan Cara Memutus Siklusnya


Anak perempuan kurang kasih sayang ibu dapat tumbuh dengan masalah emosional. Ketika kelak berganti peran menjadi ibu, hal ini bisa menjadi siklus tidak sehat yang berulang.

(0)
10 Mar 2021|Azelia Trifiana
Anak yang tumbuh kurang kasih sayang ibu bisa mengalami masalah kepribadianAnak yang tumbuh kurang kasih sayang ibu bisa mengalami masalah kepribadian
Apapun yang terjadi di masa kecil seseorang akan berdampak hingga ia tumbuh remaja, dewasa, hingga menua. Begitu pula dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu. Ketika kelak berganti peran menjadi ibu, hal ini bisa menjadi siklus tidak sehat yang berulang.Teori psikososial dari Erik Erikson menyebut tahapan pertama perkembangan manusia berpusat pada kepercayaan orang terdekatnya. Apabila tidak mendapatkan kasih sayang, bukan tidak mungkin seseorang akan tumbuh menjadi sosok yang sukar percaya pada orang lain.

Anak perempuan kurang kasih sayang

Akan selalu ada dampak ketika seorang anak tidak mendapatkan asuhan sebagaimana mestinya. Baik itu yang orangtuanya terlalu dominan seperti helicopter parenting atau yang sama sekali tidak hadir karena kesibukan.Bukan hanya fisik saja, sebenarnya kurang kasih sayang ini juga berlaku secara emosional. Mungkin ada ibu yang sehari-hari bersama anaknya, namun tidak ada kedekatan secara emosional. Ini sama seperti sosok ibu yang sehari-hari sibuk dan tidak mendampingi anak secara fisik.Lalu, apa saja dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu?

1. Tidak mudah percaya

Sosok anak yang tidak mendapatkan cukup kasih sayang akan tumbuh menjadi orang yang tak mudah percaya kepada dunia. Ia mengalami konflik trust vs mistrust pada fase usia sejak lahir hingga 2 tahun. Ini yang membentuk karakternya ketika dewasa yang tak mudah dekat secara emosional.Bukan hanya itu saja, rasa terabaikan sejak kecil ini juga akan membentuknya menjadi perempuan yang enggan percaya pada orang-orang di sekitarnya. Ada kegagalan dalam menanamkan harapan atau hope.

2. Kurang percaya diri

Kepercayaan diri erat kaitannya dengan kualitas kehidupan seseorang. Apabila sejak kecil sudah tidak mendapatkan kasih sayang dari ibu, seorang anak perempuan akan merasa terabaikan atau tidak dianggap.Akan ada suara yang terus menggaung dalam benaknya bahwa dia sosok anak yang tidak layak mendapatkan kasih sayang. Ini akan berpengaruh pada rasa percaya diri saat tumbuh dewasa.

3. Sulit menerapkan batasan

Hal lain yang juga akan sulit diterapkan oleh anak perempuan yang tidak mengenal kasih sayang dari ibunya adalah sulit menerapkan batasan. Artinya, sangat mungkin tumbuh menjadi sosok people pleaser.Umumnya, ini mulai terlihat ketika mereka menjalin hubungan serius dengan orang lain. Lebih jauh lagi, dalam kehidupan sehari-hari ini juga membuatnya sulit berani berkata tidak.

4. Tidak mengenal dirinya sendiri

Idealnya sejak kecil, anak yang mendapatkan cukup kasih sayang dari orangtuanya bisa mengenal dirinya sendiri dengan baik. Mereka tahu apa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun apabila yang terjadi adalah anak kurang kasih sayang, bisa jadi fokusnya hanya pada kekurangan saja.Padahal, mungkin saja sebenarnya ada talenta atau bakat yang bisa digali lebih jauh lagi. Ini akan luput terlihat karena sejak kecil tidak ada sosok terdekat seperti ibu yang memandunya untuk melihat potensinya.

5. Gagal membangun hubungan sehat

Idealnya ketika tumbuh dewasa, anak perempuan mendambakan hubungan yang sehat. Ada pasangan yang memberikan motivasi dan kasih sayang. Namun sayangnya, anak yang masa kecilnya jarang tersentuh kasih sayang akan sulit mendapatkan hal ini.Kondisi ini terjadi karena tidak ada gambaran tentang bagaimana pasangan yang harmonis di benak mereka. Bukan tidak mungkin, perempuan yang berada dalam kondisi ini justru akan terjebak dalam hubungan yang tidak sehat karena tidak berhasil menemukan pasangan yang suportif.

6. Terlalu sensitif

Tidak menutup kemungkinan anak perempuan yang kurang kasih sayang akan tumbuh menjadi sosok tidak stabil secara emosional. Artinya, mereka bisa menjadi orang yang terlalu sensitif ketika berinteraksi dengan orang lain. Belum lagi, kemungkinan untuk terlalu memikirkan segala hal atau overthinking.

7. Menjadi ibu yang tidak dekat dengan anaknya

Sayangnya, siklus ini bisa saja terus berulang bagaikan benang kusut. Ketika anak perempuan ini sudah menikah dan akhirnya memiliki keturunan, mengemban peran ibu menjadi hal yang tidak mudah.Bayangan ibu di benaknya adalah sosok yang tidak memberikan kasih sayang, sehingga sangat mungkin ini pula yang akan dilakukannya kepada anaknya sendiri. Bayangan ini bisa terus ada hingga nanti.

Catatan dari SehatQ

Kondisi di atas menggambarkan dampak anak perempuan kurang kasih sayang ibu karena jiwanya terluka. Artinya, sang ibu ada namun tidak memberikan kasih sayang sebagaimana mestinya. Konteks yang dibicarakan di sini bukanlah anak yang tidak mendapat kasih sayang ibu karena sudah meninggal dunia atau hal lainnya yang tidak disengaja.Namun, benang kusut di atas bukannya mustahil terurai. Selalu ada kemungkinan membenahinya dengan cara berdamai dengan diri sendiri. Validasi emosi yang dirasakan hingga memaafkan yang telah terjadi bisa menjadi jalan untuk terlahir kembali tanpa bayang-bayang masa silam.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang kapan hal ini sudah sangat mengganggu bagi kesehatan mental seseorang, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
tips parentinghidup sehatgaya parenting
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/tech-support/201304/7-common-wounds-daughters-unloving-mothers
Diakses pada 23 Februari 2021
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-uninvolved-parenting-2794958
Diakses pada 23 Februari 2021
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/tech-support/201810/7-things-someone-who-grew-unloved-needs-adult
Diakses pada 23 Februari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait