Penting! Inilah Daftar Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Beli

(0)
16 Jul 2019|Dina Rahmawati
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Berbagai perlengkapan bayi perlu dipersiapkan menjelang persalinan, seperti pakaian dan popokSalah satu perlengkapan bayi yang wajib dipersiapkan adalah pakaian
Saat waktu persalinan semakin dekat, tentu Anda akan mulai berbelanja berbagai perlengkapan bayi. Namun, banyaknya perlengkapan bayi yang tersedia kadang membuat Anda bingung untuk menentukan apa yang harus diprioritaskan untuk dibeli. Padahal tidak semua perlengkapan itu penting. Apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang wajib dibeli?

Daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dipersiapkan

Sebelum berbelanja keperluan bayi, sebaiknya Anda membuat daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli sebelum melahirkan. Tujuannya agar Anda tidak bingung ataupun kewalahan karena banyaknya barang yang tersedia.Berikut beberapa perlengkapan bayi perempuan maupun laki-laki yang harus ada dalam daftar belanja Anda:

1. Baju bayi

Belilah baju bayi yang kira-kira pas dengan ukuran bayi pada umumnya. Namun, jangan terlalu banyak membelinya karena bayi bisa tumbuh dengan cepat. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda juga membeli beberapa pakaian yang ukurannya lebih besar.Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dalam memilih baju bayi kenyamanan haruslah diutamakan. Pilihlah pakaian dengan bahan yang lembut, menyerap air, tidak kaku, tidak membatasi gerak, dan mudah dipakai. Tidak dianjurkan untuk membedong bayi dan menggunakan gurita karena dapat membatasi ruang gerak dan pernapasan.Selain itu, hindari pakaian bayi yang memiliki tali menggantung di sekitar leher karena bisa berisiko membuat leher terlilit. Gunakan pula deterjen yang lembut ketika mencuci pakaian bayi untuk menghindari terjadinya iritasi.Sebaiknya Anda membeli baju bayi yang terdiri dari jumpsuits berlengan panjang atau pendek sebanyak 7-10 buah, baju panjang atau pendek sebanyak 5-7 buah, celana panjang atau pendek sebanyak 5-7 buah dan sweater sebanyak 3-5 buah.

2. Popok

Bayi yang baru lahir akan lebih sering mengompol sehingga popok sangatlah diperlukan. Bayi yang baru lahir bisa menghabiskan 10-12 popok setiap harinya. Anda bisa membeli popok kain ataupun popok sekali pakai yang banyak tersedia di toko.Selain itu, beli juga tisu tak beraroma untuk membersihkan kemaluan dan bokong bayi setiap kali mengganti popok jika Anda tidak akan mengelapnya dengan kain lap hangat. Krim pelembap untuk bokong maupun sekitar kemaluan bayi juga diperlukan, agar menghindari iritasi pada kulit bayi akibat popok. Tas perlengkapan popok juga mungkin diperlukan apalagi ketika berpergian sehingga Anda tidak perlu repot membawanya.

3. Perlengkapan mandi

Anda memerlukan beberapa perlengkapan untuk memandikan bayi Anda nantinya, seperti bak mandi, kain lap, handuk, sabun, sampo, dan gelas plastik untuk membilasnya karena jika memakai gayung dikhawatirkan akan terguyur terlalu banyak. Selain itu, minyak telon juga diperlukan setelah mandi agar tubuh bayi Anda tetap hangat.

4. Perlengkapan tidur

Tempat tidur bayi diperlukan agar si Kecil bisa lebih leluasa karena memiliki tempat tidurnya sendiri. Apalagi jika di atas tempat tidur  bayi terdapat hiasan bergerak yang bisa menghibur mereka. Selain itu, Anda juga harus mempersiapkan kasur, bantal, guling dan selimut bayi yang berbahan lembut agar bayi merasa nyaman dan bisa tidur dengan nyenyak.Jika diperlukan, lengkapi juga tempat tidur bayi dengan kelambu agar si Kecil terlindungi dari gigitan nyamuk. Pilihlah kelambu dengan bingkai kuat agar tidak mudah roboh.

5. Perlengkapan ASI

Khusus perlengkapan ASI, perlengkapan yang wajib untuk Anda beli adalah pompa ASI. Terdapat banyak jenis pompa ASI yang tersedia di pasaran, mulai dari yang elektrik hingga manual, yang bisa Anda pilih. Pompa ASI akan memudahkan Anda untuk memerah dan tetap memberikan ASI pada bayi, meski Anda sedang tidak bersama mereka.Jika Anda menyusui, maka Anda akan membutuhkan bra menyusui untuk memudahkan pemberian ASI pada bayi di mana pun. Botol dan dot yang telah disterilisasi juga perlu dibeli agar ASI hasil pumping dapat diberikan.Sebagai pelengkap, Anda bisa membeli sterilizer untuk menyimpan botol dan dot agar tetap steril, serta penghangat ASI agar ASI bisa diberikan dalam suhu yang tepat. Anda juga memerlukan kain untuk air liur atau muntahan bayi ketika menyusu.

6. Sarung tangan dan kaos kaki bayi

Bayi baru lahir akan memiliki kulit yang sensitif dan perlu menyesuaikan suhu. Sarung tangan dan kaos kaki bayi akan membuat si Kecil tetap hangat dan bisa melindungi kulit bayi tercakar oleh kukunya.Namun, jangan gunakan sarung tangan dan kaos kaki sepanjang hari, karena bisa menghambat belajar indra peraba pada bayi. Siapkan kebutuhan bayi baru lahir berupa sarung tangan sebanyak 2 buah, kaos kaki bayi 5-7 buah, dan kupluk bayi sebanyak 2 buah.

7. Perlengkapan lain

Jika Anda sering beraktivitas atau bepergian dengan membawa bayi Anda, maka baby carrier atau stroller (kereta bayi) sangat diperlukan untuk memudahkan mobilitas Anda. Oleh sebab itu, jika Anda punya budget lebih, usahakan untuk membeli stroller dan baby carrier

Perlengkapan bayi baru lahir lainnya yang mungkin dibutuhkan

Playmat membantu melatih saraf motorik dan sensoris bayi
Selain daftar di atas, perlengkapan berikut juga memiliki manfaat bagi bayi meski tidak diwajibkan dan tidak mendesak keperluannya.

1. Playmat

Playmat berfungsi untuk membantu bayi melatih saraf motorik dan sensoris mereka. Dengan ruangan yang cukup luas dalam playmat dan permukaan yang empuk, bayi bisa melatih otot-ototnya tanpa takut celaka.

2. Bouncer

Bouncer berguna untuk membantu menimang bayi ketika Anda lelah menggendongnya. Perlengkapan ini juga akan membantu ketika Anda sibuk mengerjakan aktivitas lain, seperti memasak, mencuci baju, atau aktivitas lainnya yang cukup mendesak, sehingga Anda tidak perlu melakukan aktivitas tersebut sambil menggendong bayi.

3. Botol susu dan perlengkapan steril

Untuk bayi yang mengonsumsi susu formula atau ASI dalam botol, perlengkapan botol susu dan alat steril jadi daftar keperluan bayi baru lahir yang harus disiapkan. Pilihlah botol susu yang bebas bahan kimia dengan standar BPA free. Lengkapi juga peralatan steril botol susu dengan sikat kecil, spons, hingga cairan pembersih botol susu yang aman. Sebagai orangtua, tentu Anda ingin memenuhi segala kebutuhan bayi Anda. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan keuangan. Jangan sampai Anda memboros-boroskan uang untuk membeli berbagai perlengkapan bayi yang sebenarnya tidak perlukan. Untuk itu, temukan berbagai perlengkapan bayi dan ibu dengan harga terbaik di .
merawat bayiperlengkapan bayi
WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/baby-prep-17/baby-products
Diakses pada Juli 2019
Baby Center. https://www.babycenter.com/0_baby-products-must-haves-for-the-first-year_59.bc
Diakses pada Juli 2019
Baby Center. https://www.babycentre.co.uk/a559809/buying-for-baby-what-you-really-need
Diakses pada Juli 2019
IDAI. https://www.idai.or.id/artikel/klinik/pengasuhan-anak/perawatan-bayi-baru-lahir Diakses pada 9 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait