Ternyata, Ada Pantangan Buah untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus berhati-hati jika ingin mengonsumsi pisang, karena kadar karbohidratnya tinggi
Pisang merupakan buah tinggi karbohidrat, yang harus diwaspadai penderita diabetes.

Tidak hanya nasi putih atau kue, beberapa jenis buah juga ternyata tidak disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pantangan buah untuk penderita diabetes ini muncul, karena tingginya kandungan gula yang terdapat di dalamnya.

Buah memang mengandung banyak vitamin, mineral serta serat yang baik untuk tubuh. Sehingga, jika tidak dikonsumsi secara berlebihan, buah-buahan merupakan alternatif yang sehat, sebagai pengganti rasa manis pada makanan maupun minuman.

[[artikel-terkait]]

Perhatikan pantangan buah untuk penderita diabetes ini

Masalah mulai timbul, ketika konsumsi buah telah melebihi rekomendasi asupan harian. Sehingga, penderita diabetes, perlu lebih bijak jika ingin menambahkan buah ke dalam menu harian.

Beberapa jenis buah mengandung lebih banyak gula, dibandingkan dengan jenis lainnya. Sehingga, para penderita diabetes sebaiknya membatasi konsumsi buah. Namun perlu diingat, pantangan bukan berarti Anda tidak boleh sama sekali mengonsumsi buah. Anda hanya perlu membatasinya.

1. Pisang

Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Karbohidrat telah lama diketahui sebagai jenis asupan yang memang harus dibatasi, bagi penderita diabetes.

2. Anggur

Ukurannya yang kecil, membuat anggur kerap dikonsumsi dalam jumlah banyak. Padahal, dalam satu buah anggur berukuran kecil saja, sudah terkandung 1 gram karbohidrat.

Bayangkan jika tanpa disadari, Anda sudah mengonsumsi anggur hingga 20 buah sambil menonton televisi, misalnya. Karbohidrat yang Anda konsumsi sudah mencapai 20 gram. Padahal, rekomendasi kadar karbohidrat dalam satu porsi buah yang Anda konsumsi hanya 15 gram atau tidak lebih dari 15 biji anggur.

3. Mangga

Mangga memang jadi salah satu buah manis favorit banyak orang. Maka tidak heran, jika Anda bisa menghabiskan satu buah mangga seorang diri. Sayangnya, buah berwarna kekuningan ini mengandung karbohidrat dan gula yang cukup tinggi.

Dalam satu buah mangga, terkandung karbohidrat sebanyak kurang lebih 30 gram. Sementara itu, kandungan gulanya mencapai sekitar 26 gram.

4. Nanas

Tidak banyak yang tahu, nanas sebenarnya termasuk salah satu makanan dengan kadar glukosa yang tinggi. Oleh karena itu, nanas juga masuk sebagai salah satu pantangan buah untuk penderita diabetes.

5. Ceri

Sama seperti anggur, dalam satu buah ceri juga terkandung satu gram karbohidrat. Jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, maka kadar gula di dalam darah dapat meningkat. Jadi, Anda perlu lebih berhati-hati.

Pantangan buah untuk penderita diabetes juga termasuk bentuk olahannya

Selain buah segar, olahan buah seperti jus dan buah kering, juga sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Bahkan pada jus buah, meski tidak ditambahkan gula, efeknya terhadap kenaikan kadar gula darah, tetaplah besar.

Sebagai contoh, 250 ml jus apel tanpa tambahan gula, dan 250 ml soda, sama-sama mengandung gula, sebanyak kurang lebih 24 gram. Lebih banyak lagi, sekitar 250 ml jus anggur mengandung gula sebanyak 32 gram.

Sementara itu, jus buah dengan tambahan gula, sama seperti minuman manis lainnya, juga mengandung fruktosa dalam jumlah banyak. Fruktosa adalah jenis gula yang dapat membuat Anda obesitas, dan terkena penyakit jantung.

Buah kering juga sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes. Pasalnya, proses pengeringan yang telah dilalui, akan membuat kandungan nutrisi di dalam buah tersebut akan semakin terkonsentrasi, sehingga jumlahnya pun akan semakin tinggi. Hal ini berlaku juga untuk kandungan gulanya.

Mengalami diabetes memang mau tidak mau membuat Anda harus benar-benar mengatur pola makan. Setelah mengenali berbagai pantangan buah untuk penderita diabetes di atas, tentu Anda akan lebih berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Artikel Terkait

Banner Telemed