Daftar Obat Jamur Kuku Paling Ampuh Dari Bahan Alami Hingga Resep Dokter

Salah satu obat jamur kuku alami yang bisa Anda coba di rumah adalah tea tree oil
Tea tree oil mengandung bahan antijamur dan antiseptik untuk mengobati infeksi jamur kuku

Infeksi jamur kuku atau dikenal dengan onychomycosis, adalah salah satu jenis infeksi yang paling umum dialami oleh orang dewasa. Gejala infeksi jamur kuku yang mudah dilihat, yaitu kuku berwarna putih, cokelat, atau kuning, sehingga menyebabkan kuku menebal dan jadi mudah patah.  

Meski tidak menimbulkan keluhan, keberadaan infeksi jamur kuku tentu terasa tidak nyaman dan tidak enak dipandang mata. Maka dari itu, penting untuk mengobatinya dengan obat jamur kuku yang tepat. 

Pilihan obat jamur kuku alami yang bisa dicoba di rumah

Selain pemberian obat dari dokter, infeksi jamur kuku bisa ditangani dengan obat jamur kuku dari bahan-bahan alami. 

Penggunaan bahan-bahan alami mungkin lebih efektif mengobati jamur kuku daripada obat resep dokter. Sebab, obat jamur kuku dari dokter biasanya dapat menimbulkan sejumlah efek samping, seperti sakit perut, pusing, dan masalah kulit yang parah. 

Nah, Anda dapat mengandalkan pilihan obat jamur kuku alami yang mungkin sudah tersedia di rumah. Namun perlu diingat, selalu konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat jamur kuku dari bahan alami guna menghindari efek samping yang mungkin terjadi. 

1. Tea tree oil

Salah satu obat jamur kuku alami yang bisa Anda coba di rumah adalah tea tree oil. Salah satu jenis minyak esensial ini memang seringkali digunakan untuk menangani masalah kulit. 

Menurut National Center of Complementary and Integrative Health, sejumlah hasil studi klinis menyebutkan bahwa tea tree oil mengandung bahan antijamur dan antiseptik yang diyakini efektif dalam mengobati infeksi jamur kuku. 

Cara menggunakannya adalah basahi kapas dengan beberapa tetes tea tree oil, lalu oleskan ke bagian kuku yang mengalami infeksi.

Diamkan selama 10 menit agar kandungan tea tree oil menyerap dengan baik ke dalam kuku dan kulit, selanjutnya bilas dengan air hingga bersih. Tetapi ingat, pastikan area kuku yang terinfeksi sudah dibersihkan dan dikeringkan sebelumnya, ya.

Lakukan cara mengobati jamur kuku dengan tea tree oil sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

2. Bawang putih

Salah satu obat jamur kuku alami adalah bawang putih
Bawang putih mengandung senyawa yang dapat mengobati masalah jamur kuku

Bawang putih juga umum digunakan untuk mengatasi masalah kulit, termasuk infeksi jamur kuku. Hal ini berkat kandungan antijamur dan antimikroba yang berasal dari senyawa allicin dan ajoene. Kedua senyawa tersebut diyakini dapat mengobati masalah jamur kuku.

Cara menggunakan obat jamur kuku alami dengan bawang putih adalah campurkan beberapa siung bawang putih yang sudah dicincang dengan cuka secukupnya dalam sebuah wadah kecil.

Selanjutnya, oleskan racikan tersebut pada bagian kuku yang terinfeksi menggunakan kapas bersih. Kemudian, tutup bagian kuku menggunakan perban, diamkan selama beberapa jam. 

Selain itu, Anda bisa mencincang beberapa siung bawang putih, lalu letakkan pada bagian kuku yang terinfeksi jamur selama 30 menit sehari. Walaupun aromanya cukup menyengat, tetapi langkah ini bisa mengobati infeksi jamur kuku yang Anda alami. 

3. Minyak zaitun

Ekstrak daun zaitun disebut-sebut mengandung bahan antijamur dan antimikroba yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan bahan aktif tersebut dikenal dengan nama oleuropein.

Anda bisa menggunakan obat jamur kuku alami ini dalam bentuk minyak ataupun salep. Pasalnya, keduanya sama-sama dapat membantu mengatasi infeksi jamur kuku yang Anda alami.

Anda dapat mengoleskan minyak zaitun atau salep yang mengandung ekstrak daun zaitun langsung ke bagian kuku yang terinfeksi, kemudian tunggu selama beberapa saat. Jika sudah, bilas area kuku yang terinfeksi dengan air hingga bersih. 

Tak hanya itu, Anda bisa mengonsumsi ekstrak daun zaitun dalam bentuk kapsul. Salah satu hasil riset mengemukakan bahwa mengonsumsi 1-3 kapsul ekstrak daun zaitun bisa mempercepat penyembuhan infeksi jamur kuku. Menarik, bukan?

4. Baking soda

Obat jamur kuku alami berikutnya adalah baking soda
Campurkan baking soda dan air secukupnya sebagai obat jamur kuku alami

Obat jamur kuku alami berikutnya adalah baking soda. Baking soda dapat membantu mengurangi kelembapan pada jari-jari kaki sekaligus menetralisir bau kaki yang disebabkan oleh jamur. 

Cara menggunakan baking soda sebagai obat jamur kuku alami adalah campurkan baking soda dan air secukupnya, lalu aduk merata hingga teksturnya menjadi pasta. Oleskan pasta baking soda ke bagian kuku jari yang terinfeksi. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. 

Anda juga bisa merendamkan kaki ke dalam baskom berisi campuran air dan baking soda selama beberapa saat. Cara ini juga dianggap ampuh dalam mengobati infeksi jamur kuku. 

5. Cuka

Obat jamur kuku alami yang mudah didapatkan adalah cuka. Cuka bisa membantu menyeimbangkan pH kulit, mencegah penyebaran jamur agar tidak menginfeksi bagian kuku lainnya, dan melawan bakteri dan jamur penyebab terjadinya infeksi. 

Cara menggunakan cuka sebagai obat jamur kuku alami sangat mudah. 

Anda bisa menggunakan cuka bening atau cuka apel, pilih salah satu. Lalu, masukkan ke dalam baskom berisi air hangat dengan perbandingan 1:2. Rendam kaki Anda selama 20-30 menit setiap hari. Jika sudah, bilas dengan air hingga bersih dan keringkan menggunakan handuk.

6. Obat kumur

Obat kumur biasanya digunakan untuk membunuh bakteri dan kuman yang terdapat di mulut, tetapi cairan ini juga dipercaya dapat mengobati infeksi jamur kuku. Bagaimana bisa?

Obat kumur mengandung bahan-bahan alami, seperti mentol, timor, dan eucalyptus yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Jadi, tidak heran kalau obat kumur juga bisa digunakan untuk mengatasi jamur kuku. 

Caranya, cukup siapkan baskom berisi campuran air dan obat kumur. Rendam kaki pada larutan tersebut selama 30 menit sambil menggosokkan area kuku yang terinfeksi secara lembut. Lakukan langkah ini dua kali sehari agar hasilnya maksimal. 

7. Tepung jagung

Obat jamur kuku alami satu ini pada dasarnya mengandung jamur. Tetapi tak perlu khawatir karena jamur tersebut tidak membahayakan, justru dapat membantu melawan infeksi jamur kuku yang Anda alami. 

Untuk menggunakan obat jamur kuku alami dari tepung jagung, cukup campurkan 2 liter air dan 1 gelas tepung jagung dalam sebuah baskom besar. Diamkan campuran tersebut selama 1 jam terlebih dahulu. Kemudian, rendam kaki Anda selama 30 menit atau bisa pula lebih. 

8. Minyak oregano

Oregano memang lebih dikenal sebagai bahan penyedap rasa pada makanan. Namun, ternyata oregano juga dapat disuling menjadi minyak esensial yang memberikan manfaat sebagai obat jamur kuku alami. 

Minyak oregano mengandung thymol, yakni senyawa yang memiliki sifat antijamur. Sebuah hasil penelitian yang dipublikasikan dalam BMC Complementary & Alternative Medicine menunjukkan bahwa kandungan thymol dapat meredakan infeksi jamur kuku hingga 90 persen. 

Anda dapat mengoleskan minyak oregano pada area kuku yang terinfeksi menggunakan kapas secara rutin untuk mengobati infeksi jamur kuku.

9. Minyak lavender

Minyak lavender merupakan salah satu obat jamur kuku alami
Minyak lavender mempunyai kandungan antiseptik untuk mengobati infeksi jamur kuku

Obat jamur kuku alami lainnya adalah minyak lavender. Minyak lavender memiliki kandungan antiseptik yang dapat mencegah iritasi kulit hingga mengobati infeksi jamur kuku. 

Cara menggunakannya, Anda bisa basahi kapas dengan minyak lavender, lalu tempelkan pada bagian kuku yang terinfeksi selama 10-20 menit. Kemudian, bilas hingga bersih menggunakan air dan keringkan dengan handuk. 

Ulangi cara ini beberapa kali sehari agar infeksi jamur kuku yang Anda alami dapat pulih. 

Obat jamur kuku yang didapat dari resep dokter

Ada beberapa obat jamur kuku yang bisa Anda dapat dari dokter. Biasanya dokter akan meresepkan obat antijamur yang bisa diminum atau dioleskan pada area kuku yang terinfeksi. Pada beberapa kasus tertentu, kedua metode pengobatan tersebut mungkin pula dilakukan.

Berbagai jenis obat jamur kuku yang umum diresepkan oleh dokter, yaitu:

1. Obat jamur kuku minum

Salah satu obat jamur kuku ini paling umum diresepkan oleh dokter karena dapat membersihkan bakteri penyebab infeksi lebih cepat dibandingkan obat oles (topikal). 

Obat antijamur minum yang diberikan dokter, antara lain terbinafine dan itraconazole. Kedua jenis obat tersebut dapat memperlambat pertumbuhan infeksi sekaligus membantu kuku baru untuk tumbuh dan tidak terinfeksi.

Biasanya Anda akan mengonsumsi obat antijamur minum selama 6-12 minggu. Namun, hasil pengobatan baru dapat diamati ketika kuku sudah kembali tumbuh sehingga lama pengobatan bisa mencapai 4 bulan.

Obat antijamur minum dapat menyebabkan efek samping pada fungsi hati. Bagi beberapa orang yang memiliki riwayat penyakit hati atau gangguan gagal hati tidak disarankan mengonsumsi obat ini. 

2. Cat kuku yang mengandung obat

Dokter Anda mungkin akan meresepkan cat kuku yang mengandung obat jamur bernama ciclopirox. 

Cat kuku dapat dioleskan pada kuku dan kulit di sekitarnya setiap sehari sekali. Setelah 7 hari, cat kuku dihapus kemudian dioleskan cat kuku yang baru. Pengobatan ini terus diulang hingga kira-kira 1 tahun lamanya. 

3. Obat jamur kuku oles (topikal)

Penggunaan krim antijamur cukup dioleskan pada kuku seperti halnya obat oles atau salep pada umumnya. 

Tergantung pada kondisinya, dokter mungkin menyarankan untuk mencabut kuku yang terinfeksi agar obat antijamur dapat dioleskan langsung ke area bawah kuku. 

Perlu diingat bahwa pengobatan jamur kuku memakan waktu yang cukup lama. Jika obat jamur kuku alami dan resep dokter tidak kunjung berhasil mengobati infeksi jamur kuku yang Anda alami, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan secara saksama.

Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-toenail-fungus

Diakses pada 1 Mei 2020

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nail-fungus/diagnosis-treatment/drc-20353300

Diakses pada 1 Mei 2020

Prevention. https://www.prevention.com/health/a20508670/6-natural-ways-to-deal-with-nail-fungus/

Diakses pada 1 Mei 2020

Readers Digest. https://www.rd.com/health/conditions/home-remedies-foot-fungus/

Diakses pada 1 Mei 2020

Natural Therapy Fungal Nail Disease. http://www.thepharmajournal.com/archives/2012/vol1issue4/PartA/9.pdf

Diakses pada 1 Mei 2020

BMC Complementary & Alternative Medicine.  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4659158/

Diakses pada 1 Mei 2020

Artikel Terkait