Pilihan Obat Gatal Kulit, dari yang Alami Sampai Obat Dokter

(49)
20 Dec 2019|Arif Putra
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Obat gatal kulit dapat beragam, mulai dari es batu, cuka apel, hingga obat-obat dokterWalau sulit, Anda disarankan untuk tidak menggaruk kulit yang terasa gatal karena dapat memperparah kondisi tersebut
Kulit yang terasa gatal bukanlah yang menyenangkan, karena Anda mungkin ingin terus menggaruk-garuk dan tentu mengganggu hari. Kalau sudah begini, obat gatal kulit pun harus segera dicari.
Kulit gatal atau pruritus, dapat disebabkan oleh beragam hal. Misalnya, karena menyentuh jenis tanaman tertentu, digigit serangga seperti nyamuk, alergi, hingga gangguan kulit seperti psoriasis. Kulit yang tengah memulih akibat luka bakar atau luka sayat juga bisa terasa gatal.

Pilihan obat gatal kulit, dari bahan alami dan obat dokter

Beberapa bahan yang sudah ada di sudut rumah bisa menjadi obat gatal kulit. Begitu juga dengan obat medis. Apa saja pilihannya?

1. Es batu

Sensasi dingin dari kompres es batu dapat mengurangi peradangan, yang terkadang dapat memicu gatal di kulit. Para ahli dari American Academy of Dermatology menyebutkan, kompres es batu dapat menjadi obat kulit gatal. \Anda bisa menempelkan kompres es batu tersebut, atau es batu yang dibalut dalam handuk kecil, selama 5-10 menit.

2. Krim pelembap

Krim pelembap membantu kulit senantiasa terhidrasi dan mengurangi kekeringan kulit. Dengan manfaat tersebut, krim pelembap dapat menjadi obat kulit gatal yang bisa langsung Anda ambil dari meja rias.Agar makin optimal, krim pelembap bisa Anda masukkan ke dalam lemari pendingin. Begitu gatal kembali datang, oleskan krim yang sudah dingin tersebut ke area yang gatal. Khasiat ini sama dengan kemampuan es batu karena memberikan sensasi dingin untuk mengatasi kulit gatal.Pilihlah pelembap dengan kandungan minyak yang tinggi. Anda juga lebih disarankan untuk mengoleskannya setelah mandi saat kulit masih lembap.

3. Cuka apel

Cuka apel mengandung asam asetat, yang telah digunakan sejak dulu sebagai antiseptik alami. Menurut National Psoriasis Foundation, cuka apel dapat dioleskan untuk mengatasi gatal pada kulit kepala.Anda bisa mencampurkan cuka apel dengan air dengan perbandingan 1:1. Oleskan larutan tersebut di kulit kepala dan lalu tunggu hingga kering. Terakhir, bilas rambut menggunakan air hangat.Namun penting untuk diingat, orang dengan kulit pecah-pecah dan berdarah tidak bisa menggunakan obat gatal kulit alami ini karena dapat menyebabkan sensasi seperti rasa terbakar.

4. Soda kue

Soda kue atau baking soda memiliki sifat antijamur. Dengan sifatnya tersebut, soda kue dapat menjadi pilihan obat kulit yang gatal, jika gatal disebabkan oleh infeksi jamur pada kulit.Untuk menggunakannya, Anda bisa mencampurkan sekitar sedikit baking soda ke sedikit air dan membentuk pasta. Pasta soda kue tersebut bisa dioleskan langsung ke kulit yang gatal.

5. Air dan gel daun mint

Daun mint juga memberikan sensasi dingin pada kulit yang gatal, sehingga bisa dioleskan untuk mengatasi masalah ini. Namun jangan berlebihan dalam menggunakannya, karena gel tumbuhan dapat menimbulkan iritasi. Anda juga harus melarutkan gel daun tersebut ke dalam sedikit air.Selain daun mint, campuran air dan gel lidah buaya juga bisa dioleskan sebagai obat gatal kulit.

6. Obat-obatan antihistamin

Selain obat alami di atas, obat medis seperti antihistamin umum digunakan untuk mengatasi kulit yang gatal karena alergi. Obat-obatan antihistamin oral sebaiknya dikonsumsi sebelum tidur, karena kebanyakan obat ini dapat menimbulkan rasa kantuk. Ikuti anjuran dokter sebelum mengonsumsinya.Beberapa obat antihistamin yang umum digunakan untuk mengatasi gatal akibat alergi yaitu cetirizine dan loratadine.

7. Hidrokortison

Selain obat-obatan antihistamin, krim dan salep hidrokortison juga umum digunakan untuk mengatasi gatal. Obat ini dapat menghambat respons peradangan di tubuh dan menenangkan kulit.

Yang harus dihindari saat kulit gatal

Beberapa bahan dan kebiasaan tertentu harus dihindari, agar kulit gatal tak semakin parah. Berikut ini yang harus Anda perhatikan:
  • Air panas
  • Produk perawatan kulit yang terlalu banyak mengandung parfum
  • Kain berbahan wol dan serat sintetis
  • Stres
  • Kebiasaan menggaruk

Catatan dari SehatQ

Kulit gatal umumnya dapat diatasi dengan obat alami dan medis di atas. Jika tidak kunjung hilang dengan obat gatal kulit alami, Anda disarankan untuk menemui dokter jika gatal terus berlangsung lebih dari tiga hari.
gatalkesehatan kulitmasalah kulit
Healthline. https://www.healthline.com/health/allergies/antihistamine-brands
Diakses pada 20 Desember 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/outdoor-health/best-remedies-for-itching
Diakses pada 20 Desember 2019
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323491.php
Diakses pada 20 Desember 2019
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait

Freckles: Penyakit Kulit yang Menjadi Tren Makeup

Freckles merupakan bentuk terkecil berwarna kecokelatan yang muncul di area wajah bahlan lengan, penyakit kulit yang sempat menjadi tren makeup. Salah satu cara mencegah freckles muncul adalah menggunakan tabir surya.
20 Feb 2019|Maria Yuniar
Baca selengkapnya
Freckles: Penyakit Kulit yang Menjadi Tren Makeup

Hilangkan Jerawat Hingga Keriput, Ini Manfaat Es Batu untuk Wajah yang Layak Dicoba

Manfaat es batu untuk wajah antara lain adalah untuk bantu hilangkan jerawat, keriput, bengkak, memar, hingga rasa terbakar akibat paparan sinar matahari. Es batu yang digunakan bisa terbuat dari air, teh hijau, atau lidah buaya.
01 Agu 2020|Nina Hertiwi Putri
Baca selengkapnya
Hilangkan Jerawat Hingga Keriput, Ini Manfaat Es Batu untuk Wajah yang Layak Dicoba

Cara Awet Muda Alami yang Wajib Anda Ketahui

Selain pil, tonik, dan berbagai perawatan di klinik kecantikan, ada langkah-langkah alami yang bisa Anda coba untuk tetap awet muda. Mulai dari mengonsumsi buah beri, hingga menjalankan meditasi, yang tak membutuhkan tindakan medis.
20 Feb 2019|Maria Yuniar
Baca selengkapnya
Cara Awet Muda Alami yang Wajib Anda Ketahui