Daftar Makanan yang Dilarang Saat Haid Agar PMS Tidak Makin Parah

Konsumsi makanan yang dilarang saat haid dapat membantu dalam mengurangi gejala PMS
Kram perut bisa saja dikurangi dengan beberapa jenis makanan yang dilarang saat haid

Banyak perempuan pernah merasakan keinginan besar untuk mengonsumsi makanan tertentu atau peningkatan nafsu makan secara umum menjelang periode menstruasinya. Akibatnya, ia bisa makan atau mengemil berlebihan.

Secara umum, makan apa saja tidak dilarang. Tapi ada jenis-jenis makanan yang dilarang saat haid supaya gejala PMS dan keluhan menstruasi tidak bertambah parah. 

Jenis makanan yang dilarang saat haid

Tidak sedikit kaum hawa yang mengalami keluhan-keluhan dan ketidaknyamanan menjelang dan selama datang bulan. Keluhan ini bisa berupa kram, pegal-pegal, lesu, sakit kepala, dan ketidaknyamanan secara umum.

Beberapa jenis makanan dikatakan dapat meredakan keluhan tersebut. Sementara sebagian makanan lainnya dapat memperparah keluhan PMS.

Untuk lebih jelasnya, mari simak minuman dan makanan yang dilarang saat haid karena dapat memperparah keluhan-keluhan selama kedatangan tamu bulanan ini: 

  • Garam

Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan garam dapat menyebabkan retensi atau penumpukan air. Akibatnya, perut akan terasa kembung. Inilah kenapa garam berlebih termasuk makanan yang dilarang saat haid.

Karena itu, hindari menambah garam pada hidangan. Demikian pula dengan konsumsi makanan olahan yang tinggi garam. 

  • Gula

Tidak mengapa bila ingin mengonsumsi makanan-makanan manis selama jumlahnya dibatasi. Pasalnya, terlalu banyak mengonsumsi gula akan menyebabkan peningkatan energi secara mendadak, yang diikuti penurunan energi secara mendadak pula.

Kalau Anda mengalami keluhan perubahan suasana hati yang cepat atau moody ketika haid, konsumsilah makanan manis dalam jumlah sedikit saja supaya mood tetap terjaga. 

  • Kopi

Selain menyebabkan retensi air dan kembung, kafein dalam kopi juga bisa memperparah sakit kepala. Akan tetapi, menghentikan asupan kafein yang telah dilakukan secara rutin juga akan menyebabkan sakit kepala. Serba salah, bukan?

Sebagai solusi bagi Anda yang sudah terbiasa minum beberapa cangkir kopi per hari, kurangi saja jumlahnya tanpa menghentikan konsumsi secara total. 

Bila diare termasuk keluhan yang sering timbul jelang menstruasi, mengurangi konsumsi kopi juga bisa meredakan keluhan tersebut. Pasalnya, kopi sebetulnya bisa memicu gangguan pencernaan. 

  • Alkohol

Alkohol menimbulkan sejumlah dampak negatif terhadap tubuh, yang dapat memperparah keluhan saat menstruasi. Alkohol bisa menyebabkan dehidrasi, sakit kepala, serta kembung dan gangguan pencernaan lain (seperti diare dan mual). 

  • Makanan pedas

Bagi yang tak terbiasa, konsumsi makanan pedas sering menyebabkan gejala sakit perut dan diare. Jika Anda termasuk orang yang tidak tahan melahap makanan pedas di luar periode menstruasi, Anda sebaiknya jangan mencoba makanan ini saat haid karena dikhawatirkan akan memperparah gejala kram perut dan sakit perut

  • Daging merah

Saat menstruasi, tubuh memproduksi hormon prostaglandin yang membuat rahim berkontraksi dan mengeluarkan darah haid. Tingginya kadar prostaglandin akan berefek pada munculnya kram perut.

Daging merah mengandung zat besi sekaligus prostaglandin. Oleh sebab itu, daging merah termasuk makanan yang dilarang saat haid karena bisa memperparah kram perut. 

Menyiasati nafsu makan bertambah atau keinginan ngemil jelang haid

Pada satu titik dalam hidupnya, 90% wanita setidaknya pernah merasakan sindrom pramenstruasi berupa keinginan besar untuk mengemil makanan tertentu atau peningkatan nafsu makan. Bahkan keduanya sudah dianggap sebagai satu-kesatuan dengan siklus haid

Beberapa penelitian menemukan bahwa perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron sebelum datang bulan, menimbulkan keinginan kuat untuk mengonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat atau gula. Kedua kandungan ini berdampak meredakan kelelahan dan suasana hati suram yang sering muncul menjelang menstruasi. 

Gula dan tepung membuat tubuh melepaskan serotonin. Zat kimiawi alami tubuh ini menimbulkan perasaan senang dan bahagia.

Makan atau ngemil menjelang haid juga akan membantu Anda dalam menjaga kadar gula darah, yang kemudian berpengaruh terhadap suasana hati. 

Mungkin puas rasanya ketika menuruti keinginan makan cokelat, pizza, dan karbohidrat sederhana lainnya (seperti permen, kue-kue, serta roti putih). Semua makanan ini membuat tubuh mengeluarkan serotonin sekaligus bisa menambah energi yang kerap tiba-tiba menurun akibat sindrom pramenstruasi

Padahal, efek dari karbohidrat sederhana tersebut juga bisa didapatkan dari konsumsi karbohidrat kompleks yang lebih sehat.

Karbohidrat kompleks bahkan mampu menimbulkan efek puas lebih lama serta menjaga gula darah lebih stabil. Dengan ini, kemungkinan terjadinya penurunan energi dan suasana hati secara mendadak pun bisa ditekan seminimal mungkin. 

Jenis makanan yang termasuk karbohidrat kompleks antara lain kacang-kacangan dan lentil, sayuran, biji-bijian utuh seperti nasi merah, dan oatmeal.

Sementara bila Anda didera keinginan untuk makan yang manis-manis, Anda bisa mengakalinya dengan konsumsi buah-buahan atau smoothies buah dicampur yogurt. Langkah ini tentu lebih menyehatkan, bukan? 

Makanan yang dilarang saat haid memang tidak semuanya harus serta-merta dihindari. Tak ada salahnya bila Anda memenuhi keinginan untuk mengonsumsinya, namun pastikan dalam jumlah terbatas. Misalnya, makan sepotong kue cokelat saja.

Jika sama sekali tidak terpenuhi, keinginan makan dan ngemil seringkali akan muncul semakin kuat. Anda mungkin saja tidak bisa menahannya dan akhirnya malah mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan.

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323317.php
Diakses pada 10 September 2019

Healthline. https://www.healthline.com/health/womens-health/what-to-eat-during-period#foods-to-avoid
Diakses pada 10 Septeber 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed