Daftar Makanan Sehat untuk Ibu Hamil Trimester Pertama, Plus yang Dilarang


Makanan untuk ibu hamil trimester pertama yang sehat dan bernutrisi selain sayur dan buah adalah kacang-kacangan, daging, dan telur. Sejak awal kehamilan, pola makan perlu dijaga agar bayi senantiasa sehat dalam kandungan.

0,0
13 Jun 2019|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertamaMulai dari kacang hingga daging, makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama sangatlah beragam
Selama ini, makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang sering disebut, umumnya berupa sayur dan buah. Keduanya memang penting,  namun bahan makanan lain seperti kacang-kacangan hingga susu, juga bisa memberikan manfaat yang tak kalah pentingnya untuk perkembangan janin.Pola makan yang tidak sehat pada ibu hamil dapat mengganggu pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Tidak hanya itu, kebiasaan buruk tersebut juga bisa meningkatkan risiko Anda terkena diabetes gestasional, serta komplikasi kehamilan dan persalinan.[[artikel-terkait]]

Daftar makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama

Agar bayi di dalam kandungan dapat tumbuh dengan sehat, diperlukan berbagai macam makanan bergizi ibu hamil trimester pertama yang tinggi nutrisi. Sejumlah nutrisi yang perlu ada pada makanan tersebut di antaranya adalah serat, karbohidrat, tinggi asam volat, protein dan zat besi.Berikut daftar makanan sehat ibu hamil trimester pertama yang bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh:
kombinasi salad

1. Sayur

Anda disarankan untuk mengonsumsi sayur sebanyak tiga hingga lima porsi per harinya. Untuk mendapatkan nutrisi terbaik, buatlah piring Anda berwarna dengan sayuran.Pilih sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, kangkung, atau bayam. Tambahan lainnya, sayuran oranye seperti wortel atau labu juga bisa Anda konsumsi. Warna kuning bisa Anda dapatkan dari jagung atau paprika, dan merah dari tomat.

2. Buah

Konsumsilah buah tiga hingga empat porsi per harinya. Lebih baik, pilih buah segar disertai satu jenis buah yang asam, seperti jeruk, karena kaya akan vitamin C.Anda juga disarankan untuk membatasi konsumsi jus buah. Paling banyak, minumlah satu gelas per hari. Sebab, jus mengandung lebih banyak kalori dibanding buah segar. Selain itu, kandungan serat dalam jus buah juga tidak sebanyak buah segar.Baca juga: Ragam Buah untuk Ibu Hamil yang Juga Baik untuk Janin

3. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, buncis, dan kacang polong, dapat membantu memenuhi kebutuhan serat, protein, zat besi, folat, hingga kalsium. Asupan folat sangatlah penting bagi trimester pertama kehamilan.

4. Daging

Daging merupakan sumber protein yang sangat baik bagi janin. Pilihlah daging yang mengandung sedikit lemak seperti ayam, ikan, dan daging sapi tanpa lemak, yang baik untuk tubuh Anda.
telur

5. Telur

Selain protein, telur juga mengandung vitamin A, folat, dan zat besi. Anda dapat mengonsumsi telur rebus dan menyimpannya hingga dua atau tiga hari di kulkas. Selain bergizi, makanan ini juga praktis untuk dibuat.

6. Produk susu

Tiga porsi produk susu per harinya dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan, agar tulang bayi kuat. Anda dapat mengonsumsi susu, lemak, dan yogurt rendah lemak, untuk mendapatkan manfaat ini.

7. Gandum utuh

Gandum utuh bisa Anda dapatkan dari sereal, roti gandum, biskuit, maupun pasta gandum. Gandum utuh baik untuk kesehatan pencernaan Anda selama kehamilan, sehingga mengurangi risiko terjadinya konstipasi dan hemoroid.

8. Kacang hijau

Kacang hijau untuk ibu hamil trimester pertama merupakan salah satu asupan sehat yang sebaiknya dipenuhi. Kandungan protein, kalsium, dan fosfor yang terdapat di dalam kacang hijau, berfungsi untuk melindungi janin dari kematian dalam kandungan serta melindungi janin dari serangan anemia.Baca juga: Mengenal Panduan Porsi Makan Ibu Hamil yang Sehat dan Tepat

Makanan untuk mengatasi keluhan kehamilan di trimester pertama

pisang
pisang bantu meredakan gejala diare saat hamil
Selama kehamilan, terutama pada trimester pertama, Anda mungkin akan mengalami gejala-gejala seperti morning sickness, konstipasi, dan diare. Hal ini bisa membuat nafsu makan menurun. Kemungkinan lainnya, makanan sehat yang telah dikonsumsi, tidak dapat terserap dengan baik oleh tubuh.Untuk mengatasinya, berikut rekomendasi makanan yang baik untuk ibu hamil trimester pertama guna mengatasi gejala kehamilan awal:Akan lebih baik lagi jika Anda makan makanan di atas dalam porsi kecil tapi lebih sering sepanjang hari. Kebiasaan ini dapat menghindari gejala mual dan heartburn saat hamil.Bagi ibu hamil yang sedang sembelit, mengonsumsi suplemen serat mungkin bisa membantu melancarkan BAB. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter, sebelum mengonsumsinya.

Makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama

Berikut adalah daftar makanan yang harus dihindari saat hamil trimester pertama:

1. Makanan mentah

Makanan mentah seperti telur setengah matang, ikan mentah, maupun daging yang tidak dimasak dengan matang sebaiknya dihindari saat hamil.Sejumlah makanan tersebut bisa saja terkontaminasi bakteri penyebab listeriosis atau toksoplasmosis seperti salmonellaJika makanan yang mengandung bakteri jahat dikonsumi ibu hamil, maka dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir cacat hingga kematian. 

2. Ikan tinggi merkuri

Beberapa jenis ikan dengan kandungan merkuri tinggi termasuk makanan yang dilarang untuk ibu hamil trimester pertama. Pasalnya, kontaminasi merkuri yang berlebihan dapat membahayakan perkembangan janin. Sejumlah ikan tinggi merkuri yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat hamil adalah hiu, makarel, pari, ikan tondak, barramudi, hingga tuna sirip hiu.

3. Makanan cepat saji

Konsumsi makanan cepat saji saat hamil sebaiknya dihindari karena tidak mengandung nutrisi yang diperlukan janin. Fast food juga umumnya tinggi kalori, gula, dan lemak trans.Terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji dapat membuat ibu hamil mengalami kenaikan berat badan berlebih. Kondisi ini dapat menyebabkan ibu hamil terkena penyakit diabetes gestasional, hingga komplikasi kehamilan lainnya yang berbahaya untuk janin.Coba juga untuk membatasi konsumsi kafeina dan menghindari makanan pedas maupun asam selama hamil muda.

Jika Anda ingin berkonsultasi secara langsung pada dokter terkait makanan sehat ibu hamil trimester pertama, Anda bisa chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ.
Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
menjaga kehamilannutrisi ibu hamiltrimester pertama kehamilan
Parents. https://www.parents.com/pregnancy/stages/1st-trimester-health/your-first-trimester-diet/
Diakses pada 20 Mei 2019
Baby Centre. https://www.babycentre.co.uk/l25007445/healthy-foods-for-your-first-trimester-photos
Diakses pada 20 Mei 2019
WebMD. https://www.webmd.com/baby/guide/eating-right-when-pregnant#2
Diakses pada 20 Mei 2019
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/13-foods-to-eat-when-pregnant#section2
Diakses pada 20 Mei 2019
Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/green-beans#
Diakses pada 20 November 2020
NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29425071/ Diakses pada 1 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait