Selain Sayur, Ini Daftar Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester Pertama

13 Jun 2019 | Oleh Nina Hertiwi Putri
Ditinjau oleh dr. Reni Utari
Makanan sehat ibu hamil trimester pertama terdiri dari berbagai jenis sayur, buah, serta kacang-kacangan.
Mulai dari kacang hingga daging, makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama sangatlah beragam.

Selama ini, makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama yang sering disebut, umumnya berupa sayur dan buah. Keduanya memang penting. Namun bahan makanan lain seperti kacang-kacangan dan susu, juga bisa memberikan manfaat yang tak kalah pentingnya untuk perkembangan janin.

Pola makan yang tidak sehat pada ibu hamil dapat mengganggu pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Tidak hanya itu, kebiasaan buruk tersebut juga bisa meningkatkan risiko Anda terkena diabetes gestasional, serta komplikasi kehamilan dan persalinan.

[[artikel-terkait]]

Rekomendasi makanan sehat ibu hamil trimester pertama 

Agar bayi di dalam kandungan dapat tumbuh dengan sehat, diperlukan berbagai macam nutrisi yang perlu dipenuhi oleh ibu. Makanan sehat ibu hamil trimester pertama ini bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

1. Sayur

Anda disarankan untuk mengonsumsi sayur sebanyak tiga hingga lima porsi per harinya. Untuk mendapatkan nutrisi terbaik, buatlah piring Anda berwarna dengan sayuran.

Pilih sayuran berwarna hijau gelap seperti brokoli, kangkung, atau bayam. Tambahan lainnya, sayuran oranye seperti wortel atau labu juga bisa Anda konsumsi. Warna kuning bisa Anda dapatkan dari jagung atau paprika, dan merah dari tomat.

2. Buah

Konsumsilah buah tiga hingga empat porsi per harinya. Lebih baik, pilih buah segar disertai satu jenis buah yang asam, seperti jeruk, karena kaya akan vitamin C.

Anda juga disarankan untuk membatasi konsumsi jus buah. Paling banyak, minumlah satu gelas per hari. Sebab, jus mengandung lebih banyak kalori dibanding buah segar. Selain itu, kandungan serat dalam jus buah juga tidak sebanyak buah segar.

3. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang kedelai, buncis, dan kacang polong, dapat membantu memenuhi kebutuhan serat, protein, zat besi, folat, hingga kalsium. Asupan folat sangatlah penting bagi trimester pertama kehamilan.

4. Daging

Daging merupakan sumber protein yang sangat baik bagi janin. Pilihlah daging yang mengandung sedikit lemak seperti ayam, ikan, dan daging sapi tanpa lemak, yang baik untuk tubuh Anda.

5. Telur

Selain protein, telur juga mengandung vitamin A, folat, dan zat besi. Anda dapat mengonsumsi telur rebus dan menyimpannya hingga dua atau tiga hari di kulkas. Selain bergizi, makanan ini juga praktis untuk dibuat.

6. Produk susu

Tiga porsi produk susu per harinya dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan, agar tulang bayi kuat. Anda dapat mengonsumsi susu, lemak, dan yogurt rendah lemak, untuk mendapatkan manfaat ini.

7. Gandum utuh

Gandum utuh bisa Anda dapatkan dari sereal, roti gandum, biskuit, maupun pasta gandum. Gandum utuh baik untuk kesehatan pencernaan Anda selama kehamilan, sehingga mengurangi risiko terjadinya konstipasi dan hemoroid.

Makanan sehat untuk atasi gangguan saat hamil

Selama kehamilan, terutama pada trimester pertama, Anda mungkin akan mengalami gejala-gejala seperti morning sickness, konstipasi, dan diare. Hal ini bisa membuat nafsu makan menurun. Kemungkinan lainnya, makanan sehat yang telah dikonsumsi, tidak dapat terserap dengan baik oleh tubuh.

Untuk mengatasinya, berikut jalani tips berikut ini.

• Jika Anda mengalami morning sickness

Konsumsilah biskuit, sereal, atau roti, sebelum beranjak dari kasur. Makanlah dalam porsi kecil, tapi dengan frekuensi lebih sering. Hindari makanan pedas, berlemak, dan gorengan.

• Jika Anda mengalami konstipasi

Perbanyak makan buah dan sayuran segar, disertai konsumsi air sebanyak enam hingga delapan gelas per harinya. Mengonsumsi suplemen serat juga mungkin membantu. Namun, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter, sebelum mengonsumsinya.

• Jika Anda mengalami diare

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat, untuk membantu penyerapan kelebihan air di tubuh. Anda bisa mengonsumsi pisang, oatmeal, atau roti gandum, untuk mendapatkan manfaat ini.

• Jika perut Anda panas dan nyeri

Kondisi ini bisa disebut juga dengan heartburn. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi makanan dalam jumlah kecil, dengan frekuensi lebih sering. Coba juga untuk minum susu sebelum makan, membatasi konsumsi kafeina, dan menghindari makanan pedas maupun asam.

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai makanan sehat untuk ibu hamil trimester pertama, Anda diharapkan segera menerapkan kebiasaan sehat ini. Jangan lupa untuk rutin kontrol ke dokter kandungan, agar kondisi bayi senantiasa terjaga dan terpantau dengan baik.

Yang juga penting untuk Anda
Baca Juga
Diskusi Terkait:
Lihat pertanyaan lainnya
Back to Top