Daftar Makanan dan Minuman yang Bikin Cepat Tidur

(0)
31 Mar 2021|Aby Rachman
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Salah satu contoh makanan dan minuman yang bikin cepat tidur adalah salmon dan susuSalmon dan susu termasuk makanan dan minuman yang bikin cepat tidur
Bisa cepat tidur mungkin dianggap sebagai hal yang wajar bagi kebanyakan orang. Namun, bagi orang-orang yang memiliki masalah tidur, misalnya insomnia, hal ini adalah sebuah kemewahan yang sulit mereka nikmati. Sejumlah cara pun dilakukan untuk mengatasi masalah ini, salah satunya lewat mengonsumsi makanan dan minuman yang bikin cepat tidur.

Makanan dan minuman yang bikin cepat tidur

Mengonsumsi sejumlah makan dan minuman dianggap efektif sebagai cara agar cepat mengantuk dan tidur. Untuk mengetahui mana saja minuman atau makanan yang bikin cepat tidur, berikut adalah daftar yang bisa Anda simak.

1. Makanan yang bikin ngantuk

Buah kiwi termasuk makanan yang bikin ngantuk
Buah kiwi dianggap dapat membantu Anda cepat tidur
Berikut adalah sejumlah makanan yang dapat dikonsumsi sebagai cara agar cepat mengantuk.
  • Kiwi

Kiwi adalah buah yang kaya akan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin K, folat, dan kalium. Buah ini juga terbukti secara ilmiah bisa meningkatkan kualitas tidur.Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa 42 persen pesertanya bisa tidur lebih cepat setelah mengonsumsi dua buah kiwi secara rutin sekitar satu jam sebelum tidur.Selain itu, kemampuan mereka untuk tidur semalaman tanpa terbangun meningkat sekitar 5 persen, sementara waktu tidur mereka juga mengalami peningkatan sekitar 13 persen.Makanan yang bikin ngantuk ini memiliki kandungan serotonin, yakni senyawa kimia otak yang membantu mengatur siklus tidur Anda. Di samping itu, antioksidan yang bersifat antiradang, seperti vitamin C dan karotenoid, juga dianggap memiliki peran dalam mendorong tidur.
  • Nasi putih

Tahukan Anda kalau nasi putih bisa membuat Anda cepat mengantuk? Nasi mengandung karbohidrat dan sedikit serat sehingga digolongkan sebagai makanan dengan indeks glikemik tinggi.Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa mengonsumsi makanan dengan indeks glikemik tinggi setidaknya satu jam sebelum tidur, bisa meningkatkan kualitas tidur.Sebuah studi lain membandingkan kebiasaan tidur dari 1.848 orang berdasarkan konsumsi nasi, roti, dan mi. Hasilnya, konsumsi nasi yang lebih tinggi dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik ketimbang roti dan mi, termasuk durasi tidur yang lebih lama.Meski memiliki potensi manfaat dalam membantu tidur, sebaiknya Anda mengonsumsi nasi sewajarnya saja karena makanan yang bikin ngantuk ini rendah akan serat dan nutrisi.
  • Almond

Kacang almond juga dikenal bisa meningkatkan kualitas tidur berkat kandungan melatonin di dalamnya. Hormon melatonin berfungsi untuk mengatur jam internal tubuh dan mengirimkan sinyal pada tubuh Anda untuk bersiap tidur.Makanan yang bikin ngantuk berat ini juga kaya akan magnesium. Mengonsumsi mineral ini dalam jumlah yang mencukupi dianggap membantu meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi penderita insomnia.Peran magnesium dalam membantu tidur dinilai berkaitan dengan kemampuannya dalam mengurangi peradangan. Selain itu, magnesium juga dianggap mampu mengurangi kadar hormon stres (kortisol), yang dikenal bisa mengganggu tidur.Meski terlihat menjanjikan, dibutuhkan sejumlah penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat almond terhadap kualitas tidur manusia.
  • Ikan berlemak

Salmon, tuna, trout, dan kembung merupakan jenis-jenis ikan berlemak yang menyehatkan. Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3, terutama EPA dan DHA, yang dapat membantu mengurangi peradangan. Tidak hanya itu, jenis ikan ini juga kaya akan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh kita.Kombinasi antara asam lemak omega-3 dan vitamin D dalam makanan yang membuat ngantuk ini memiliki potensi untuk meningkatkan kualitas tidur, tepatnya dengan memperbanyak produksi serotonin.
  • Walnut (kacang kenari)

Tidak kalah dengan almond, walnut adalah jenis kacang yang juga kaya akan nutrisi. Kacang yang juga dikenal sebagai kacang kenari ini dilengkapi dengan berbagai mineral yang dibutuhkan tubuh, seperti magnesium, fosfor, mangan, dan tembaga.Sejumlah peneliti mengklaim bahwa mengonsumsi walnut secara rutin dapat meningkatkan kualitas tidur. Alasannya, walnut merupakan salah satu sumber melatonin terbaik dari makanan. Asam lemak yang terkandung di dalam makanan yang membuat ngantuk ini juga berperan dalam meningkatkan kualitas tidur.

2. Minuman yang bikin ngantuk

Teh chamomile termasuk minuman yang bikin ngantuk
Teh chamomile memiliki kandungan yang bisa membantu cepat tidur
Selain makanan yang membuat ngantuk, ada pula sejumlah minuman yang dianggap memiliki efek yang sama. Berikut adalah sejumlah minuman yang bikin ngantuk
  • Teh chamomile

Teh chamomile dianggap dapat membantu mengobati insomnia karena efeknya yang menenangkan. Para peneliti beranggapan bahwa manfaat ini berasal dari kandungan flavonoid yang dimiliki chamomile.Anda perlu berhati-hati karena sebagian orang dapat mengalami reaksi alergi setelah mengonsumsi minuman yang bikin ngantuk ini. Meski demikian, berdasarkan BPOM-nya Amerika Serikat (FDA), chamomile tergolong relatif aman bagi kebanyakan orang.
  • Jus ceri

Dalam sebuah penelitian di tahun 2010, para peneliti mengaitkan campuran jus ceri asam dengan peningkatkan kualitas tidur yang signifikan berdasarkan statistik.Para peserta penelitian ini menunjukkan penurunan keparahan insomnia ketika para peneliti menghitung menit bangun mereka setelah tidur.Studi kecil lainnya di tahun 2018 menunjukkan bahwa jus ceri dapat meningkatkan waktu dan efektivitas tidur. Mereka juga menyebutkan bahwa jus ceri meningkatkan ketersediaan triptofan dalam tubuh sehingga membuat tidur lebih nyenyak.Meski terkesan menjanjikan, dibutuhkan berbagai penelitian lanjutan dalam skala yang lebih besar untuk benar-benar membuktikan manfaat minuman yang bisa bikin ngantuk ini.
  • Susu hangat

Tahukah Anda kalau susu hangat mengandung triptofan yang bisa membantu Anda untuk tidur? Asam amino ini berubah menjadi senyawa yang dapat membantu Anda untuk tidur, termasuk serotonin dan melatonin.Melatonin dapat memudahkan Anda terlelap dan membantu melawan berbagai masalah tidur, seperti jet lag, gangguan tidur pekerja shift, dan insomnia. Sejumlah studi bahkan menunjukkan bahwa susu hangat bisa meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi pergerakan di malam hari.Meski demikian, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan klaim minuman yang bisa bikin ngantuk ini.
  • Susu almond

JIka almond dan susu termasuk makanan dan minuman yang bikin cepat tidur, maka susu almond adalah gabungan dari keduanya.Susu almond terbuat dari almond utuh yang berpotensi meningkatkan kualitas tidur. Susu ini juga mengandung berbagai hormon dan mineral yang dapat membantu tidur Anda, seperti triptofan, melatonin, dan magnesium.
  • Teh valerian

Teh valerian terbuat dari tanaman valerian yang dianggap bisa meredakan insomnia dan meningkatkan kualitas tidur. Meski memiliki potensi untuk mengobati insomnia, penelitian lanjutan terhadap valerian dibutuhkan sebelum membuat rekomendasi mengenai dosis dan perawatan apa yang bisa diberikan.Valerian tergolong aman sebagai pengobatan insomnia karena tidak memengaruhi atau mengubah ritme sirkadian Anda. Namun, Anda tidak boleh menggunakan tanaman ini secara sembarangan karena bisa menimbulkan sejumlah efek samping yang tidak diinginkan.Itulah sejumlah makanan dan minuman yang bikin cepat tidur. Meski beberapa makanan dan minuman ini belum memiliki bukti ilmiah yang kuat, sebagian besar dari mereka relatif aman untuk dikonsumsi sehingga tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba.Jika Anda punya pertanyaan seputar makanan sehat, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tidurgangguan tidurmakanan sehat
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/9-foods-to-help-you-sleep
Diakses pada 17 Maret 2021
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/drinks-that-help-you-sleep
Diakses pada 17 Maret 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/10-drinks-that-help-you-sleep
Diakses pada 17 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait