Daftar Lokasi Sentra Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di DKI Jakarta


Sentra vaksinasi Covid-19 untuk lansia bertujuan memudahkan akses publik serta mempercepat dan memperluas cakupan program vaksin. Ada berbagai pilihan tempat vaksin Covid-19 di DKI Jakarta yang bisa dituju lengkap dengan cara daftarnya.

(0)
Ada berbagai pilihan tempat vaksinasi Covid-19 di DKI Jakarta yang bisa dituju lengkap dengan cara daftarnya.Sentra vaksinasi Covid-19 untuk lansia bertujuan memudahkan akses publik serta mempercepat dan memperluas cakupan program vaksin
Sebanyak 21.533.118 orang usia di atas 60 tahun atau masyarakat lanjut usia (lansia) ditargetkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia untuk memperoleh suntikan vaksin corona (Covid-19).Dalam pelaksanaannya, Kemenkes memberikan sejumlah pilihan dalam program vaksinasi Covid-19 bagi lansia untuk memudahkan akses publik serta mempercepat dan memperluas cakupan program vaksinasi.Mulai dari meminta RT/RW dan puskesmas mengadakan vaksin massal untuk lansia, satu anak muda bisa divaksin bila membawa dua orang lansia untuk ikut divaksin, hingga membuka sentra vaksinasi di berbagai kota besar di Indonesia yang dibantu oleh sejumlah pihak instansi atau organisasi.Lantas, di mana saja tempat vaksinasi Covid-19 massal untuk lansia dan bagaimana cara daftarnya? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Daftar tempat vaksinasi Covid-19 untuk lansia di DKI Jakarta

SehatQ telah merangkum berbagai tempat vaksinasi Covid-19 yang bisa dikunjungi oleh masyarakat lansia di DKI Jakarta.

1. Puskesmas dan RSUD di DKI Jakarta

Calon peserta vaksinasi Covid-19 lansia bisa mendaftar melalui situs Kementerian Kesehatan di www.kemkes.go.id atau sehatnegeriku.kemkes.go.id, serta situs resmi Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) di www.covid19.go.id.Untuk warga lansia DKI Jakarta juga bisa daftar langsung melalui dki.kemkes.go.id.Di keempat laman resmi tersebut, tersedia tautan (link) yang dapat Anda klik. Setelah masuk ke dalam tautan, Anda akan diminta menjawab sejumlah pertanyaan yang tertera.Pertanyaan yang diajukan, meliputi nama lengkap, jenis kelamin, tempat tinggal, nama fasilitas kesehatan (faskes) yang dipilih, Nomor Induk Kependudukan (NIK), usia, nomor telepon, serta tanggal lahir.Isi data Anda atau anggota keluarga lansia yang ingin didaftarkan secara lengkap. Saat mengisi data tersebut, calon peserta lansia bisa meminta bantuan anggota keluarga lain, atau kepala RT atau RW setempat.Anda tidak perlu khawatir kalau data yang tersimpan akan disalahgunakan. Sebab, negara akan menjaga data-data yang telah diisi ke dalam 4 situs resmi tersebut, serta langsung tersimpan di Dinas Kesehatan Provinsi di tempat calon peserta tinggal.Setelah mengisi semua data dengan lengkap, Dinkes Provinsi akan menentukan jadwal, termasuk hari, waktu, serta tempat vaksinasi Covid-19 untuk orang lanjut usia.Adapun daftar Puskesmas Kecamatan (PKC) di DKI Jakarta yang melayani vaksinasi Covid-19 untuk lansia adalah sebagai berikut.PKC Cempaka Putih, PKC Gambir, PKC Johar Baru, PKC Kemayoran, PKC Menteng, PKC Sawah Besar, PKC Senen, PKC Tanah Abang, PKC Cilincing, PKC Kelapa Gading, PKC Koja, PKC Pademangan, PKC Penjaringan, PKC Tanjung Priok, PKC Cengkareng, PKC Grogol Petamburan, PKC Kalideres, PKC Kebon Jeruk, PKC Kembangan, dan PKC Palmerah.Selanjutnya, PKC Tamansari, PKC Tambora, PKC Cilandak, PKC Jagakarsa, PKC Kebayoran Baru, PKC Kebayoran Lama, PKC Mampang Prapatan, PKC Pancoran, PKC Pasar Minggu, PKC Pesanggrahan, PKC Setiabudi, PKC Tebet, PKC Cakung, PKC Cipayung, dan PKC Ciracas.Lalu, PKC Duren Sawit, PKC Jatinegara, PKC Kramat Jati, PKC Makasar, PKC Matraman, PKC Pasar Rebo, PKC Pulogadung, PKC Kepulauan Seribu Selatan, dan PKC Kepulauan Seribu Utara.Sedangkan, daftar Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di DKI Jakarta yang melayani vaksinasi Covid-19 untuk lansia, yakni:RSUD Tarakan, RSUD Tanah Abang, RSUD Cempaka Putih, RSUD Johar Baru, RSUD Kemayoran, RSUD Sawah Besar, RSUD Koja, RSUD Cilincing, RSUD Tugu Koja, RSUD Tanjung Priok, RSUD Pademangan, RSUD Cengkareng, RSUD Tamansari, RSUD Kembangan, dan RSUD Kalideres.Berikutnya, RSUD Pasar Minggu, RSUD Pesanggrahan, RSUD Tebet, RSUD Kebayoran Baru, RSUD Kebayoran Lama, RSUD Jatipadang, RSUD Jagakarsa, RSUD Mampang, RSUD Budhi Asih, RSUD Pasar Rebo.Kemudian, RSU Adhyaksa, RSUD Matraman, RSUD Kramat Jati, RSUD Ciracas, RSUD Cipayung, RSKD Duren Sawit, dan RSUD Kepulauan Seribu.

2. Istora Senayan (8 Maret - 8 Mei 2021) dan Tennis Indoor Senayan (21 Maret-21 Mei 2021)

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan Kemenkes, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Indonesia Healthcare Corporation mengadakan program vaksinasi Covid-19 lansia di Istora Senayan dan Tennis Indoor Senayan, Jakarta.Sentra vaksinasi Covid-19 Bersama BUMN dilakukan secara cuma-cuma alias gratis untuk lansia dengan KTP domisili Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).Sentra vaksinasi Bersama ini beroperasi mulai pukul 08.00 - 16.00 WIB dengan kapasitas penyuntikkan berkisar 5.000 - 7.000 orang per hari.Calon peserta lansia bisa daftar melalui https://loket.com/event/vaksinasicovid19untuklansia terlebih dahulu. Kemudian, patuhi syarat dan ketentuan vaksin Covid-19 sebagai berikut.:
  1. Lansia membawa KTP domisili asli.
  2. Panitia melakukan proses verifikasi di tempat vaksinasi Covid-19. Jika ada ketidaksesuaian atau pelanggaran terhadap identitas dan ketentuan yang berlaku, pemegang tiket dilarang masuk ke area vaksinasi.
  3. Wajib hadir tepat waktu sesuai jadwal yang ada di e-voucher.
  4. Tetap menjaga protokol kesehatan selama di area vaksinasi.
  5. Wajib membawa bukti e-voucher agar dapat diperkenankan masuk ke area Sentra Vaksinasi Bersama BUMN.
  6. Bagi mereka yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani.
  7. Bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, mohon membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis.
Jika masih ada pertanyaan lebih lanjut mengenai sentra vaksinasi Covid-19Bersama BUMN ini, hubungi nomor 0813-1581-5112 dan 0813-1581-5081.Selain di DKI Jakarta, beberapa kota besar yang juga menyediakan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN, yakni Semarang (PRPP Semarang, 21 Maret - 21 Mei), Banyumas (GOR Satria, 31 Maret - 31 Mei), Surabaya (Grand City Exhibition Centre, 28 Maret - 28 Mei).

3. BPPK Hang Jebat Jakarta Selatan (8 Maret-30 April 2021)

Masyarakat lansia juga bisa ikut giliran vaksinasi Covid-19 lewat layanan Kementerian Kesehatan di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Kampus Hang Jebat, Jakarta Selatan.Tak hanya warga lansia domisili DKI Jakarta, lansia luar DKI juga bisa ikut. Calon peserta lansia bisa mendaftar melalui tautan https://loket.com/event/vaksinbbpk. Tiap harinya, tersedia kuota untuk 1.000 orang lansia.Jadwal vaksinasi Covid-19 pada hari kerja, yakni Senin - Rabu pukul 08.00 - 12.00 WIB. Lalu, dilanjutkan lagi pukul 13.00 - 16.00 WIB.Namun, hari Kamis, Jumat, dan Sabtu hanya melayani vaksinasi pukul 08.00- 12.00 WIB. Sedangkan, hari Minggu dan tanggal merah, pelaksanaan vaksinasi ditiadakan (libur).Adapun syarat dan ketentuan yang perlu dipatuhi saat berada di tempat vaksinasi Covid-19 Hang Jebat, yakni:
  1. Peserta wajib membawa KTP dan minimal usia 60 tahun.
  2. Peserta wajib hadir 15 menit sebelum jadwal kedatangan yang ada di e-voucher. Untuk menghindari kerumunan, jangan datang terlalu cepat atau terlalu terlambat dari jam penjadwalan.
  3. Tetap menjaga protokol kesehatan selama di area vaksinasi.
  4. Peserta wajib membawa bukti e-voucher agar dapat diperkenankan masuk ke area puskesmas dan menerima layanan vaksinasi.
  5. Perlu diketahui bahwa e-voucher yang diterima bukan jaminan untuk mendapat vaksinasi karena akan diverifikasi ulang oleh sistem P-Care.
  6. Bagi lansia yang datang tanpa mendaftar atau peserta yang datang di luar jadwal tidak akan dilayani.
  7. Bagi peserta yang berobat rutin untuk penyakit kronis, mohon dapat membawa surat rekomendasi vaksin dari dokter spesialis.

4. Sentra Vaksinasi Serviam (20 Maret-10 Juni 2021)

Sentra vaksinasi Covid-19 juga tengah berlangsung di Sekolah Santa Ursula, di Jalan Lapangan Banteng Utara Nomor 10, Jakarta Pusat dengan tajuk Sentra Vaksinasi Serviam.Sentra Vaksinasi Serviam merupakan program vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi oleh Komunitas Alumni Tiga Sekolah Ursulin di Jakarta, yakni Sekolah Santa Ursula, Sekolah Santa Theresia, dan Sekolah Santa Maria.Sentra vaksinasi ini juga berkolaborasi dengan Nahdlatul Ulama (NU), Caritas Indonesia (lembaga sosial milik Keuskupan Agung Jakarta) dan Lembaga Daya Dharma untuk mengoordinir kelompok disabilitas.Sentra Vaksinasi Serviam diberikan khusus oleh lansia dengan domisili KTP asli dan lansia dengan KTP Non-DKI yang sudah berdomisili di DKI Jakarta minimal 6 bulan, dengan membawa Surat Keterangan domisili dari RT/RW setempat.Bagi warga lansia yang ingin mendapatkan vaksinasi, diminta untuk mendaftarkan diri melalui www.vaksinasiserviam.com terlebih dahulu.Perlu diketahui, bahwa saat mendatangi lokasi, penerima vaksin hanya boleh didampingi oleh satu orang pendamping.

5. Pluit Village Mall (29 Maret-29 Juni 2021)

Pluit Village Mall Jakarta Utara bekerjasama dengan Puskesmas Penjaringan membuka sentra vaksinasi khusus lansia.Program vaksinasi ini menyasar lansia dengan KTP asli DKI Jakarta dan warga non KTP DKI yang berdomisili di DKI, dengan syarat membawa surat domisili dengan tanda tangan basah RT/RW setempat.Warga lansia bisa mengunjungi lantai 2 pusat perbelanjaan ini pada pukul 10.00-15.00 WIB.Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi kontak 0877-7512-6670.

6. Universitas Tarumanegara/Untar (April - Mei 2021)

Universitas Tarumanagara (Untar) dipercaya menjadi sentra vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat, yang telah dimulai sejak Maret 2021.Untuk saat ini, fokus Sentra Vaksinasi di Untar melayani lansia dengan usia 60 tahun ke atas, ASN, tokoh agama, guru, dan dosen.Namun, tak menutup kemungkinan jika ke depannya, Untar akan mendukung pemerintah menjadi sentra vaksinasi bagi masyarakat umum lain, bila program vaksinasi tersebut dibuka oleh Pemda DKI Jakarta.Bergerak bersama kecamatan dan Puskesmas Grogol Petamburan, sentra vaksinasi Untar terletak di Hall A Kampus 2 (samping Mal Ciputra), Tanjung Duren.Jadwalnya, setiap Kamis, Jumat, dan Sabtu, pukul 08.00-13.00 WIB sepanjang April-Mei 2021.Warga lansia di atas 60 tahun bisa mendaftar melalui Whatsapp di 0813-1708-1071 (Maria) dan 0813-1708-1072 (Felisia dan Dwi) terlebih dahulu.Kemudian, membawa KTP DKI Jakarta atau keterangan domisili di wilayah DKI Jakarta saat pelaksanaan vaksin.Sementara, ASN, tokoh agama, guru, dan dosen bisa mendaftarkan diri melalui lembaga atau kantor masing-masing.Baca Juga:Bagi Anda yang punya orang tua lansia dan atau anggota keluarga atau kerabat berusia lanjut, segera daftarkan mereka untuk mendapatkan vaksin Covid-19.Selalu patuhi syarat dan ketentuan yang berlaku di sentra vaksinasi yang dituju. Penting pula untuk terus menaati protokol kesehatan dengan memperkuat prinsip 3M, yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak aman setelah mendapat vaksin.
vaksin lansiainfeksi saluran pernapasanpenyakit pernapasangangguan pernapasancoronavirusvaksin corona
Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. https://covid19.go.id/berita/mekanisme-pendaftaran-vaksinasi-masyarakat-lanjut-usia-60-tahun-ke-atas
Diakses pada 28 April 2021
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://www.kemkes.go.id/article/view/21022000004/Mekanisme-Pendaftaran-Vaksinasi-COVID-19-pada-Lansia.html
Diakses pada 28 April 2021
Universitas Tarumanegara. http://untar.ac.id/pages/beritadetail/38348
Diakses pada 28 April 2021
CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20210407082110-20-626821/daftar-lokasi-vaksinasi-covid-lansia-di-dki-jakarta
Diakses pada 28 April 2021
Bisnis. https://lifestyle.bisnis.com/read/20210407/106/1377730/6-lokasi-sentra-vaksinasi-bumn-ini-link-dan-cara-daftarnya
Diakses pada 28 April 2021
Kumparan. https://kumparan.com/kumparannews/sentra-vaksinasi-serviam-targetkan-30-ribu-lansia-disuntik-vaksin-corona-1vOgh8wujcj/full
Diakses pada 28 April 2021
CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/news/20210322092259-4-231786/vaksinasi-lansia-di-bbpk-hang-jebat-bisa-pakai-ktp-luar-dki
Diakses pada 28 April 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait