Daftar Buah untuk Penderita Epilepsi yang Direkomendasikan


Ada beberapa jenis buah untuk penderita epilepsi. Buah-buahan tersebut dianjurkan karena mengandung nutrisi yang dianggap dapat membantu mengobati kondisi epilepsi

(0)
20 Oct 2020|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu jenis buah untuk penderita epilepsi adalah buah-buahan sitrusJeruk-jerukan atau buah-buahan sitrus termasuk buah untuk penderita epilepsi yang direkomendasikan
Beberapa studi menunjukkan bahwa diet atau pola makan yang tepat dapat meningkatkan kontrol terhadap kejang pada penderita epilepsi. Diet-diet yang terbukti efektif ini meliputi diet ketogenik, diet Atkins, dan diet perawatan indeks glikemik rendah.Buah-buahan memegang peran penting dalam ketiga diet tersebut. Buah-buahan merupakan sumber makanan yang dapat menyediakan berbagai vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Ada beberapa jenis buah untuk penderita epilepsi. Buah-buahan tersebut dianjurkan karena mengandung nutrisi yang dianggap dapat membantu kondisi epilepsi.

Buah untuk penderita epilepsi

Penting bagi penderita epilepsi mendapatkan nutrisi lengkap dan seimbang untuk dapat mengontrol epilepsi. Penderita epilepsi dapat mengalami defisiensi zat tertentu karena penyakit yang mereka alami atau efek samping dari obat yang dikonsumsi. Kekurangan tersebut dapat dipenuhi dengan konsumsi buah untuk penderita epilepsi berikut.

1. Buah dengan indeks glikemik rendah

Diet keto, Atkins, dan perawatan indeks glikemik rendah yang dapat membantu kondisi epilepsi, sama-sama merupakan diet rendah gula. Menjaga gula darah tetap seimbang merupakan hal penting bagi penderita epilepsi.Diabetes dapat meningkatkan risiko terjadinya kerusakan saraf. Selain itu, dalam kasus yang ekstrem, gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah juga berisiko menyebabkan kejang.Beberapa buah yang memiliki indeks glikemik rendah, yaitu apel, jeruk, pisang, mangga, kurma, dan pir. Seluruh buah tersebut memiliki indeks glikemik kurang dari 55.

2. Buah sumber asam folat

Asam folat atau vitamin B9 sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Sayangnya, sejumlah obat-obatan untuk mengontrol kejang dalam epilepsi berpotensi menyebabkan gangguan tubuh dalam menyerap asam folat.Sementara itu, orang dewasa yang kekurangan asam folat memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan neuropsikiatri, depresi, hingga epilepsi. Oleh karena itu, konsumsi buah untuk penderita epilepsi dianjurkan memilih yang merupakan sumber asam folat.Buah-buahan tersebut meliputi:
  • Buah bit

Dengan hanya mengonsumsi 135 gram buah bit setiap hari, sekitar 37 persen kebutuhan harian asam folat dapat dipenuhi. Oleh karena itu, buah ini akan sangat membantu mereka yang mengalami defisiensi folat karena epilepsi.
  • Buah-buahan sitrus

Buah-buahan sitrus atau jeruk-jerukan, seperti jeruk, grapefruit, lemon, dan jeruk nipis, merupakan buah untuk penderita epilepsi yang kaya asam folat.Dalam satu buah jeruk berukuran besar, Anda dapat memenuhi sekitar 14 persen kebutuhan harian asam folat.
  • Buah pepaya

Pepaya merupakan jenis buah untuk penderita epilepsi yang mudah didapatkan. Dengan hanya mengonsumsi 140 gram buah pepaya, Anda dapat memenuhi sekitar 13 persen kebutuhan harian asam folat.
  • Buah pisang

Pisang memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, termasuk asam folat. Buah pisang berukuran sedang mampu memenuhi setidaknya 6 persen dari kebutuhan harian asam folat Anda.
  • Buah alpukat

Alpukat termasuk buah yang banyak digemari karena teksturnya yang lembut dan kaya manfaat. Setengah buah alpukat mampu memenuhi sekitar 21 persen dari kebutuhan harian asam folat Anda.Ditambah lagi, alpukat juga kaya akan vitamin K, C, dan B6 yang juga penting bagi penderita epilepsi.

Makanan lain untuk penderita epilepsi

Makanan sumber vitamin K
Makanan yang mengandung vitamin K juga direkomendasikan untuk epilepsi
Pada dasarnya, tidak ada diet khusus bagi penderita epilepsi. Oleh karena itu, bukan hanya buah untuk penderita epilepsi saja yang penting dikonsumsi. Namun, studi menunjukkan bahwa diet rendah glikemik serta makanan alami dan utuh dapat membantu meningkatkan kondisi penderita epilepsi.Makanan utuh adalah makanan yang hanya melalui sedikit proses atau bahkan tanpa proses sama sekali. Makanan ini biasanya memiliki tambahan tidak lebih dari tiga bahan saja. Buah-buahan, sayur-mayur, gandum utuh, dan kacang-kacangan termasuk dalam golongan makanan ini.Selain itu, penderita epilepsi perlu mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan nutrisi sebagai berikut:
  • Kalsium dan magnesium yang bisa didapatkan dari produk susu.
  • Vitamin B12 yang terdapat pada makanan dari sumber hewani dan produk susu.
  • Vitamin K yang bisa didapatkan dari sayuran berdaun hijau dan biji-bijian.
  • Vitamin D yang bisa didapatkan dari ikan salmon, jamur, dan makanan yang diperkaya vitamin D.
Jika Anda juga memiliki riwayat kesehatan lain yang membutuhkan diet khusus, sebaiknya ikuti aturan diet tersebut. Konsultasikan kondisi dan kebutuhan Anda dengan dokter dan ahli nutrisi tepercaya.Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang buah untuk penderita epilepsi atau makanan yang baik untuk epilepsi, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kejangepilepsibuah dan sayuran
Epilepsy NL. http://epilepsynl.com/nutrition-and-epilepsy/
Diakses 7 Oktober 2020
Epilepsy. https://www.epilepsy.com/living-epilepsy/healthy-living/healthy-eating/nutrition-and-seizure-control
Diakses 7 Oktober 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-folate-folic-acid
Diakses 7 Oktober 2020
Improve Memory. https://www.improvememory.org/blog-posts/how-to-improve-memory/vitamins-minerals-supplements/6-effects-of-folic-acid-on-the-brain/
Diakses 7 Oktober 2020
Web MD. https://www.webmd.com/diabetes/fruit-diabetes
Diakses 7 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait