Dada Terus Membusung Alias Barrel Chest, Apa Pemicunya?


Barrel chest adalah kondisi dada yang tampak menonjol karena diameter anterior posterior menyerupai barel. Kondisi ini sendiri bukanlah penyakit, namun bentuk dada barrel chest mengindikasikan masalah medis lain.

(0)
21 Oct 2020|Azelia Trifiana
Kondisi barrel chest diakibatkan oleh penyakit paru-paru
Barrel chest adalah kondisi dada yang tampak menonjol karena diameter anterior posterior menyerupai barel. Kondisi ini sendiri bukanlah penyakit, namun bentuk dada barrel chest mengindikasikan masalah medis lain.Orang yang memiliki bentuk dada barrel chest bisa saja mengalami kesulitan bernapas. Terkadang penderita penyakit paru obstruktif kronis bisa memiliki bentuk dada barrel chest ketika kondisinya kian parah.

Penyebab bentuk dada barrel chest

Beberapa hal yang bisa menyebabkan bentuk dada barrel chest adalah:

1. Penyakit paru obstruktif kronis

Penyakit paru obstruktif kronis dan emfisema yang sudah cukup parah bisa menyebabkan seseorang memiliki bentuk dada barrel chest. Pada orang dengan kondisi ini, paru-paru kelebihan udara (overinflated) sehingga terus menerus membuka.Akibatnya, bernapas menjadi kurang efisien sekaligus memicu napas yang pendek-pendek. Umumnya kondisi ini terjadi ketika penyakit sudah menjadi semakin parah.

2. Emfisema paru

Penyakit emfisema juga termasuk dalam penyakit paru obstruktif kronis yang bisa memicu munculnya bentuk dada barrel chest. Gejala utamanya adalah batuk kronis serta kesulitan bernapas setelah beraktivitas fisik. Penderitanya harus menjalani perawatan termasuk dengan mengubah gaya hidup.

3. Penuaan dan masalah tulang belakang

Selain itu, bentuk dada barrel chest juga bisa terjadi karena penuaan. Saat usia bertambah, tulang rusuk semakin mengarah ke persendian yang melekat di sepanjang tulang punggung. Akibatnya, tulang rusuk membusung dan tidak berubah (fixed)Umumnya, lansia yang rentan memiliki bentuk dada barrel chest adalah yang menderita kifosis. Ini adalah kelainan tulang belakang sehingga punggung bagian atas cenderung bungkuk.

4. Cystic fibrosis dan asma kronis

Pada anak-anak, bentuk dada barrel chest bisa berkaitan dengan masalah medis pula. Penyakit yang paling mungkin menyebabkan dada anak-anak membusung adalah cystic fibrosis dan asma kronis.

5. Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah peradangan kronis akibat gesekan ujung tulang-tulang penyusun sendi. Osteoarthritis atau OA umumnya dialami lansia. Apabila OA terjadi di titik pertemuan tulang rusuk dan tulang belakang, bentuk dada barrel chest bisa terjadi.Persendian di tulang rusuk yang seharusnya fleksibel menjadi kaku. Akibatnya, tulang rusuk tampak membusung keluar terus menerus. Gejala awal kondisi OA adalah rasa kaku dan bengkak di persendian. 

Cara penanganan bentuk dada barrel chest

Mengingat sebagian besar kasus bentuk dada barrel chest terjadi karena masalah pada paru-paru, penanganannya akan difokuskan pada penyakit pemicunya. Hingga kini belum ada obat untuk mengatasi penyakit paru obstruktif kronis, emfisema, atau cystic fibrosis.Oleh karena itu, penanganan akan fokus pada cara membuat pasien bisa bernapas semudah mungkin serta mengurangi inflamasi. Umumnya, dokter akan memberikan obat bronkodilator untuk melegakan pernapasan dan steroid untuk meredakan gejalanya.Di sisi lain, bentuk dada barrel chest akibat osteoarthritis lebih sulit dikendalikan, namun konsumsi obat non-steroid anti-inflamasi dapat memperkecil ukuran jaringan yang membengkak.Orang dengan cystic fibrosis akan melakukan terapi di dada dan punggung untuk mengurangi penumpukan lendir di paru-paru. Tentunya, disertai pula dengan konsumsi obat lainnya.Masalah medis yang memicu bentuk dada barrel chest bersifat progresif. Artinya, sangat kecil kemungkinan bentuk dada barrel chest bisa kembali seperti semula meski telah menjalani pengobatan. Hanya saja, gejala dari penyakitnya bisa direduksi.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar masalah paru-paru atau bentuk dada seperti barrel chest, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit paru-parupenyakithidup sehat
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/314967
Diakses pada 5 Oktober 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/copd/expert-answers/barrel-chest/faq-20058419
Diakses pada 5 Oktober 2020
Verywell Health. https://www.verywellhealth.com/barrel-chest-914891
Diakses pada 5 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait