Curiga Ada Orang Ketiga? Ini 8 Cara Mengatasi Suami Selingkuh dan Berbohong


Diselingkuhi dan dibohongi memanglah menyakitkan. Namun ada cara yang dapat Anda lakukan sebelum menuduhnya, yaitu dengan memperhatikan sikap hingga cari bukti.

(0)
14 Jan 2021|Azelia Trifiana
Cara Mengatasi Suami Selingkuh dan BerbohongSuami selingkuh biasanya akan mengalami perubahan perilaku
Dongeng belaka jika pernikahan atau kehidupan rumah tangga disebut serba romantis dan manis. Justru sebaliknya, risiko terjadinya gesekan dan konflik sangatlah ada. Apabila kepercayaan dikhianati pun, istri harus tahu cara mengatasi suami selingkuh dan berbohong.Penting bereaksi dengan tepat apabila pasangan berbohong. Alasannya, respons ketika mengetahui mereka berbohong dapat berpengaruh pada kemungkinan mereka akan mengulangi kebohongannya lagi atau tidak.

Kebohongan dalam pernikahan

Di balik kebohongan antara suami atau istri dalam sebuah pernikahan, tentu ada alasan yang mendasari. Beberapa di antaranya seperti:
  • Melindungi perasaan pasangan
  • Menghindari konflik
  • Menjaga dari rasa malu
  • Takut kehilangan pasangan
  • Mengendalikan situasi
  • Membuat diri tampak sukses atau spesial
  • Menunda keharusan membuat perubahan gaya hidup
Pada dasarnya, manusia memang rentan berbohong. Bahkan anak kecil pun bisa berbohong, sejak usianya masih 2 tahun. Bahkan ketika berbohong tidak dimaksudkan untuk melukai orang lain, kerap kali itulah yang terjadi.Saat sudah hidup berumah tangga, masalah kebohongan ini menjadi lebih rumit karena berdampingan dengan orang lain. Parameter bohong yang bisa dimaklumi dan tidak pun bisa jadi berbeda.Untuk itu, sebaiknya pasangan sudah menarik batas yang jelas mana kebohongan dimaklumi dan tidak.

Cara mengatasi suami selingkuh dan berbohong

selingkuh
Apabila kebohongan sudah masuk ke ranah perselingkuhan, strategi menghadapinya harus jauh lebih jeli. Tidak mudah mengenali ketika pasangan berbohong. Bahkan, sorotan mata atau bahasa tubuh pun terkadang bisa mengelabui.Namun, ada beberapa cara yang bisa dicoba, seperti:

1. Mengenali bahasa tubuh

Suami dan istri tentu sudah hafal betul bagaimana gerak gerik satu sama lain. Ketika ada perubahan bahasa tubuh dan terjadi cukup signifikan, ini bisa menjadi sinyal ada hal yang disembunyikan.Beberapa contoh bahasa tubuh yang bisa saja berarti sedang berbohong adalah:
  • Menghindari tatapan mata langsung
  • Bersikap enggan dan tidak luwes seperti biasanya
  • Bahasa tubuh dan ucapan tidak cocok
  • Terus menerus membantah tuduhan
  • Melipat tangan atau kaki
  • Menyentuh dagu
  • Menggosok alis
  • Keringat di alis meski cuaca tidak panas

2. Salah tingkah

Orang yang berbohong akan terus memutar otak untuk menutupi kebohongannya ketika sedang ditanyai. Itulah mengapa terkadang orang yang berdusta justru tampak lebih berapi-api ketika ditanya.Tak hanya itu, mereka juga bisa saja memberikan informasi lebih banyak serta lebih spesifik ketimbang yang diperlukan. Lihat pula bagaimana mereka bereaksi saat sedang berkomunikasi. Menjaga jarak atau meletakkan objek sebagai pembatas bisa jadi indikasi ke arah sana.

3. Perubahan akses teknologi

Terkadang, perselingkuhan terkuak lewat akses digital seperti pesan singkat atau foto. Kecurigaan Anda bisa jadi beralasan apabila pasangan tidak lagi mau meminjamkan ponselnya.Ketika melihat laptopnya pun, orang yang berselingkuh bisa saja menghapus riwayat pencarian hingga benar-benar bersih. Bergantung pada teknologi apa yang kerap digunakan, pasti ada perubahan signifikan yang tidak jelas alasannya.

4. Cara berbicara

Perhatikan pula bagaimana cara mereka merespons ketika ditanya lebih detail tentang kebohongannya. Sangat mungkin, mereka berulang kali berkata “tidak”. Di setiap jeda untuk menjawab pun, bisa berulang kali terdiam atau menggumamkan sesuatu yang tak jelas.Lebih jauh lagi, pilihan kata hingga intonasi ketika berbicara juga bisa berbeda dari biasanya. Struktur kalimat pun bisa berlainan ketimbang saat membicarakan hal lain.

5. Tanyakan dengan urutan terbalik

Apabila sudah jelas apa hal yang menjadi asal mula kebohongan, coba tanyakan runutan kejadian dengan terbalik. Jadi, bukannya menceritakan sejak awal hingga akhir, coba mulai dari akhir hingga awal mula.Diberi pertanyaan dengan pola terbalik ini akan membuat orang yang berbohong harus berpikir dua kali lipat demi menutupi dustanya. Ingat betul apa jawaban mereka dan tanyakan kembali, bisa-bisa mereka memberikan jawaban berbeda karena memang hanya omong kosong belaka.

6. Cari bukti

Tak perlu terburu-buru melabrak pasangan jika ada kecurigaan berselingkuh. Lakukan secara halus dan berhati-hati. Hal terpenting adalah kumpulkan bukti sebanyak-banyaknya.Jika sulit mencari bukti secara langsung karena pasangan cenderung menutup diri, minta bantuan dari orang terpercaya. Contohnya seperti rekan kerja, sahabatnya, dan siapapun. Sebisa mungkin, pilih orang yang bisa memberikan bantuan dan tanggapan yang netral karena bisa saja kecurigaan ini tidak terbukti.

7. Lihat perubahan perilaku

Orang yang berselingkuh tentu harus membuat satu identitas baru sehingga terlihat seakan bukan dirinya sendiri. Contohnya dengan membuat kata sandi di ponsel padahal sebelumnya tidak pernah hingga frekuensi melihat ponsel yang meningkat tajam.Bukan hanya itu, perubahan dalam kehidupan seksual juga bisa terjadi. Keintiman semakin jarang terjadi. Atau justru sebaliknya, pasangan mengajak mencoba aktivitas seksual baru yang belum pernah dibicarakan sebelumnya.

8. Masalah finansial

Urusan uang bisa menjadi pemicu gesekan suami istri dalam rumah tangga yang harmonis, terlebih bagi yang berselingkuh. Cara mendeteksinya bisa dengan melihat adanya pengeluaran yang tidak terdeteksi atau kurang masuk akal.Selain itu, konflik seputar uang menjadi lebih sering terjadi. Contoh lainnya adalah pasangan enggan merencanakan aktivitas yang membutuhkan bujet besar seperti membeli rumah, berlibur, atau renovasi.

Catatan dari SehatQ

Pada sebagian besar kasus, menuduh pasangan berselingkuh pasti akan direspons dengan penolakan. Kecuali, jika Anda sudah memiliki bukti yang tak bisa terbantahkan.Jika perselingkuhan benar-benar terjadi, cari solusi yang paling ideal. Ingat bahwa kesehatan mental juga penting untuk bertahan dalam sebuah pernikahan. Apakah memilih untuk memaafkan pasangan yang berselingkuh atau tidak, kembali pada pilihan masing-masing.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar masalah pernikahan dan kaitannya dengan kesehatan mental, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
mempertahankan pernikahanpernikahanmenjalin hubungan
Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/warning-signs-your-spouse-is-cheating-2300652
Diakses pada 31 Desember 2020
Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/emotional-health/how-deal-with-lying-spouse/
Diakses pada 31 Desember 2020
Fox News. https://www.foxnews.com/tech/8-clever-ways-that-tech-can-reveal-a-cheating-spouse
Diakses pada 31 Desember 2020
APA PsycNet. https://doi.apa.org/doiLanding?doi=10.1037%2F0022-3514.70.5.979
Diakses pada 31 Desember 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait