Cukup Menantang, Ini Teknik Renang Gaya Kupu-Kupu yang Harus Anda Kuasai


Teknik renang gaya kupu-kupu pada prinsipnya terbagi menjadi tiga bagian, yaitu teknik pernapasan, gerakan tangan, dan gerakan kaki. Gaya renang yang satu ini memerlukan koordinasi tubuh secara maksimal, mulai dari tangan, badan, hingga kaki.

(0)
31 Jan 2021|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Teknik renang gaya kupu-kupu membutuhkan tenaga besarTeknik renang gaya kupu-kupu memerlukan energi yang tidak sedikit
Bagi perenang pemula, mempelajari teknik renang gaya kupu-kupu akan jadi hal yang menantang. Pasalnya, gaya renang yang satu ini memang tergolong lebih sulit dibanding renang gaya bebas, gaya punggung, maupun gaya dada.Seperti namanya, renang gaya kupu-kupu mengharuskan lengan untuk bergerak secara sinkron sebagaimana kupu-kupu mengepakkan sayapnya. Gerakan ini membutuhkan energi yang besar dan pengetahuan akan teknik berenang yang lebih tinggi dibanding gaya-gaya renang lain yang disebutkan di atas.Teknik renang gaya kupu-kupu juga membutuhkan koordinasi tubuh yang maksimal, mulai dari tangan, badan, hingga kaki. Inilah salah satu alasan perenang pemula tidak dianjurkan untuk mencoba melakukan gaya kupu-kupu sebelum menguasai teknik renang dengan benar.

Teknik renang gaya kupu-kupu

Jangan khawatir, perenang pemula tetap dapat membaca teori teknik gaya renang kupu-kupu berikut ini sebagai referensi. Bila ingin mencoba mempraktikkannya, sangat dianjurkan untuk meminta supervisi dari pelatih atau orang yang lebih berpengalaman terlebih dahulu demi keselamatan Anda sendiri.Pada prinsipnya, renang gaya kupu-kupu mengharuskan tubuh untuk berada sedekat mungkin dengan permukaan air. Ketika berenang, bahu dan pinggul harus berada dalam posisi horizontal, sedangkan gerakan tubuh mesti sinkron dengan kepala serta tangan.Lengkapnya, teknik renang gaya kupu-kupu yang harus Anda kuasai adalah sebagai berikut ini.

1. Teknik pernapasan

Teknik pernapasan yang digunakan saat berenang dengan gaya kupu-kupu ialah kepala berada di dalam air sebelum tangan mengepak. Teknik ini memastikan posisi badan tetap horizontal sehingga daya dorong kaki juga maksimal.Dalam teknik renang gaya kupu-kupu, terdapat 4 jenis teknik pengambilan napas, yaitu:
  • Gaya tradisional

    Teknik ini dilakukan sesuai gambaran di atas, yakni kepala berada di atas air sebelum tangan mengepak plus pandangan terarah ke depan. Untuk melakukannya, dada perenang harus menyembul ke atas permukaan air atau dikategorikan sebagai high riser.
  • Water watcher

    Teknik bernapas ini juga tergolong high riser karena mengharuskan dada perenang untuk berada di permukaan air saat mengambil napas. Bedanya dari gaya tradisional, mata perenang melihat ke arah air sehingga dinamakan water watcher.
  • Chin surfer

    Teknik renang gaya kupu-kupu ini dilakukan dengan menjulurkan hanya leher ke atas permukaan air untuk mengambil napas. Posisi dagu berada sedekat mungkin dengan air, pandangan ke depan, sebelum mencelupkan kembali kepala ke dalam air.
  • Napas samping

    Teknik ini mengharuskan kepala miring dan mulut membuka untuk mengambil napas sedekat mungkin dengan permukaan air. Teknik ini jarang digunakan oleh perenang gaya kupu-kupu profesional karena dinggap dapat memperlambat gerakan.

2. Teknik gerakan tangan

Pastikan tangan terantang di atas permukaan air
Gerakan lengan dalam teknik renang gaya kupu-kupu terbagi atas tiga gerakan menyapu yang dilakukan secara simultan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini.
  • Rentangkan lengan di depan tubuh di atas permukaan air.
  • Bagian tangan pertama yang masuk ke air adalah ibu jari.
  • Saat masuk ke air, rentangkan lengan selebar bahu dengan siku ditekuk dan sedikit lebih tinggi dari telapak tangan.
  • Gerakkan tangan ke bawah dan ke luar seperti membentuk bentuk Y di depan tubuh.
  • Putar dan sapu tangan Anda satu sama lain, jaga siku tetap tinggi.
  • Putar tangan ke atas dan ke belakang dan sapukan sejajar dengan sisi tubuh.
Pemulihan lengan dilakukan secara agresif saat merentangkannya ke depan untuk masuk kembali ke dalam air. Saat lengan di atas permukaan air ini, cobalah untuk tidak menurunkan pinggul sehingga tubuh tetap berada sedekat mungkin dengan air.

3. Teknik gerakan kaki

Gerakan kaki dalam teknik renang gaya kupu-kupu bertumpu pada kekuatan pinggul. Prinsip gerakannya adalah dengan langkah berikut ini.
  • Tumit dan telapak kaki harus muncul ke permukaan dari bawah air dengan lutut sedikit ditekuk agar kepakan juga kencang.
  • Gerakkan kaki kuat-kuat, kemudian dorong tubuh ke depan. Usahakan kedua kaki Anda berdekatan dengan pergelangan kaki tetap rileks.
  • Tendangan Anda harus terjadi saat lengan masuk dan keluar.
  • Cobalah menendang dua kali per siklus lengan, yakni sekali untuk mendorong lengan keluar dari air untuk pemulihan dan sekali saat lengan masuk ke dalam air.
Teknik renang gaya kupu-kupu di atas juga bisa dilatih kembali untuk memperbaiki gerakan bagi atlet yang sudah lebih mahir. Selain itu, Anda juga bisa berlatih gerakan memutar (turning) yang banyak digunakan saat sesi perlombaan.
olahragatips olahragaberenang
My Swim Pro. https://myswimpro.com/blog/2020/09/23/how-to-swim-butterfly-with-perfect-technique/
Diakses pada 16 Januari 2020
Swim England. https://www.swimming.org/masters/advanced-butterfly-stroke-technique/
Diakses pada 16 Januari 2020
Swim Like A Fish. https://swimlikeafish.org/4-different-ways-to-butterfly-breathing-techniques
Diakses pada 16 Januari 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait