Cuka Putih, Si Asam yang Punya Banyak Manfaat

(0)
13 Jul 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cuka putih yang biasanya digunakan untuk menyedapkan makanan, ternyata punya manfaat kesehatan.Cuka putih, si asam yang punya banyak manfaat kesehatan.
Cuka putih dikenal sebagai bumbu penyedap yang digunakan untuk melezatkan makanan. Namun ternyata, para ahli kesehatan juga menemukan bukti bahwa cuka putih juga memiliki manfaat dari sisi medis.Mulai dari mengontrol gula darah, menurunkan kolesterol, hingga membasmi bakteri, ada beragam manfaat cuka putih. Kenalilah berbagai manfaat cuka putih untuk kesehatan beserta efek sampingnya ini.

Cuka putih, apa saja manfaatnya?

Cuka putih telah digunakan sebagai obat tradisional selama ribuan tahun. Untuk membuktikannya, para peneliti pun mencoba melakukan berbagai macam riset.Maka dari itu, sebelum Anda menggunakannya, kenali dulu penjelasan ilmiah tentang manfaat cuka putih untuk kesehatan ini.

1. Mengontrol gula darah

Manfaat cuka putih yang pertama ialah mengontrol gula darah. Dalam beberapa studi, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi cuka putih setelah makan, bisa menurunkan kadar gula darah dan kadar insulin dalam tubuh.

2. Menjaga berat badan ideal

Manfaat cuka putih yang satu ini tentunya sangat menggiurkan untuk mereka yang sedang diet. Ya, cuka putih dipercaya bisa menjaga berat badan ideal.Beberapa riset menemukan, mengonsumsi cuka putih bisa memperlambat proses pengosongan lambung, sehingga menunda datangnya rasa lapar. Dengan demikian, kadar kalori yang masuk ke dalam tubuh diharapkan bisa berkurang, dan berat badan ideal pun terjaga.

3. Menurunkan kolesterol

Menurunkan kolesterol menjadi manfaat cuka putih yang tentunya dibutuhkan banyak orang. Dalam sebuah riset pada hewan uji, tikus yang diberikan cuka putih mengalami penurunan kolesterol secara signifikan.Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan, terutama pada manusia, untuk mencari tahu kemampuan cuka putih dalam menurunkan tingkat kolesterol.

4. Membasmi mikroba

Cuka putih mengandung antimikroba, yang dipercaya bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan. Misalnya, jamur di kuku, kutil di kulit, hingga infeksi telinga. Selain itu, cuka putih juga bisa dioleskan ke kulit untuk mengobati luka bakar ataupun infeksi.

5. Mengatasi cegukan berlebihan

Siapa sangka kalau cuka putih bisa mengatasi cegukan? Beberapa riset memaparkan berbagai metode penggunaan cuka putih untuk mengatasi cegukan yang bisa dicoba.Dalam Journal of Palliative Medicine, menyuntikkan 0,1 mililiter cuka putih pada dua responden sehat dan satu pasien kanker, terbukti ampuh dalam mengatasi cegukan seketika. Namun, pasien kanker tersebut mengalami efek samping berupa iritasi hidung ringan.Dalam penelitian kedua yang dirilis dalam Reactions Weekly, cuka putih untuk pasien kanker yang mengalami gejala cegukan akibat kemoterapi, dianggap ampuh. Pasien tersebut hanya perlu satu tegukan cuka putih dalam jumlah sedikit, untuk menghilangkan cegukan.

6. Meningkatkan aliran darah

Manfaat cuka putih dalam mengontrol gula darah ternyata bisa membantu tingkatkan aliran darah. Dalam sebuah riset yang dirilis European Journal of Clinical Nutrition, para partisipan mendapatkan sedikit cuka putih sebelum mengonsumsi makanan.Metode ini berhasil meningkatkan aliran darah, menurunkan kadar trigliserida dan insulin para partisipan, dibandingkan obat plasebo.

7. Menjaga kesehatan gigi

Manfaat cuka putih sebagai disinfektan tidak boleh diremehkan. Dalam sebuah makalah yang dirilis di Scientific World Journal misalnya, cuka putih terbukti ampuh membasmi bakteri Streptococcus mutans, yang sering menyebabkan gigi berlubang.

Efek samping cuka putih

Ada “harga” yang harus dibayar jika Anda ingin merasakan manfaat cuka putih di atas. Sebab, tingkat keasaman cuka putih juga bisa merusak lambung, tenggorokan, serta gigi.Selain itu, walaupun cuka putih dianggap memiliki banyak manfaat, mengonsumsinya dalam jumlah besar bisa membahayakan tubuh kita.Bahkan, mengonsumsi terlalu banyak cuka putih dipercaya bisa mengundang gejala merugikan, seperti gangguan pencernaan dan nyeri ulu hati.Mengonsumsi makanan berasam tinggi seperti cuka putih juga berpotensi merusak enamel gigi. Bahkan, cuka putih terbukti sebagai jenis cuka yang paling bisa merusak gigi.Hati-hati juga saat Anda sedang mengonsumsi obat-obatan untuk gula darah dan penyakit jantung. Sebab, cuka putih bisa mengganggu efektivitas obat-obatan tersebut dan memunculkan efek samping seperti turunnya kadar gula darah dan kalium.

Catatan dari SehatQ:

Walaupun cuka putih memiliki banyak manfaat, jangan coba-coba mengonsumsinya sebelum berkonsultasi pada dokter apabila Anda memiliki kondisi medis tertentu. Apalagi jika Anda memang ingin menyembuhkan suatu kondisi medis dengan cuka putih.Sebab, akan ada efek samping merugikan jika Anda mengonsumsi cuka putih tanpa anjuran dari dokter. Ditambah lagi, tak ada yang bisa menggantikan peran pengobatan medis untuk hasil penyembuhan yang maksimal.
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuranpola hidup sehat
Livestrong. https://www.livestrong.com/article/517392-is-white-vinegar-good-for-health/
Diakses pada 29 Juni 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/white-vinegar#health-benefits
Diakses pada 29 Juni 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait