Cuka Apel untuk Jerawat, Benarkah Efektif?

(0)
16 Sep 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Cuka apel untuk jerawat dianggap efektif karena bersifat antibakteri dan antijamur.Cuka apel untuk jerawat juga punya efek samping yang harus diwaspadai.
Cuka apel untuk jerawat dianggap efektif karena bahan dapur ini mengandung berbagai macam senyawa yang terbukti bisa melawan bakteri penyebab jerawat di wajah.Cuka apel dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain menurunkan berat badan, produk olahan apel ini dianggap bisa menjaga kestabilan gula darah dan bahkan mencegah kanker. Namun, bagaimana efektivitas cuka apel untuk jerawat?

Cuka apel untuk jerawat, mitos atau fakta?

Cuka apel terbuat dari sari apel yang dibumbui ragi agar bisa berfermentasi. Proses ini memicu munculnya asam asetat yang dipercaya memiliki kemampuan antibakteri dan antijamur.Ada dua cara cuka apel dapat menghilangkan jerawat, di antaranya:
  • Membunuh bakteri penyebab jerawat

Selain mengandung asam asetat, cuka apel juga memiliki asam sitrat, asam laktat, dan asam suksinat. Dalam berbagai penelitian, sederet jenis asam ini terbukti dapat membunuh Propionibacterium acnes atau P. acnes yang sering kali menyebabkan munculnya jerawat.Dalam sebuah studi, 22 partisipan mencoba mengoleskan asam laktat ke bagian wajahnya sebanyak dua kali dalam sehari, selama satu tahun. Hasilnya, banyak dari partisipan yang mengalami penurunan munculnya jerawat secara signifikan.Namun, riset ini hanya menggunakan asam laktat yang diambil dari losion, bukan cuka apel. Maka dari itu, penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan untuk membuktikan manfaat cuka apel untuk jerawat.
  • Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat cuka apel untuk jerawat tidak hanya mencegah kedatangannya saja, tapi juga menghilangkan bekas lukanya. Saat dioleskan ke kulit wajah, beberapa asam dari cuka apel ternyata dapat membantu menghilangkan bekas luka jerawat dan memicu regenerasi kulit.Menurut penelitian, asam suksinat yang dikandung cuka apel lah yang dapat mencegah datangnya luka akibat jerawat. TIdak hanya itu, asam laktat juga terbukti dapat memperbaiki tekstur, pigmentasi, dan penampilan kulit pada individu yang memiliki bekas luka jerawat.Meskipun hasil penelitian di atas sangat menjanjikan, tentunya masih dibutuhkan riset lebih lanjut untuk membuktikan manfaat cuka apel untuk jerawat, baik mencegah ataupun menghilangkan bekas lukanya.

Efek samping cuka apel untuk jerawat

Efek samping cuka apel untuk jerawat
Cuka apel untuk jerawat juga ada efek sampingnya
Perlu diingat, Anda dilarang untuk mengoleskan cuka apel secara langsung ke kulit sebelum mencampurkannya dengan air terlebih dahulu. Sebab, ada banyak efek samping berbahaya jika cuka apel langsung dioleskan ke kulit.
  • Luka bakar kimiawi

Menurut sebuah laporan dari Journal of Clinical and Aesthetichetic Dermatology, seorang remaja mengalami luka kimia di hidungnya setelah mengoleskan langsung cuka apel untuk menghilangkan tahi lalat.Dalam kasus lain yang dimuat dalam jurnal American Academy of Dermatology, seorang remaja laki-laki mengalami luka bakar kimia akibat mengoleskan cuka apel secara langsung ke kulitnya tanpa mencampurkannya dengan air terlebih dahulu.
  • Iritasi dan kulit kering

Bahkan, mengoleskan cuka apel yang sudah dicampurkan dengan air pun masih dapat menyebabkan efek samping, seperti iritasi dan kulit kering. Maka dari itu, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum mencoba cuka apel untuk jerawat.Berbagai efek samping di atas dapat terjadi karena cuka apel bersifat asam sehingga berpotensi menimbulkan berbagai efek samping pada kulit. Untuk mencegah efek samping ini, Anda disarankan untuk menggunakan sedikit saja cuka apel, kemudian mencampurkannya dengan air.

Cara menggunakan cuka apel untuk jerawat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda harus mencampurkan cuka apel dengan air sebelum mengoleskannya ke kulit. Selain itu, jangan pernah mengoleskan cuka apel ke kulit yang sensitif atau luka terbuka karena bisa menyebabkan rasa nyeri dan kerusakan kulit.Berikut ini adalah cara menggunakan cuka apel untuk jerawat:
  • Campurkan satu tetes cuka apel dengan tiga tetes air bersih (jika Anda punya kulit sensitif, tambahkan air bersihnya)
  • Bersihkan wajah Anda dengan air dan keringkan
  • Oleskan cuka apel ke wajah secara lembut dengan kapas
  • Diamkan selama 5-20 detik, kemudian bilas dengan air bersih dan keringkan
  • Lakukan proses ini sebanyak 1-2 kali per hari.
Jika Anda merasakan sensasi terbakar saat mengoleskan cuka apel untuk jerawat, campurkan dengan air bersih yang lebih banyak. Namun, jika sensasi terbakarnya tidak hilang, segera hentikan penggunaan cuka apel ke bagian kulit manapun.

Catatan dari SehatQ:

Meskipun berbagai studi terhadap cuka apel untuk jerawat sangat menjanjikan, Anda dilarang untuk mencobanya sebelum berkonsultasi dengan dokter kulit. Hal ini dilakukan guna menghindari efek samping yang malah bisa merugikan kesehatan kulit Anda.
perawatan kulitjerawatpengobatan jerawatkulit dan kecantikan
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/apple-cider-vinegar-and-acne
Diakses pada 2 September 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/apple-cider-vinegar-for-face#how-it-might-help
Diakses pada 2 September 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait