Contoh Gerakan Yoga Aerial dan Manfaatnya bagi Kesehatan


Yoga aerial dilakukan dengan menggunakan ayunan kain (hammock) atau selendang sehingga tidak menyentuh lantai. Gerakan yoga aerial memiliki banyak kesamaan dengan yoga tradisional dan mempunyai sejumlah manfaat bagi kesehatan.

0,0
17 Aug 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Ada banyak manfaat yoga aerial bagi kesehatanGerakan yoga aerial dilakukan dengan bergelantung di hammock
Yoga aerial adalah yoga yang dilakukan dengan ditopang hammock atau selendang yang digantung di langit-langit. Yoga aerial juga dikenal dengan sebutan flying yoga, anti gravity yoga atau swing yoga.Selama melakukan gerakan yoga aerial, sebagian atau seluruh tubuh Anda akan terangkat di udara. Gerakan flying yoga memiliki banyak kesamaan dengan yoga tradisional dan dapat dilakukan oleh semua kalangan, baik pemula hingga yang telah berpengalaman.

Contoh gerakan yoga aerial

Gerakan-gerakan yoga aerial sangatlah beragam. Mulai dari yang sederhana hingga rumit, berikut adalah beberapa contoh gerakan yoga aerial.

1. Easy pose

Sesuai namanya, pose yoga aerial ini tergolong mudah dilakukan dan sederhana. Anda cukup melakukan posisi bersila seperti sedang meditasi, tetapi melakukannya di atas hammock.Anda mungkin perlu lebih fokus dalam menjaga keseimbangan. Pose yoga ini juga baik untuk digunakan sebagai jeda antara berbagai pose lain yang lebih rumit.

2. Supported chair pose

Gerakan yoga aerial berikutnya adalah supported chair pose, di mana Anda berpose seperti sedang duduk di atas kursi. Gunakan hammock untuk menahan bagian punggung atas sehingga tubuh bagian atas dan paha Anda dapat membentuk sudut siku-siku.Anda dapat membiarkan tangan menggantung ke bawah, tetapi lebih baik jika Anda mengangkat ketinggian tangan untuk berpegangan pada selendang.

3. Aerial handstand

Pose yoga aerial ini memungkinkan Anda berdiri terbalik dengan menggunakan tangan. Gunakan hammock untuk membelit pinggang hingga mata kaki Anda.Bagi Anda yang lebih berpengalaman, Anda dapat mengangkat kedua tangan ke samping dan biarkan kepala Anda menggantung di bawah.

4. Star inversion pose

Pose yoga aerial ini mirip dengan handstand, hanya saja kedua lengan dan kaki direntangkan terbuka keluar seperti bintang. Pastikan tinggi hammock sesuai supaya kepala Anda tidak menyentuh lantai.

5. High plank

Pose high plank atau adalah pose dasar melakukan push up. Gunakan hammock untuk menahan pergelangan kaki, sementara kedua telapak tangan menahan tubuh bagian atas.Anda dapat melakukan beberapa variasi dari pose yoga ini, seperti:
  • Anda dapat menekuk tangan seperti push up dengan kaki menggantung di udara.
  • Biarkan satu kaki tetap di hammock dan turunkan lutut kaki yang satunya ke lantai. Turunkan tubuh bagian atas untuk melakukan child pose.
  • Bergulir menyamping, lalu gunakan satu tangan di lantai untuk menopang tubuh dan melakukan pose aerial side plank.
Beberapa gerakan di atas adalah segelintir contoh gerakan yang paling sederhana dari flying yoga, di mana seluruh bagian tubuh tidak melayang di udara. Namun, masih banyak pose aerial yoga lainnya yang dapat dilakukan oleh pemula.

Manfaat yoga aerial

Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan yoga aerial secara rutin. Berikut adalah beberapa di antaranya:
  • Yoga aerial dapat meringankan tekanan pada punggung dan leher. Dengan mengurangi beban pada punggung, jenis yoga ini dapat membantu memperpanjang dan meregangkan tulang belakang.
  • Pose swing yoga yang melibatkan seluruh tubuh dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan seluruh tubuh.
  • Otot perut akan terus aktif selama latihan yoga aerial untuk menjaga stabilitas berbagai pose berbeda. Hal ini dapat meningkatkan kekuatan inti tubuh.
  • Kombinasi pose swing yoga dan latihan pernapasan membantu meningkatkan sirkulasi udara ke seluruh tubuh dan organ pencernaan.
  • Latihan ini juga baik untuk Anda yang memiliki masalah persendian. Yoga aerial adalah latihan low impact yang aman bagi sendi. Bahkan, ada beberapa kelas yoga yang berfokus pada kesehatan dan pemulihan sendi.
  • Latihan flying yoga juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan suasana hati lebih baik karena bantuan hammock membantu Anda lebih percaya diri saat melakukan berbagai gerakan dan memberikan rasa pencapaian.
Itulah beberapa pose yoga aerial dan potensi manfaatnya. Jika Anda memiliki kondisi khusus atau target khusus untuk kesehatan Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan pelatih pribadi Anda. Sehingga, Anda bisa mendapatkan jenis latihan yang paling sesuai dengan kebutuhan.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips olahragayoga
Yoga Authority. https://yogauthority.org/awesome-aerial-yoga-poses/
Diakses 4 Agustus 2021
The Hot Yoga Spot. https://www.thehotyogaspot.com/blog/what-is-aerial-yoga-and-what-are-the-benefits
Diakses 4 Agustus 2021
Good Housekeeping. https://www.goodhousekeeping.com/health/fitness/a33324129/aerial-yoga-fitness-benefits/
Diakses 4 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait