Contoh dan Manfaat Eksperimen Sains Sederhana untuk Anak


Ekperimen sains sederhana untuk anak usia dini dapat dilakukan dengan menggunakan benda-benda yang mudah didapatkan di sekeliling kita, misalnya percobaan sains dengan sabun atau bayangan. Dengan melakukan berbagai eksperimen ini, ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan anak.

0,0
11 Sep 2021|Nenti Resna
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Salah satu eksperimen sains sederhana untuk anak yang mudah dilakukan adalah membuat balon dari sabunMembuat balon dari sabun termasuk eksperimen sains sederhana untuk anak
Eksperimen sains sederhana untuk anak merupakan salah satu cara belajar yang menyenangkan dalam memperkenalkan anak pada dunia di sekelilingnya. Pada dasarnya, anak-anak memiliki keingintahuan alami yang besar mengenai alam di sekitar mereka. Misalnya, bertanya mengapa langit berwarna biru, mengapa pesawat bisa terbang, dan lain sebagainya.Tidak ada salahnya untuk mengajarkan anak tentang sains sejak dini karena manfaatnya sangat banyak. Salah satu manfaat sains untuk anak usia dini adalah sebagai pelajaran ideal untuk menjawab rasa ingin tahu alami anak. Maka dari itu, Anda bisa melakukan percobaan sains anak sederhana sebagai media pembelajaran yang baik.

Contoh eksperimen sains sederhana untuk anak

Eksperimen sains sederhana untuk anak usia dini tentu perlu dilakukan berdasarkan sejumlah pertimbangan. Selain bisa dilakukan dengan mudah, eksperimen ini harus menyenangkan dan tentunya aman. Berikut adalah beberapa contoh percobaan sains anak yang mudah dilakukan.

1. Percobaan sains dengan sabun

Bermain gelembung sabun merupakan salah satu percobaan sains anak yang banyak digemari. Tidak hanya sekedar menciptakan gelembung, percobaan sains dengan sabun juga dapat membantu anak mengerti seputar konsep gaya dorong dan tarikTantang anak untuk menjaga agar gelembung tetap mengambang di udara selama mungkin. Secara intuitif, anak dapat mulai meniupkan udara atau mengibaskan tangan agar gelembung tetap mengambang.Eksperimen sains sederhana untuk anak ini membuat si kecil bisa mengamati efek gaya saat mendorong dan menarik suatu benda.Selain percobaan sains dengan sabun, Anda juga dapat menggunakan hair dryer untuk menjaga bola pingpong tetap mengapung di udara atau berlomba mendorong bola kecil dari kertas yang ditiup sampai ke garis finish.

2. Percobaan sains anak dengan air

Eksperimen sains sederhana untuk anak lainnya adalah mempelajari tentang tenggelam dan mengambang di air. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.
  • Siapkan buah apel, anggur, dan jeruk. Bagi buah-buahan menjadi tiga kategori, yaitu dikupas, tidak dikupas, dan dipotong.
  • Siapkan tiga wadah yang berisi air biasa, air manis, dan air asin.
  • Amati reaksi yang berbeda pada berbagai jenis buah dan air yang digunakan dalam wadahnya.
  • Misalnya, Anda bisa mengapungkan anggur di bawah air dengan menambahkan garam ke air tawar.
Anak-anak dapat belajar mengenai dampak menambahkan garam ke dalam air, perbedaan yang terjadi saat buah dikupas atau tidak dikupas, hingga saat gula ditambahkan ke dalam air.

3. Percobaan sains anak dengan bayangan

Eksperimen sains sederhana untuk anak dengan menggunakan bayangan dapat dilakukan pada siang hari dengan sumber cahaya matahari dan anak-anak sebagai objeknya.
  • Minta anak-anak mengamati bayangan mereka di tanah pada waktu-waktu yang berbeda sepanjang hari.
  • Tandai bayangan dengan menggunakan kapur untuk melihat perbedaannya.
  • Minta anak bersembunyi di balik pohon dari matahari dan amati perbedaannya.
Percobaan sains anak dengan bayangan ini dapat mengajarkan bagaimana jarak antara cahaya, benda, dan tempat dapat mengubah bentuk bayangannya.Anak dapat mengetahui apa yang membuat bayangan dan apa yang terjadi saat sumber cahaya menjauh atau mendekat. Anda juga dapat menggunakan senter atau lilin di malam hari untuk melakukan eksperimen sains sederhana untuk anak ini.

4. Percobaan sains anak dengan telepon senar

Ekperimens sains sederhana untuk anak dengan menggunakan telepon senar dapat mengajarkannya mengenai gelombang suara. Anda dapat menggunakan gelas plastik atau kaleng susu dengan tali yang cukup panjang. Berikut adalah cara melakukannya.
  • Lubangi kedua gelas pada dasarnya.
  • Hubungkan kedua gelas dengan menggunakan tali yang dihubungkan melalui kedua lubang.
  • Minta anak menyentuh tenggorokan saat bicara dan yang lainnya mendengarkan.
Percobaan sains anak dengan menggunakan telepon senar ini dapat mengajarkan anak mengenai gelombang suara yang merambat melalui udara atau benda.

Manfaat sains untuk anak usia dini

Kreativitas anak
Mempelajari sains dapat melatih kreativitas anak usia dini
Ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan berbagai eksperimen sains sederhana untuk anak di atas. Berikut adalah berbagai manfaat sains untuk anak usia dini.
  • Menjadi aktivitas bermain sambil belajar yang menyenangkan.
  • Menyalurkan minat dan menjawab keingintahuan anak.
  • Aktivitas yang variatif dan tidak membosankan.
  • Melatih kreativitas anak dengan mengeksplorasi ide-ide baru.
  • Cara mudah untuk melatih percakapan dan bahasa sekaligus mengenal kata-kata baru.
  • Melatih anak tentang pemecahan masalah.
  • Bisa dikombinasikan dengan permainan sensorik dan matematika.
  • Memberikan kesempatan pada anak untuk menguji idenya, membuat koneksi, hingga memperluas apa yang telah mereka ketahui.
  • Membantu membekali anak untuk sukses di sekolah dengan membangun keterampilan dan pengetahuan dasar.
Itulah beberapa percobaan sains anak dan manfaat sains untuk anak usia dini. Anda dapat terus mengembangkan ide eksperimen sains sederhana untuk anak dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar Anda.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
tips parentingtips mendidik anak
Medium. https://medium.com/@terriwattawa/the-benefits-of-learning-science-in-early-childhood-9d1af77de200
Diakses 30 Agustus 2021
Petit Journey. https://www.petitjourney.com.au/science-preschoolers/
Diakses 30 Agustus 2021
Connie. https://conniedeal.com/9-benefits-of-toddler-science-activities/
Diakses 30 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait