Collard Greens, Sayuran Hijau Bernutrisi Tinggi yang Wajib Dicoba


Collard greens adalah sayuran sejenis sawi yang bernutrisi sangat tinggi. Penelitian membuktikan bahwa sayuran ini dipercaya dapat mencegah penyakit kanker dan osteoporosis.

0,0
03 Dec 2020|Fadli Adzani
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Collard greens adalah sayuran silangan berdaun hijau yang bernutrisi tinggi.Collard greens, salah satu sayuran silangan yang sangat menyehatkan!
Collard greens adalah sayuran silangan sejenis sawi yang memiliki nutrisi tinggi, seperti protein, kalsium, vitamin C hingga zat besi. Penelitian membuktikan, sayur dengan nama ilmiah Brassica oleracea ini dipercaya dapat mencegah penyakit kanker hingga diabetes. 
Mari kenali berbagai manfaat collard hijau yang digadang-gadang sebagai salah satu sayuran paling menyehatkan di dunia ini.

8 manfaat collard greens untuk kesehatan

Collard greens adalah sayur yang mirip sawi, memiliki tekstur daun yang tebal dan rasanya pahit. Namun, setelah dimasak dengan cara yang tepat, kelezatan sayuran ini bisa Anda rasakan.Selain kaya akan kalsium dan zat besi, collard hijau merupakan salah satu sumber vitamin K tertinggi yang bisa mencegah penggumpalan darah dan menyehatkan tulang. Berikut adalah sejumlah manfaat lainnya yang perlu Anda ketahui.

1. Bernutrisi tinggi

Collard greens adalah sayuran berdaun hijau yang bernutrisi tinggi
Collard greens memiliki banyak nutrisi
 Tidak mengherankan jika banyak orang menobatkannya sebagai salah satu sayuran paling menyehatkan. Pasalnya, sayuran mirip sawi ini mengandung berbagai kandungan nutrisi lengkap untuk tubuh kita.Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), berikut kandungan nutrisi secangkir collard greens rebus:
  • Kalori: 63
  • Protein: 5,15 gram
  • Lemak: 1,37 gram
  • Karbohidrat: 10,73 gram
  • Serat: 7,6 gram
  • Kalsium: 268 miligram
  • Zat besi: 2,15 miligram
  • Magnesium: 40 miligram
  • Fosfor: 61 miligram
  • Kalium: 222 miligram
  • Natrium: 28 miligram
  • Zinc: 0,44 miligram
  • Vitamin C: 34,6 miligram
  • Folat: 30 mikrogram
  • Vitamin A: 722 mikrogram
  • Vitamin E: 1,67 miligram
  • Vitamin K: 772,5 mikrogram.
Selain berbagai vitamin dan mineral di atas, collard greens juga mengandung tiamin, niasin, asam pantotenat, dan kolin.

2. Mencegah gangguan tidur dan menyehatkan mental

Collard greens mengandung kolin, yakni senyawa neurotransmiter penting yang bisa meningkatkan suasana hati, kualitas tidur, pergerakkan otot, proses belajar, hingga daya ingat.Selain itu, kolin juga bisa menjaga struktur membran sel, transmisi impuls saraf, penyerapan lemak, hingga mengurangi peradangan kronis.Selain kolin, sayuran ini juga mengandung folat yang dipercaya bisa mencegah depresi karena nutrisi ini dapat mengurangi kadar homosistein di dalam tubuh.

3. Menyehatkan kulit dan rambut

Collard hijau mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan kulit serta rambut, seperti:
  • Vitamin A, yang krusial dalam proses pertumbuhan sel tubuh (termasuk kulit dan rambut).
  • Vitamin C, yang bisa menjaga kestabilan kolagen di dalam tubuh sehingga kesehatan kulit dan rambut terjaga.
  • Zat besi, yang mampu mencegah anemia, sehingga kerontokan rambut dapat dicegah.

4. Menyehatkan sistem pencernaan

Collard greens dilengkapi dengan serat dan air. Keduanya dapat melindungi sistem pencernaan dari berbagai penyakit, contohnya sembelit. Selain itu, mengonsumsi sayuran yang kaya akan serat juga bisa melancarkan buang air besar.

5. Mengatasi diabetes

Collard greens adalah sayuran silangan sejenis sawi yang bernutrisi tinggi
Collard greens, si hijau yang menyehatkan
Sayuran yang tinggi serat, seperti collard hijau dipercaya bisa mengatasi diabetes. Sebuah studi menjelaskan, kandungan serat yang tinggi dapat mengurangi peradangan dan kadar glukosa di dalam darah pada pasien diabetes tipe 1. Selain itu, sayuran ini juga dianggap ampuh pada penderita diabetes tipe 2 dalam menjaga kestabilan gula darah, lipid, dan insulin.Tidak hanya itu, terdapat kandungan asam alfa-lipoat pada jenis sayuran ini. Menurut riset terbitan Global Advances in Health and Medicine, senyawa ini dapat menurunkan kadar glukosa dan meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes.

6. Mencegah kanker

Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa sayuran silangan, seperti collard, dapat mengurangi risiko kanker. Alasannya, jenis sayuran ini mengandung komponen sulfur yang bernama glukosinolat.Komponen ini dapat mencegah proses tumbuhnya kanker paru-paru, kolorektal (usus besar), payudara, hingga prostat.Dikutip dari jurnal Current Developments in Nutrition, pada 2017, para peneliti yang melakukan penelitian terhadap 3 ribu partisipan wanita, untuk mengetahui apakah sayuran silangan dapat menurunkan risiko kanker payudara.Hasilnya, wanita yang mengonsumsi sayuran silangan secara rutin dapat menurunkan risiko kanker payudara, terutama mereka yang belum mencapai fase menopause.

7. Menyehatkan tulang

Saat tubuh kekurangan vitamin K, tubuh Anda semakin rentan terhadap penyakit seperti osteoporosis. Selain itu, risiko patah tulang juga meningkat. Masalah ini bisa diatasi dengan sayur mirip sawi ini, yang dikenal tinggi akan vitamin K.Sebuah penelitian terbitan The American Journal of Clinical Nutrition membuktikan, wanita berusia 38-63 tahun yang tidak rutin mengonsumsi vitamin K (di bawah 109 mikrogram per hari) dihantui risiko patah tulang panggul.Selain vitamin K, sayur ini juga dilengkapi berbagai nutrisi yang penting untuk tulang, seperti kalsium.

8. Menyehatkan mata

Karena kandungan vitamin A-nya, sayur ini juga dipercaya bisa menyehatkan mata. Sebuah studi dari American Journal of Ophthalmology menemukan, mengonsumsi lebih dari satu porsi collard greens per minggu dapat menurunkan risiko glaukoma (penyakit mata yang bisa menyebabkan kebutaan) hingga 57 persen.

Peringatan sebelum mengonsumsi collard greens

Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan pengencer darah, hindari konsumsi makanan dengan kadar vitamin K yang tinggi seperti collard hijau. Sebab, vitamin ini memiliki peran besar dalam pembekuan darah.Selain itu, variasikan pola makan Anda, jangan tertuju pada satu makanan sehat saja. Kombinasikan sayur ini dengan sayuran hijau lainnya, seperti bayam hingga kale, untuk memaksimalkan manfaat kesehatannya.Untuk mengetahui berbagai manfaat makan sayur lainnya, jangan malu untuk bertanya dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play!
makanan sehathidup sehatbuah dan sayuran
Healthline. HTTPS://WWW.HEALTHLINE.COM/NUTRITION/LEAFY-GREEN-VEGETABLES
Diakses pada 19 November 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/277957#nutrition
Diakses pada 19 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/14-healthiest-vegetables-on-earth
Diakses pada 19 November 2020
USDA. https://ndb.nal.usda.gov/ndb/foods/show/11162?fgcd=&manu=&format=&count=&max=25&offset=&sort=default%E2%84%B4=asc&qlookup=Collards%2C+cooked%2C+boiled%2C+drained%2C+without+salt&ds=SR&qt=&qp=&qa=&qn=&q=&ing=
Diakses pada 26 Agustus 2021
Current Developments in Nutrition. https://academic.oup.com/cdn/article/1/8/e000448/4735233
Diakses pada 26 Agustus 2021
The American Journal of Clinical Nutrition. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/9925126/
Diakses pada 26 Agustus 2021
American Journal of Ophthalmology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3448787/
Diakses pada 26 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait