Cocok untuk Penderita Intoleransi Laktosa, Ini Kandungan Nutrisi Keju Parmesan dan Manfaatnya

(0)
Keju parmesan adalah keju dari susu sapi mentah tanpa pasteurisasi yang disimpan selama 12 bulan untuk membunuh bakteri berbahayaKeju parmesan mempunyai cita rasa seperti kacang dan asin layaknya keju pada umumnya
Parmesan merupakan salah satu jenis keju yang digemari dan sering dipakai dalam berbagai menu makanan. Punya tekstur berpasir, keju parmesan biasa digunakan sebagai pelengkap sekaligus penambah rasa pada makanan-makanan seperti pizza, pasta, maupun salad.

Apa itu keju parmesan?

Keju parmesan adalah keju dari susu sapi mentah tanpa pasteurisasi yang disimpan dan telah melalui proses selama 12 bulan untuk membunuh bakteri berbahaya. Lamanya proses itu pun membuat keju ini menjadi rendah laktosa sehingga tidak begitu menimbulkan masalah berarti bagi Anda yang menderita intoleransi laktosa.Di sisi lain, lamanya proses produksi keju parmesan ini menghasilkan cita rasa yang kompleks. Dikenal juga dengan nama Parmigiano-Reggiano, keju parmesan mempunyai cita rasa seperti kacang dan asin layaknya keju pada umumnya.

Kandungan nutrisi dalam keju parmesan

Kaya akan kandungan kalsium dan fosfor, mengonsumsi keju parmesan dapat meningkatkan kesehatan tulang Anda. Menurut studi yang dilakukan terhadap 5.000 orang dewasa di Korea, mengonsumsi makanan kaya akan kandungan kalsium dan fosfor memengaruhi massa tulang secara signifikan.Tidak hanya kalsium dan fosfor, keju parmesan juga mengandung beragam nutrisi lain. Berikut ini sejumlah nutrisi yang terkandung dalam Parmigiano-Reggiano (takaran 28 gram):
  • Kalori: 110
  • Lemak: 7 gram
  • Karbohidrat: 3 gram
  • Protein: 10 gram
  • Sodium: 330 mg atau 14 persen dari asupan harian yang disarankan (RDI)
  • Kalsium: 34 persen RDI
  • Fosfor: 30 persen RDI

Manfaat keju parmesan

Sama seperti keju pada umumnya, mengonsumsi keju parmesan dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan. Manfaat yang diberikan keju parmesan ini tak lepas dari kandungan nutrisinya. Beberapa manfaat keju parmesan untuk kesehatan, antara lain:

1. Kesehatan tulang

Mengandung beragam nutrisi seperti kalsium, protein, magnesium, zinc, dan vitamin A, D, K, mengonsumsi keju parmesan dapat menjaga kesehatan tulang, baik pada anak atau orang dewasa. Selain itu, gangguan tulang seperti osteoporosis bisa dicegah dengan makan keju parmesan.

2. Kesehatan gigi

Mengonsumsi keju parmesan dapat membantu mencegah gigi berlubang
Kalsium dalam keju parmesan bermanfaat untuk kesehatan gigi
Selain tulang, kandungan kalsium dalam keju parmesan berperan dalam pembentukan dan peningkatan kesehatan gigi. Menurut penelitian, mengonsumsi keju dapat meningkatkan pH (tingkat keasaman) pada plak gigi sehingga dapat membantu mencegah gigi berlubang.

3. Tekanan darah

Menurut statistik, orang yang mengonsumsi keju cenderung mempunyai tekanan darah rendah. Kandungan kalsium dalam keju parmesan dapat membantu menurunkan tekanan darah.Meskipun begitu, Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan karena keju kaya akan lemak dan natrium. Selain parmesan, jenis keju rendah lemak dan natrium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah di antaranya cottage, ricotta, serta feta.

4. Pembuluh darah

Menurut sebuah studi yang dirilis pada tahun 2014, disebutkan bahwa produk susu seperti keju merupakan sumber antioksidan glutathione. Antioksidan jenis ini diketahui sangat penting untuk kesehatan otak dan mencegah degenerasi saraf seiring bertambahnya usia.Sementara itu, penelitian lain mengatakan, sifat antioksidan pada keju dapat melindungi Anda dari efek negatif natrium. Selain itu, dikatakan juga bahwa orang yang mengonsumsi keju dari produk susu hewani punya pembuluh darah lebih baik jika dibandingkan mereka yang makan keju dari kedelai atau pretzel.

5. Kolesterol

Seperti makanan fermentasi lainnya, mengonsumsi keju parmesan dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Studi menyebut, peningkatan bakteri baik dalam usus ini memberikan dampak positif pada kadar kolesterol dalam darah Anda.

6. Meningkatkan imunitas

Merupakan sumber vitamin A, mengonsumsi keju parmesan dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Selain berkontribusi terhadap sistem imunitas Anda, vitamin A juga bermanfaat untuk kesehatan mata dan kulit.

7. Membantu mencegah diabetes

Menurut studi, kandungan gizi yang ada dalam keju dapat membantu meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Insulin akan menurunkan kadar gula darah dan membantu menghindarkan Anda dari penyakit diabetes, khususnya tipe 2.

8. Kesehatan otak

Mengonsumsi keju parmesan dapat membantu menjaga kesehatan otak
Kandungan vitamin B dalam keju parmesan bermanfaat untuk kesehatan otak
Keju parmesan merupakan makanan yang kaya akan kandungan vitamin B. Vitamin B berperan penting terhadap kinerja neurotransmitter, yaitu senyawa kimia dalam tubuh yang bertugas menyampaikan pesan antarsel. 

9. Membantu mencegah kanker

Mengandung vitamin B2 yang berperan sebagai antioksidan, mengonsumsi keju parmesan bisa membantu Anda terhindar dari penyakit berbahaya seperti kanker. Vitamin B2 membantu tubuh dalam regenerasi sel yang rusak dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Catatan dari SehatQ

Memiliki beragam kandungan nutrisi di dalamnya, mengonsumsi keju parmesan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan Anda. Menariknya, jenis keju ini termasuk aman dikonsumsi oleh penderita intoleransi laktosa.Meski begitu, Anda yang menderita intoleransi laktosa sebaiknya tetap berkonsultasi dahulu dengan dokter jika hendak mengonsumsi keju parmesan. Untuk berdiskusi lebih lanjut terkait keju parmesan beserta manfaatnya, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan gigiintoleransi laktosasusualergi susukesehatan tulang
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/healthiest-cheese
Diakses pada 5 Oktober 2020
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/299147
Diakses pada 5 Oktober 2020
Health Benefits Times. https://www.healthbenefitstimes.com/parmesan-cheese/
Diakses pada 5 Oktober 2020 
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait