Cocok untuk Anda yang Sedang Diet, Ini 19 Makanan yang Bikin Kurus

Beberapa contoh makanan yang bikin kurus adalah salmon, alpukat, telur, dan kacang-kacangan
Anda yang sedang berdiet perlu mengonsumsi makanan seperti salmon, alpukat, telur, kacang-kacangan, dan sebagainya

Menurunkan berat badan bukanlah hal yang mudah dan instan untuk dilakukan dari olahraga secara teratur sampai mengonsumsi makanan yang sehat, bergizi, dan rendah kalori. Anda tentu perlu mengonsumsi jenis makanan yang bikin kurus agar usaha Anda semakin optimal.

Apakah makanan yang bikin kurus memang benar-benar ada? Sebenarnya ada beberapa jenis makanan yang dapat Anda konsumsi untuk membantu Anda meraih berat badan ideal yang diinginkan.

Apa saja makanan yang bikin kurus?

Menurunkan berat badan bukan berarti Anda tidak makan sama sekali. Anda justru harus tetap makan dengan menjaga porsi dan jenis makanan yang dikonsumsi. Cobalah untuk memasukkan beberapa makanan yang bikin kurus ini ke dalam hidangan sehari-hari yang dikonsumsi:

1. Sayuran 

Sayuran sudah pasti merupakan salah satu jenis makanan yang bikin kurus. Mulai dari sayuran berdaun hijau sampai kembang kol dan brokoli, Anda perlu memasukkan sayur yang rendah kalori dan karbohidrat serta tinggi serat ke dalam daftar menu makanan sehat penurun berat badan yang wajib dikonsumsi.

Selain itu, mengonsumsi sayuran akan membuat lebih cepat kenyang sehingga dapat mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh.

2. Telur

Telur merupakan salah satu pilihan sumber protein yang dapat menjadi makanan yang bikin kurus. Protein dalam telur membuat Anda kenyang lebih lama. Namun, pada beberapa orang, konsumsi telur secara berlebih berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat LDL.

3. Daging ayam 

Daging ayam adalah salah satu pilihan sumber protein paling populer untuk bikin kurus. Namun, pilih bagian daging ayam yang rendah lemak dan tanpa kulit, seperti bagian dada ayam.

daging sapi rendah lemak adalah salah satu jenis makanan yang bikin kurus
Pilih bagian sapi yang rendah lemak jika Anda sedang berdiet

4. Daging sapi rendah lemak

Siapa bilang saat diet tidak boleh mengonsumsi daging sapi? Anda tetap bisa menyantap daging sapi. Hanya saja pilih daging sapi segar yang tidak diproses, seperti sosis, dan cari bagian sapi yang rendah lemak.

5. Tuna

Ikan tuna dapat menjadi makanan yang bikin kurus karena rendah kalori dan tinggi protein. Ikan tuna juga merupakan salah satu daging ikan yang rendah lemak.

6. Salmon

Selain tuna, salmon adalah daging ikan lain yang bisa menjadi sumber protein dan makanan yang bikin kurus. Salmon kaya akan lemak sehat dan asam lemak omega-3 yang baik untuk tubuh.

7. Kacang kedelai

Jika Anda sedang menerapkan diet vegetarian atau vegan, Anda bisa mengonsumsi kacang kedelai sebagai pengganti protein harian yang perlu dikonsumsi. Kacang kedelai juga mengandung kalsium yang baik untuk tulang.

8. Kentang rebus 

Bingung dengan sumber karbohidrat yang harus dikonsumsi? Cobalah menyantap kentang rebus. Kentang rebus lebih berserat bila dibandingkan dengan nasi putih biasa.

9. Biji-bijian

Selain kentang, Anda bisa mengganti karbohidrat nasi putih dengan biji-bijian seperti quinoa, oats, dan sebagainya yang tinggi serat dan lebih bernutrisi. 

Anda juga bisa mencampurkan nasi putih dengan biji-bijian lain, seperti chia seeds untuk mengurangi kalori dari nasi putih yang dikonsumsi dan menambah nutrisi dari hidangan.

Kacang-kacangan termasuk jenis makanan yang bikin kurus
Kacang-kacangan mengandung protein dan serat yang tinggi

10. Kacang-kacangan

Anda mungkin tidak pernah memasukkan kacang-kacangan dalam daftar makanan yang bikin kurus, padahal kacang-kacangan tidak hanya bisa menjadi camilan, tetapi bisa dijadikan lauk sehat yang tinggi protein dan serat. 

Beberapa jenis kacang yang bisa dicoba adalah kacang merah, kacang hijau, dan sebagainya.

11. Apel

Apel adalah salah satu buah yang dapat menjadi makanan yang bikin kurus, tetapi konsumsilah apel segar dibanding dalam bentuk jus. Apel segar mengandung lebih banyak serat yang dapat membuat Anda tetap kenyang.

12. Alpukat

Berbeda dengan buah biasanya, alpukat mengandung lebih banyak lemak sehat daripada karbohidrat. Alpukat bisa menjadi pilihan sumber lemak sehat yang tinggi serat dan air.

13. Yogurt

Yogurt adalah salah satu makanan yang bikin kurus karena mengandung probiotik yang mampu melancarkan pencernaan. Sebaiknya ambil yogurt yang tidak rendah lemak, karena yogurt rendah lemak umumnya memiliki tambahan gula yang lebih banyak.

14. Minyak kelapa

Anda bisa menggunakan minyak kelapa untuk memasak karena minyak kelapa dapat membuat Anda lebih kenyang dan dapat sedikit meningkatkan proses pembakaran kalori dalam tubuh.

Grapefruit dapat membantu Anda lebih kenyang

15. Grapefruit 

Salah satu buah populer yang digembar-gemborkan dapat menjadi makanan yang bikin kurus adalah grapefruit. Grapefruit tidak hanya membantu membuat Anda lebih kenyang, tetapi juga bisa mengurangi resistensi insulin yang memicu diabetes.

16. Cabe 

Bagi pecinta cabe, kabar baik untuk Anda karena cabe bisa menjadi makanan yang bikin kurus. Alih-alih mengonsumsinya begitu saja, Anda bisa mencampurkannya dengan hidangan yang dikonsumsi.

Capsaicin dalam cabe mampu meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh. Namun, jangan mengonsumsi cabe terlalu banyak jika perut Anda tidak mampu menoleransinya.

17. Cuka apel

Anda bisa menambahkan cuka apel ke dalam hidangan dan salad yang dikonsumsi untuk menambah cita rasa, menurunkan kadar gula darah, dan membuat Anda lebih kenyang.

18. Cokelat hitam

Cemilan sehat lain yang bisa Anda masukkan ke dalam daftar makanan yang bikin kurus adalah cokelat hitam. Konsumsi satu atau dua kotak kecil cokelat hitam sebagai kudapan dapat membuat Anda kenyang lebih lama sembari menunggu waktu makan tiba.

19. Cottage cheese

Doyan makan keju? Jangan khawatir, Anda tetap bisa mengonsumsi produk susu ini, tetapi pilihlah keju jenis cottage cheese yang tinggi protein serta rendah lemak dan karbohidrat.

Selalu ingat bahwa menurunkan berat badan tidak hanya sekedar mengonsumsi makanan yang bikin kurus, tetapi juga mengatur porsi agar tidak melewati kalori harian dan membuat jadwal olahraga yang teratur.

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/20-most-weight-loss-friendly-foods#section11
Diakses pada 16 Januari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/diet/features/thin-foods-to-aid-weight-loss#2
Diakses pada 16 Januari 2020

WebMD. https://www.webmd.com/diet/obesity/features/9-foods-to-help-you-lose-weight#1
Diakses pada 16 Januari 2020

Artikel Terkait

Banner Telemed