Cocok Jadi Camilan Sehat, Inilah 7 Manfaat Alpukat yang Belum Anda Ketahui

Manfaat alpukat yang baik untuk kesehatan membuat buah ini didaulat sebagai "buah favorit Amerika"
Alpukat memiliki segudang manfaat yang baik bagi kesehatan

Buah alpukat kini menjadi idola baru di kalangan pelaku diet sehat. Manfaat alpukat yang baik untuk kesehatan membuat buah ini didaulat sebagai "buah favorit Amerika". Apa saja manfaat dan kandungan alpukat untuk kesehatan Anda? Simak berbagai ulasan tersebut dalam daftar berikut ini.

1. Melindungi Mata Anda

Mata adalah salah satu indera yang sangat penting. Kandungan alpukat berupa lutein dan zeaxanthin dapat menyerap gelombang cahaya yang bisa merusak penglihatan.

Konsumsi bagian daging hijau gelap yang ada di dekat kulit untuk mendapatkan manfaat alpukat yang mencegah degenerasi makula pada orang lansia.

2. Menurunkan Berat Badan

Tanpa perlu ditanyakan lagi, manfaat alpukat yang dapat memenuhi ¼ serat harian tentu dapat membantu diet sehat Anda.

Setengah cangkir alpukat dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga Anda tidak makan berlebihan. Meski kandungan alpukat didominasi lemak, namun jenis lemak nabati ini merupakan tak jenuh tunggal yang sehat.

3. Meningkatkan Mood

Lelah dan stres setelah seharian bekerja? Nikmati manfaat alpukat yang dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Dalam secangkir irisan alpukat, Anda bisa mendapat sekitar 118 mikrogram folat atau sepertiga kebutuhan asam folat harian.

Asam folat atau vitamin B ini merupakan zat yang dapat mencegah stres atau antidepresan alami. Folat juga dianjurkan bagi ibu hamil karena bisa mencegah janin cacat lahir.

4. Menambah Energi

Kandungan alpukat yang dilengkapi berbagai vitamin B, termasuk tiamin (B1), riboflavin (B2), dan niacin (B3) dapat menambah stamina dan energi.

Manfaat alpukat melalui niacin dapat melawan peradangan dalam tubuh dan melindungi kesehatan jantung. Hal ini terkait dengan lemak tak jenuh alpukat yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, trigliserida, dan tekanan darah.

5. Menjaga Daya Kognitif

Alpukat mengandung dosis vitamin E yang baik dan melindungi dari penyakit Alzheimer alias pikun. Seiring usia, daya memori otak akan berkurang dan menurunkan daya ingat serta kemampuan berpikir. Untuk itu, konsumsi alpukat secara teratur dapat membantu mencegah kepikunan. Selain dimakan langsung, alpukat juga enak dijadikan jus atau olesan roti.

6. Memperkuat Tulang

Cukup dengan makan setengah buah alpukat, Anda sudah bisa memenuhi 15% kebutuhan harian vitamin K. Kandungan alpukat yang dikemas dengan vitamin K dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah keropos tulang.

Campurkan potongan daging alpukat dalam salad bayam atau telur agar lebih banyak mendapatkan manfaat alpukat untuk kesehatan tulang.

7. Perawatan kulit

Ingin kulit senantiasa awet muda? Tenang saja, manfaat alpukat untuk kecantikan bisa Anda raih dengan mudah.

Kandungan alpukat yang diperkaya vitamin C sangat bagus untuk membuat kulit Anda cerah, halus, dan tampak awet muda.

Antioksidan dalam kandungan alpukat juga membantu melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar UV A & UV B.

WebMD. https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-avocados-health-benefits
Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/12-proven-benefits-of-avocado
Medicalnewstoday. https://www.medicalnewstoday.com/articles/270406.php

Diakses pada September 2018

Artikel Terkait

Banner Telemed