Kompres Teh Celup Sebagai Cara Mengobati Mata Bintitan yang Alami

Untuk mengatasi mata bintitan, teh celup bisa digunakan untuk mengompres mata pada area yang bintitan
Teh hitam dianggap efektif untuk dipakai mengompres bintitan

Dianggap sebagai penyakit yang muncul sebagai akibat sering mengintip orang mandi, mata bintitan tentu dapat mengganggu dan memalukan. Beruntung, untuk anak maupun orang dewasa yang mengalaminya, ada berbagai cara mengobati mata bintitan secara alami yang dapat dicoba.

Salah satu bahan yang mungkin tidak Anda sangka, mampu mengobati mata bintitan adalah teh celup. Bagaimana cara menggunakannya? Simak penjelasannya berikut ini.

[[artikel-terkait]]

Cara mengobati mata bintitan dengan teh celup

Salah satu langkah yang sederhana dan efektif sebagai cara mengobati mata bintitan adalah dengan mengompresnya menggunakan air hangat. Suhu hangat dapat membantu nanah serta minyak di dalam benjolan, untuk keluar secara alami.

Anda dapat membasahi kain atau handuk yang berbahan lembut dengan air hangat, dan kompres bintitan di mata selama kurang lebih lima hingga sepuluh menit. Lakukan sebanyak tiga hingga empat kali sehari. Perlu diingat, jangan mencoba untuk memencet atau memecahkan benjolan tersebut.

Selain menggunakan handuk, ada satu bahan tidak biasa yang ternyata dapat Anda gunakan untuk mengompres bintitan, yaitu kantong teh celup yang hangat.

Teh hitam dipercaya menjadi salah satu cara mengatasi mata bintitan yang efektif. Teh jenis ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan memiliki kandungan antibakteri.

Berikut ini langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengompres bintitan menggunakan kantong teh celup.

  • Rebus air hingga mendidih.
  • Letakkan kantong teh celup di gelas dan tuang air mendidih ke gelas tersebut.
  • Diamkan kantung teh celup tersebut selama kurang lebih satu menit.
  • Angkat dari gelas, lalu diamkan kembali hingga suhu kantung teh celup tersebut tidak terlalu panas, hanya hangat, sehingga aman jika dikompreskan ke mata.
  • Kompres bintitan selama lima hingga sepuluh menit.
  • Jika bintitan terjadi di kedua mata, gunakan kantung teh yang berbeda untuk masing-masing mata.

Cukup sederhana, bukan? Namun, metode ini belum tentu cocok untuk dilakukan semua orang. Meski terlihat mudah, Anda perlu berhati-hati dalam mempraktikkannya, terutama apabila dilakukan pada anak-anak.

4 Cara mengobati mata bintitan secara alami lainnya

Selain kompres hangat, langkah lain yang tak kalah penting untuk mengobati bintitan adalah dengan menjaga kebersihan mata dan area sekitarnya, sebagai berikut.

1. Bersihkan kelopak mata

Salah satu langkah awal yang perlu dilakukan saat bintitan muncul adalah membersihkan kelopak mata. Anda dapat menggunakan bahan yang aman dan lembut seperti shampo bayi, sebagai bahan pembersihnya.

Pilih shampo bayi yang tidak memicu keluarnya air mata. Lalu, larutkan shampo tersebut dengan sedikit air, dan bersihkan kelopak mata menggunakan larutan tersebut dengan kapas secara perlahan.

Setelah itu, bilas kelopak mata menggunakan air hangat dan keringkan dengan kapas atau handuk secara perlahan.

2. Rajin cuci tangan

Terkadang secara tidak sadar, Anda sering mengucek mata meski tangan dalam keadaan yang kurang bersih, terutama pada anak-anak.

Dengan rajin mencuci tangan, maka kemungkinan masuknya kotoran ke mata yang dapat menyumbat kelenjar di sekitarnya, dapat berkurang.

Hal ini membuat risiko seseorang terkena bintitan juga dapat berkurang. Tidak hanya itu, apabila bintitan sudah terlanjur terbentuk, maka cuci tangan yang teratur dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi.

3. Berhenti menggunakan make up sementara

Jika bintitan terjadi pada orang dewasa, Anda sementara disarankan untuk menghentikan penggunaan make up terlebih dahulu.

Jangan menutupi bintitan dengan make up. Sebab jika Anda menutupinya dengan make up, maka proses penyembuhan akan terhambat, dan justru menimbulkan iritasi.

Penggunaan kuas make up pada mata yang bintitan juga dapat membuat bakteri menyebar lebih jauh. Kosmetik yang sudah terlalu lama, lebih baik diganti dengan yang baru.

Sementara itu, kuas serta alat-alat kosmetik lain yang sering digunakan, perlu dibersihkan secara rutin, karena dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri.

4. Perhatikan cara menggunakan lensa kontak

Jika menggunakan lensa kontak, pastikan Anda telah mencuci tangan sebelum melepas maupun memasannya. Jangan sentuh benjolan yang timbul akibat bintititan, karena bakterinya dapat menyebar ke area lain di sekitarnya.

Cara mengobati bintitan secara alami ini dapat diterapkan pada anak maupun orang dewasa. Namun sebelum mempraktikkannya, pastikan bahwa tidak ada alat maupun bahan yang dapat memicu terjadinya alergi.

Apabila cara mengobati mata bintitan secara alami ternyata tidak ampuh, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/best-stye-remedies
Diakses pada 2 Mei 2019

All About Vision. https://www.allaboutvision.com/conditions/how-to-get-rid-of-a-stye.htm
Diakses pada 2 Mei 2019

Medical News Today. https://www.allaboutvision.com/conditions/how-to-get-rid-of-a-stye.htm
Diakses pada 2 Mei 2019

Artikel Terkait

Diskusi Terkait di Forum

Banner Telemed