Coba Rasakan, Sudahkah Anda Melakukan Cara Bernapas yang Benar?


Cara bernapas yang benar bisa terlihat dari suara dan tenaganya. Idealnya, tidak ada suara ketika seseorang bernapas. Selain itu, Anda bisa mengambil napas tanpa berusaha sekuat tenaga, bahkan merasa rileks.

(0)
13 Apr 2021|Azelia Trifiana
Cara bernapas yang benar dapat membuat Anda lebih sehatCara bernapas yang benar dapat membuat Anda lebih sehat
Cara bernapas yang benar bisa terlihat dari suara dan tenaganya. Idealnya, tidak ada suara ketika seseorang bernapas. Selain itu, Anda bisa mengambil napas tanpa berusaha sekuat tenaga, bahkan merasa rileks.Lebih jauh lagi, area abdomen atau perut akan mengembang saat mengambil napas. Kemudian, mengempis saat menghembuskan napas. Tulang rusuk juga akan mengembang ke depan, samping, dan belakang setiap kali menarik napas.

Cara bernapas yang benar

Setiap saat, semua makhluk hidup bernapas. Sayangnya, hal ini kadang membuat seseorang tidak memerhatikan betul apakah sudah melakukan cara bernapas yang benar atau belum.Otot utama yang digunakan saat bernapas adalah diafragma. Lokasinya ada di bawah paru-paru, memisahkan rongga dada dan rongga abdominal atau perut.Ada beberapa cara melatih pernapasan diafragma yang dicoba di rumah. Dengan metode ini, Anda bisa melatih cara menggunakan diafragma dengan tepat. Sebaiknya, lakukan latihan ini ketika sedang beristirahat dan rileks.Berikut panduannya:

1. Napas diafragma saat berbaring

Cara melakukannya adalah dengan berbaring dengan kedua kaki ditekuk. Anda bisa menempatkan sebuah bantal di bawah lutut untuk menopang kedua kaki. Kemudian, tempatkan satu tangan di dada bagian atas. Tangan satu lagi berada di bawah tulang rusuk agar bisa merasakan pergerakan diafragma.Coba bernapas perlahan lewat hidung dan rasakan perut mengembang. Jaga agar tangan yang berada di dada tidak bergerak. Kemudian, gunakan otot perut saat membuang napas lewat mulut yang mengerucut.Lakukan pernapasan dengan cara ini selama beberapa menit.

2. Napas diafragma saat duduk

Duduk dengan kedua lutut ditekuk. Pastikan pundak, kepala, dan juga leher dalam kondisi rileks. Letakkan satu tangan di dada bagian atas, serta satu lainnya di bawah tulang rusuk agar bisa merasakan pergerakan diafragma.Kemudian, tarik napas perlahan hingga perut mengembang. Jaga agar tangan yang ada di dada bagian atas tetap diam. Saat membuang napas, gunakan otot perut dan hembuskan lewat mulut yang mengerucut.Terus lakukan pernapasan seperti ini selama durasi latihan.Setelah merasa nyaman melakukan pernapasan diafragma, maka bisa dilakukan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Mulai dari saat mandi, berolahraga, naik tangga, atau setelah mengangkat benda.Fungsi dari bernapas lewat diafragma adalah:
  • Mengurangi kebutuhan oksigen
  • Bernapas lebih pelan sekaligus lebih mudah
  • Memperkuat diafragma
  • Menggunakan lebih sedikit energi dan tenaga untuk bernapas

Mengoptimalkan cara bernapas

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bernapas lebih mudah sekaligus efisien, di antaranya:
  • Sesuaikan posisi tidur

Posisi tidur juga dapat berpengaruh pada pernapasan. Anda bisa mencoba berbaring menyamping sambil menyangga kepala dengan bantal. Dengan demikian, tulang punggung tetap lurus dan saluran pernapasan lebih terbuka. Bukan hanya itu, posisi ini juga dapat mengurangi risiko mendengkur.
  • Mengubah gaya hidup

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan dapat membantu menjaga berat badan ideal. Anda juga bisa menjaga kesehatan paru-paru dengan melakukan vaksinasi pencegah influenza dan pneumonia.  Tak kalah penting, hindari kebiasaan buruk merokok, menjadi perokok pasif, hingga paparan residu dari thirdhand smoke setiap harinya. Hindari pula iritan yang mungkin ada dari udara seperti debu hingga pengharum ruangan sintetis.
  • Meditasi

meditasi
Meditasi dapat membantu dalam latihan bernapas
Tak harus dilakukan dengan berdiam diri, Anda bisa mencoba teknik meditasi sembari tetap bergerak. Waktunya pun tak perlu lama, hanya sekitar 5 menit sudah cukup. Selain melatih bernapas secara utuh, meditasi juga bermanfaat untuk kesehatan mental dan mengurangi stres.
  • Postur tubuh yang baik

Setiap saat, biasakan selalu menjaga postur tubuh yang baik. Mulai dari saat berjalan hingga posisi duduk seharian di depan laptop. Semakin baik postur, bagian tubuh yang terlibat langsung dalam pernapasan bisa mengembang sempurna.Dengan demikian, pernapasan bisa berlangsung lebih efektif dan efisien. Ini dapat memudahkan aktivitas fisik sehari-harinya.
  • Peregangan

Anda juga bisa melakukan peregangan untuk melepaskan ketegangan di pundak, dada, dan juga punggung. Lakukan olahraga atau gerakan yang fokus pada fleksibilitas, resistansi, dan juga peregangan sehingga postur bisa jadi lebih baik.Latihan semacam ini membantu mengembangkan tulang rusuk ke berbagai arah saat bernapas.

Catatan dari SehatQ

Berlatih cara pernapasan diafragma memberikan banyak manfaat. Namun apabila ada kondisi medis yang berpengaruh pada pernapasan atau sedang mengonsumsi obat tertentu, tanyakan dulu kepada dokter apakah boleh melakukannya.Untuk awal, berlatihlah selama 5-10 menit dengan durasi 3-4 kali sehari. Kemudian, tingkatkan durasi dan frekuensinya.Wajar jika merasa lelah ketika belum terbiasa menggunakan otot diafragma dengan tepat. Namun ketika sudah terbiasa, akan jauh lebih mudah melakukannya.Selain itu, ada banyak metode latihan pernapasan lain yang juga bisa dicoba untuk membiasakan tubuh bernapas secara efisien.Untuk berdiskusi lebih lanjut seputar cara bernapas yang benar, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
menjaga kesehatanhidup sehatpola hidup sehat
Healthline. https://www.healthline.com/health/how-to-breathe
Diakses pada 29 Maret 2021
Sleep. https://www.sleep.org/best-sleep-position/
Diakses pada 29 Maret 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/9445-diaphragmatic-breathing
Diakses pada 29 Maret 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait