Coba Overnight Mask, Paling Optimal Bekerja Pukul 10 Malam Hingga 2 Pagi


Jika kesibukan menyisakan sedikit waktu untuk merawat wajah, menggunakan overnight bisa menjadi pilihan. overnight mask yang bisa dipakai semalaman saat sedang tidur.

(0)
28 Jan 2021|Azelia Trifiana
Overnight mask cocok untuk Anda yang sibukOvernight mask cocok untuk Anda yang sibuk
Bagi yang hari-harinya begitu padat dengan berbagai kesibukan, merawat wajah dengan memakai masker selama beberapa menit saja bisa jadi kemewahan. Untuk menyiasatinya, coba pakai overnight mask yang bisa dipakai semalaman saat sedang tidur.Ada banyak sekali produk masker semacam ini di pasaran. Kandungan di dalamnya pun berbeda, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kulit. Jika rutin dilakukan, bagian dari perawatan malam hari ini bisa membuahkan hasil sesuai ekspektasi.

Bagaimana cara kerjanya?

Fungsi utama overnight mask adalah memastikan kandungan bermanfaat di dalamnya benar-benar terserap ke dalam kulit. Adanya lapisan tipis dari masker ini mencegah kotoran menutup pori-pori. Di saat yang sama, kandungan aktif dari produk juga bisa terserap dengan optimal.Secara ilmiah, masker yang bisa dibiarkan semalaman ini memang bekerja dengan baik dalam mencerahkan, menenangkan, sekaligus melembapkan kulit. Beberapa fungsi dari overnight mask yang telah terbukti di antaranya:

1. Regenerasi sel kulit

Dalam penelitian Genome Biology pada tahun 2013, terbukti ada hubungan erat antara ritme sirkadian dan regenerasi sel. Ritme sirkadian ini mengatur kapan seseorang tidur dan terjaga. Selama Anda terlelap, proses replikasi dan reproduksi kulit terjadi.Dengan bantuan overnight mask, metabolisme kulit yang sedang berada di puncaknya menjadi semakin optimal. Alhasil, regenerasi sel mengalami peningkatan yang signifikan. Proses ini terjadi utamanya mulai pukul 10 malam hingga 2 pagi.

2. Menjaga kelembapan kulit

Tak kalah penting, masker ini juga menjaga kulit tetap lembap dengan membasahi permukaan kulit lebih lama dan tidak langsung terserap. Saat manusia terlelap, hidrasi tubuh kembali diseimbangkan.Inilah momen ketika kulit mengembalikan kelembapan alaminya. Sementara kelebihan cairan lainnya diproses untuk pembuangan.

3. Mencegah penuaan

Kunci dari mencegah penuaan adalah hidrasi. Kulit yang mendapatkan kelembapan secara efektif tidak akan mudah menjadi keriput. Terlebih, ketika seseorang bertambah usia, level kelembapan kulitnya menurun. Jadi, tak ada salahnya menambahkan ritual memakai overnight mask dalam rutinitas skincare.Bukan hanya untuk orang berusia di atas 30 tahun yang ingin mencegah penuaan saja, ini bisa dimulai oleh siapapun dari berbagai usia. Utamanya, bagi yang sehari-hari terpapar AC dan membuat kulit kehilangan kelembapannya.

4. Merangsang pembentukan kolagen

Jika ingin memilih masker, perhatikan kandungannya dengan saksama. Pilih yang mengandung peptides, ceramides, dan hyaluronic acid. Kombinasi bahan-bahan ini membantu produksi kolagen yang bisa menyamarkan keriput dan garis-garis halus.Tak hanya itu, kolagen juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit selama setidaknya 8 jam. Lagi-lagi, ini penting karena produksi kolagen orang yang sudah menua perlahan akan berkurang.

Cara menggunakan overnight mask

perempuan menggunakan masker
Overnight mask menjadikan kulit cerah
Jadikan overnight mask ini sebagai ritual skincare terakhir di malam hari. Anda bisa menggunakannya 1-2 kali per minggu, atau bahkan setiap hari bergantung pada kebutuhan dan kondisi kulit.Caranya cukup diaplikasikan ke wajah, tidur, lalu bilas hingga bersih di pagi harinya. Pastikan sudah mencuci tangan dan wajah sebelum mengaplikasikannya. Menggunakan sendok juga bisa menjadi alternatif untuk mencegah kontaminasi.Selain itu, memberikan jeda waktu sekitar 30 menit sebelum tidur juga dapat membantu agar masker tidak mengotori sarung bantal. Alternatifnya, bisa juga dengan meletakkan handuk kecil di atas bantal.Berbeda jenis dan konsistensinya, akan lain pula sensasinya ketika diaplikasikan ke wajah. Ada yang bisa kering dengan cepat, ada pula yang tidak.Tren menggunakan overnight mask memang menarik dan terbukti bermanfaat Meski demikian, jangan sekadar mengikuti tren. Kenali dulu apa kebutuhan Anda, karena kondisi kulit setiap orang berbeda.

Apabila kulit Anda sangat sensitif, sebaiknya pilih dulu jenis masker apa yang cocok mengingat produk ini akan menempel di wajah selama 7-8 jam.Ingat pula, overnight mask tidak bekerja layaknya sulap. Sama seperti produk perawatan kulit lainnya. Perlu ada komitmen untuk bisa melihat hasilnya, tentunya disertai dengan makan bergizi dan mencukupi kebutuhan cairan.Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang efek samping dan manfaat menggunakan overnight mask, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
kesehatan kulitmasker wajahperawatan wajah
Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/overnight-masks-for-glowing-skin#how-does-the-mask-work
Diakses pada 18 Januari 2021
Nature. https://www.nature.com/articles/srep36062?utm_medium=affiliate&utm_source=commission_junction&utm_campaign=3_nsn6445_deeplink_PID100090071&utm_content=deeplink#%20discussion
Diakses pada 18 Januari 2021
Genome Biology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4056451/
Diakses pada 18 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait