Berbagai Cara Mengobati Varikokel dengan Cepat Tanpa Obat


Olahraga, mengatur pola makan, hingga menggunakan bahan-bahan herbal menjadi alternatif cara mengobati varikokel selain dengan obat-obat medis dan tindakan operasi.

0,0
22 Nov 2020|Azelia Trifiana
cara mengobati varikokelCara mengobati varikokel mulai dari menerapkan pola makan sehat dan olahraga
Varises pada testis atau varikokel adalah pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah vena yang ada di testis, tepatnya dinding kantung testis alias skrotum. Ciri-ciri varikokel seperti testis nyeri, skrotum bengkak, gatal, dan rasa tidak nyaman. Selain obat, ada beberapa cara mengobati varikokel lainnya yang bisa menjadi pilihan. Apa saja cara menghilangkan varikokel tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Cara mengatasi varikokel dengan mengubah pola makan

sayur dan buah
Sayur dan buah kaya serat yang dapat membantu mengobati varikokel
Cara mengatasi penyakit reproduksi pria yang satu ini adalah melalui operasi varikokel (varikokelektemi). Akan tetapi, biasanya varikokel bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan, terutama jika tidak disertai gejala, seperti sakit, testis mengecil, atau infertilitas.Untuk mengatasi varikokel secara alami, Anda dapat melakukannya dengan mengubah pola makan, seperti:

1. Makan kaya serat

Mengonsumsi makanan kaya serat akan memaksimalkan kinerja usus besar. Konstipasi adalah musuh besar orang yang memiliki varikokel. Mengejan terlalu keras saat buang air besar akan menimbulkan tekanan pada perut serta membuat pembuluh darah vena kian bermasalah.Beberapa pilihan makanan tinggi serat yang sebaiknya dikonsumsi untuk pengobatan varises pada testis adalah whole grain, oat, kacang-kacangan, buncis, alpukat, tomat, brokoli, wortel, kembang kol, ubi, dan juga plum.

2. Makan tinggi potasium

Kekurangan potasium akan membuat seseorang rentan mengalami retensi cairan. Akibatnya, volume darah dalam tubuh meningkat sehingga tekanan pada pembuluh darah balik pun lebih besar. Itu sebabnya, mencukupi kebutuhan potasium juga menjadi cara menghilangkan varikokel yang perlu Anda lakukan. Makanan menjadi salah satu sumber utama potasium. Anda bisa mengonsumsi makanan tinggi potasium seperti yogurt, almond, salmon, tuna, ayam, lentil, kurma, jeruk, kentang, dan juga sayuran hijau.

3. Makanan yang mengandung flavonoid

Flavonoid adalah senyawa yang dapat membantu mengatasi masalah pada jantung dan pembuluh darah. Fungsinya dapat melancarkan aliran darah, mengurangi tekanan darah pada arteri, dan membantu pembuluh darah lebih rileks.Pilihan makanan dengan kandungan flavonoid tinggi di antaranya bawang putih, paprika, bayam, brokoli, cocoa, anggur, berries, apel, dan juga cherry.

Cara mengobati varikokel dengan bahan alami

Pilihan pengobatan alternatif yang alami untuk mengatasi varikokel juga bisa jadi alternatif selain mengonsumsi obat varikokel medis yang diresepkan dokter. Namun ingat, karena tidak ada dosis pasti, selalu ada kemungkinan terjadi efek samping.Beberapa senyawa atau tanaman herbal yang bisa meredakan gejala masalah pembuluh darah seperti varikokel antara lain:

1. Rutin

Disebut juga rutosides, senyawa bioflavonoid ini banyak ditemukan pada apel, gingko biloba, buckwheat, dan buah-buahan sitrus. Menurut penelitian, rutosides dapat memperkuat pembuluh darah yang mulai lemah dan merupakan faktor pemicu terjadinya varikokel.Sejak lama, senyawa ini digunakan untuk mengobati varises dan pembengkakan pada betis serta pergelangan kaki. biasanya, rutin juga tersedia dalam bentuk suplemen tablet atau kapsul.

2. Ekstrak grape seed

Sejak berabad silam, ekstrak dari biji anggur digunakan sebagai pengobatan herbal. Menurut penelitian, grape seed dapat membantu masalah pembuluh darah vena kronis. Tak hanya itu, khasiatnya juga dapat meredakan pembengkakan.Namun, studi terkait hal ini masih terbatas dan perlu observasi lebih jauh lagi. Perlu diingat pula bahwa ekstrak grape seed bisa berinteraksi dengan obat pengencer darah sehingga meningkatkan risiko mengalami pendarahan.Banyak bergerak dengan melakukan olahraga ringan serta mengatur pola makan dapat membantu meredakan gejala varikokel. Jika baru mulai berolahraga, pastikan memilih jenis olahraga yang benar-benar aman.

Cara mengobati varikokel dengan olahraga

bersepeda
Bersepeda dapat mengurangi gejala nyeri akibat varikokel
Salah satu cara menyebuhkan varikokel secara alami adalah dengan olahraga. Berolahraga diketahui mampu menyembuhkan varikokel karena dapat memperlancar aliran darah. Semakin sering bergerak, artinya sirkulasi darah pun kian lancar.Tujuan utama dari berolahraga adalah membantu darah yang terkumpul di pembuluh darah vena pada testis bisa mengalir kembali ke jantung. Dengan begitu, varikokel bisa sembuh sendiri tanpa melalui prosedur medis.Ini penting karena pada pria yang mengalami varikokel, pembesaran pembuluh darah balik atau vena di skrotum seperti varises pada kaki. Varises pada testis bisa terjadi di kedua buah zakar, tapi umumnya lebih sering terjadi di sebelah kiri, yakni lokasi dari katup pembuluh darah vena.Beberapa jenis olahraga yang dapat dicoba sebagai cara menyembuhkan varikokel, antara lain:
  • Berenang
  • Jalan pagi
  • Bersepeda
  • Yoga
  • Peregangan otot
Pilihan olahraga dengan intensitas rendah ini dapat membantu meredakan pelebaran pembuluh darah vena di skrotum. Tak hanya itu, cara menyembuhkan varikokel dengan olahraga di atas juga berisiko kecil untuk mengalami cedera.Untuk mengatasi dan mencegah varikokel, kuncinya bukanlah terletak pada seberapa berat dan seberapa lama Anda berolahraga dalam sehari, melainkan konsistensinya.Jika dijalankan secara konsisten, tak hanya varikokel, cara ini juga dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Pengobatan herbal juga bisa jadi pilihan terapi varikokel. Namun, pilihan pengobatan dengan menggunakan obat herbal varikokel masih belum diketahui keampuhannya karena belum sepenuhnya teruji secara klinis, pun risiko efek sampingnya. Untuk berdiskusi lebih lanjut tentang cara mengobati varikokel, gejala dan penyebab varikokel, serta hal terkait lainnya, Anda bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
penyakit priamasalah reproduksivarikokelkesehatan priareproduksi pria
Cochrane Library. https://www.cochranelibrary.com/cdsr/doi/10.1002/14651858.CD003229.pub3/epdf/standard
Diakses pada 6 November 2020
Healthline. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-varicose-veins
Diakses pada 6 November 2020
NIH. https://www.nccih.nih.gov/health/grape-seed-extract
Diakses pada 6 November 2020
Vein Clinics. https://www.veinclinics.com/blog/best-exercises-for-varicose-veins/
Diakses pada 6 November 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait