Sering Buat Frustasi, Begini Cara Menghadapi Orang yang Close Minded


Berhadapan dengan orang dengan pola pemikiran tertutup sering menguras emosi. Cara menghadapi orang yang close minded adalah dengan tidak berbagi sesuatu yang personal.

0,0
Cara menghadapi orang yang close minded adalah dengan tidak berbagi sesuatu yang personalOrang yang close minded selalu merasa bahwa diri mereka yang paling pintar dan benar
Setiap orang memiliki pola pemikiran mereka masing-masing, ada yang terbuka tetapi tidak sedikit juga yang tertutup. Dalam dunia psikologi, pola pemikiran pemikiran tertutup dikenal dengan istilah close minded.Dalam kehidupan sehari-hari, orang dengan pemikiran close minded umumnya mempunyai hubungan sosial yang buruk. Meski begitu, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh dari pola pemikiran tertutup. 

Apa itu close minded?

Close minded adalah pola pemikiran tertutup yang membuat seseorang tidak dapat menerima ide, pendapat, maupun opini orang lain. Orang dengan pemikiran ini selalu merasa bahwa diri mereka yang paling pintar dan benar.Selain itu, mereka tidak terbuka terhadap masukan atau kritikan dari orang lain, sekalipun itu bersifat membangun. Hal tersebut lah yang kemudian membuat orang dengan pola pikiran ini sulit berkembang dan tidak disukai banyak orang.

Manfaat memiliki pola pemikiran close minded

Pola pikir close minded seringkali dianggap buruk oleh banyak orang. Meski hal tersebut benar adanya, ternyata ada sejumlah manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menerapkan pola pikir tertutup.Berikut ini beberapa manfaat memiliki pola pikir close minded:
  • Terlindungi dari masukan yang buruk

Masukan umumnya bersifat membangun, tetapi tidak selalu memberikan dampak positif apabila diikuti. Punya pendirian kuat, orang dengan pola pikir tertutup bisa terhindar dari masukan buruk yang dapat memperparah keadaan.
  • Bisa melakukan sesuatu seperti apa yang diinginkan

Pendapat orang lain seringkali membuat Anda bertindak tidak seperti apa yang diinginkan. Menjadi orang yang close minded bisa membuat Anda terhindar dari hal tersebut. Anda dapat melakukan sesuatu sesuai dengan yang benar-benar diinginkan, tanpa terpengaruh orang lain.
  • Tidak mudah terpengaruh orang lain

Menjadi orang dengan pola pemikiran tertutup membuat Anda tidak mudah terpengaruh orang lain. Orang yang open minded biasanya bisa dengan mudah goyah ketika mereka memperoleh ide lain. Hal itu berpotensi memberi pengaruh buruk pada cara pengambilan mengambil keputusan.Meski mempunyai manfaat, pola pikir close minded sebaiknya hanya diterapkan pada saat-saat tertentu saja. Sebagai contoh, ketika nasihat atau masukan orang lain tidak memberi manfaat positif, tidak ada salahnya untuk menerapkan pola pemikiran ini.

Pentingnya mempunyai pola pikir open minded dalam hidup

Close minded memang memberikan banyak manfaat dalam hidup, tetapi sebaiknya Anda mulai mengubah pola pikir menjadi lebih terbuka. Dengan pola pikir terbuka, lebih banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dalam hidup.Pola pikir open minded membuat wawasan Anda semakin luas. Ide dan informasi yang didapat dari orang lain tentu akan membuat pengetahuan Anda menjadi lebih berkembang. Tidak hanya itu, Anda juga memakai masukan dan kritikan orang lain untuk membangun diri menjadi pribadi yang lebih baik lagi.Perlu diingat, menjadi orang yang terbuka bukan berarti Anda harus mengikuti kemauan orang lain. Anda bisa menerima ide, pendapat, masukan, dan kritikan yang diberikan, lalu menyeleksi mana saja yang sekiranya dapat memberikan dampak positif bagi hidup.

Cara menghadapi orang-orang yang berpikiran close minded

Ketika berhadapan dengan orang yang close minded, beberapa orang mungkin akan merasa jengkel dan frustasi. Sejumlah tips yang bisa Anda terapkan saat menghadapi orang dengan pola pemikiran tertutup adalah sebagai berikut:
  • Tidak berbagai hal-hal yang bersifat personal

Jangan pernah berbagi hal-hal yang bersifat personal kepada orang dengan pola pikir tertutup. Jika dilakukan, hal tersebut dapat membuatnya menghakimi dan menghujani Anda dengan kritikan.
  • Jangan meminta pendapat ke orang close minded

Hindari meminta pendapat ke orang yang close minded. Ketika dimintai pendapat, orang dengan pola pikir ini akan menasihati Anda sesuai dengan keyakinannya. Bahkan, tidak jarang juga mereka mengharuskan Anda untuk mengikutinya. Apabila tidak diikuti, Anda akan menjadi pihak yang disalahkan karena tidak mau mengikuti saran mereka.
  • Tanggapi dengan cara positif

Saat orang dengan pola pikir tertutup membuat pembicaraan yang memicu perdebatan, cobalah untuk menanggapi secara positif. Orang dengan pola pemikiran ini umumnya memandang dunia dengan penuh ketakutan dan kecemasan. Perilaku menghakimi yang mereka miliki muncul karena adanya penolakan dan perbedaan dari orang lain.

Catatan dari SehatQ

Close minded adalah pola pikir tertutup yang membuat seseorang tidak mau menerima sesuatu dari luar, baik itu ide, pendapat, informasi, kritik, maupun saran. Pola pikir ini memang memberi banyak manfaat dalam hidup, namun sebaiknya dihindari.Apabila Anda memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan, Anda bisa bertanya langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ secara gratis. Unduh aplikasi SehatQ sekarang di App Store atau Google Play.
menjalin hubungan
Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/how-do-life/201912/the-benefits-being-closed-minded
Diakses pada 11 Oktober 2021
Power of Positivity. https://www.powerofpositivity.com/5-comebacks-dealing-closed-minded-people/
Diakses pada 11 Oktober 2021
Very Well Mind. https://www.verywellmind.com/be-more-open-minded-4690673
Diakses pada 11 Oktober 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait