Awasi Anak Anda Dari Penyakit Klepto, Ini 3 Tanda yang Harus Diketahui!

Anak yang mengalami penyakit klepto biasanya terjadi ketegangan dalam diri anak tersebut sebelum mengambil barang milik orang lain
Anak yang mengalami penyakit klepto memiliki dorongan yang kuat untuk mengambil barang milik orang

Seorang anak kedapatan mengambil penggaris teman sekolahnya. Kali lain, ia membawa pulang botol minum temannya. Benarkah ia menderita penyakit klepto?

Kleptomania merupakan kondisi di mana seseorang mengalami dorongan konsisten untuk mengambil barang yang bukan miliknya. Biasanya barang yang diambil tidak diperlukan dan tidak berharga.

[[artikel-terkait]]

Penyakit klepto dapat terjadi pada semua golongan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Pada kasus yang jarang, kleptomania dapat terjadi pada usia tua.

Penyebab penyakit klepto

Selama masa pertumbuhan, hampir semua anak mengalami dorongan untuk mendapatkan barang yang bukan menjadi miliknya. Anak-anak mulai memiliki kebiasaaan mengambil barang yang bukan miliknya pada usia 4-5 tahun.

Sampai di usia tertentu, ketika seorang anak belajar nilai moral dan personal, anak-anak akan belajar untuk menetapkan batas dan belajar untuk tidak mengambil barang milik orang lain. Namun beberapa anak dapat mengalami penyakit klepto.  

Penyebab pasti kleptomania tidak diketahui. Hal yang membuat seseorang rentan mengalami kleptomania adalah riwayat keluarga dan gangguan kesehatan mental lain.

Orang yang dalam keluarga inti seperti orangtua dan saudara kandung mengalami kleptomania, gangguan obsesif kompulsif (OCD) atau penyalahgunaan obat dan alkohol lebih rentan mengalami penyakit klepto.

Penderita kleptomania seringkali tidak mencari pertolongan untuk ditangani karena

merasa takut dipenjara. Padahal bila tidak ditangani segera, kleptomania dapat menyebabkan masalah emosional, keluarga, pekerjaan, hukum, dan finansial.

Penyakit klepto yang tidak ditangani dengan baik akan menyebabkan gangguan kesehatan mental lain seperti penyalahgunaan obat-obatan dan alkohol, gangguan kepribadian, gangguan makan, depresi, kecemasan, bahkan percobaan bunuh diri.

Ciri kleptomania pada anak

Berikut adalah beberapa ciri penyakit klepto pada anak:

  • Sebelum mengambil barang yang bukan miliknya, akan terjadi ketegangan dalam diri anak. Setelah anak mengambil barang, mereka akan merasa senang dan lega.
  • Anak-anak biasanya melakukannya sendirian dan dilakukan dengan hati-hati sehingga tidak diketahui orang lain.
  • Anak-anak yang mengalami penyakit klepto akan mengalami rasa malu, perasaan bersalah dan ketakutan.

Bila anak Anda menunjukkan ciri kleptomania

Bila Anda mendapati anak menunjukkan ciri penyakit klepto seperti di atas, cobalah untuk berbicara baik-baik tanpa menuduh dan menyalahkan mereka. Sadari bahwa kleptomania adalah gangguan kesehatan mental bukan karakter/kepribadian. 

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah kleptomania pada anak:

  • Puji anak ketika melakukan hal yang benar Jelaskan pada anak bahwa tindakan yang mereka lakukan salah, dan minta anak untuk mengembalikan barang yang diambilnya. Setelah anak melakukannya, puji anak Anda.
  • Minta anak untuk meminta maaf kepada orang yang barangnya telah diambil olehnya, mengembalikan atau membayarnya bila anak anda telah merusaknya. Ini untuk menimbulkan efek jera kepada anak.
  • Bila dengan kedua cara di atas anak Anda tidak menunjukkan rasa kapok, segera bawa anak Anda ke dokter spesialis kejiwaan
  • Berikan pengertian kepada anak bahwa penanganan oleh ahli dapat membantu mereka mengurangi keinginan mengambil serta dapat hidup tanpa ketergantungan dan rasa malu.

Kasus penyakit klepto termasuk kasus yang jarang. Namun bila tidak ditangani segera dapat mengakibatkan masalah dalam keluarga bahkan dalam masyarakat.

Dengan mengenali ciri-ciri penyakit klepto secara dini, anak dapat ditangani segera oleh ahli sehingga dapat mencegah hal-hal lain di kemudian hari yang tidak diinginkan.

Psychology Today. https://www.psychologytoday.com/intl/conditions/kleptomania
Diakses 20 April 2019

Only My Health. https://www.onlymyhealth.com/kleptomania-in-children-1287466798
Diakses 20 April 2019

Modern Medihealth. https://modernmedihealth.com/2017/12/19/tackling-kleptomania-in-kids/
Diakses 20 April 2019

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/kleptomania/symptoms-causes/syc-20364732
Diakses 20 April 2019

Parent Circle. https://www.parentcircle.com/article/tackling-kleptomania-in-children/
Diakses 20 April 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed