Inilah Penyebab Nyeri Punggung dan Cara Mengatasinya

Penyebab nyeri punggung bisa bermacam-macam seperti osteoporosis, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahuinya
Mengangkat beban berat dapat menjadi penyebab nyeri punggung.

Seperti layaknya pencuri, nyeri punggung sering datang tiba-tiba tanpa permisi. Penyebab nyeri punggung pun bisa bermacam-macam. Mungkin kisah seperti ini pernah terjadi pada Anda juga.

Angin sepoi-sepoi yang sejuk seakan membelai lembut rambut Anda diiringi dengan aroma kopi yang menggoda dari cangkir di atas meja teras. Anda memutuskan untuk berdiri dan berjalan-jalan sejenak sebelum kembali duduk dan menikmati mentari pagi.

Tanpa peringatan apapun, tiba-tiba saja denyutan rasa nyeri menjalar di punggung Anda. Apa yang terjadi? Mengapa nyeri punggung tersebut muncul secara tiba-tiba? Apa penyebab nyeri punggung tersebut?

[[artikel-terkait]]

Penyebab nyeri punggung

Tidak perlu menampilkan raut wajah kebingungan, penyebab nyeri punggung bukanlah suatu teka-teki yang sulit dipecahkan. Penyebab nyeri punggung dapat diakibatkan oleh penyakit artritis, berupa osteoartritis, dan juga dapat disebabkan oleh osteoporosis.

Kerangka tubuh yang tidak sesuai, seperti tulang punggung yang terlalu melengkung (skoliosis), dan sebagainya merupakan salah satu penyebab nyeri punggung. Piringan sendi yang membengkak atau robek juga dapat menjadi penyebab nyeri punggung lainnya.

Gerakan yang mendadak atau terus-menerus mengangkat beban berat dapat membuat otot punggung menegang dan akhirnya menjadi penyebab nyeri punggung.

Lokasi nyeri punggung yang spesifik memiliki penyebab nyeri punggung yang berbeda. Oleh sebab itu Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter saat mengalami nyeri punggung yang sangat mengganggu.

Cara mengatasi nyeri punggung

Setelah mengetahui penyebab nyeri punggung, tentunya Anda akan mencari tahu cara mengatasi nyeri punggung yang dialami. Selain ciri dan penyebab nyeri punggung. Artikel ini juga akan membahas mengenai penanganan yang dapat dilakukan di rumah.

1. Ganti jenis alas kaki

Alas kaki tampak seperti hal yang sepele tetapi alas kaki yang tidak sesuai dengan Anda dapat menjadi penyebab nyeri punggung. Sepatu hak tinggi merupakan salah satu contohnya. Menggunakan sepatu hak tinggi dapat menyebabkan nyeri punggung bagian bawah.

Ketika kita berjalan, kita memberi tekanan pada setiap kaki sebesar lima kali lipat bobot tubuh. Menggunakan sepatu hak tinggi akan mengubah kesejajaran postur tubuh karena bobot tubuh hanya ditopang pada bagian-bagian kaki tertentu. Akibatnya punggung menjadi tegang dan nyeri.

2. Regangkan tubuh

Meregangkan tubuh dapat membantu mengatasi nyeri punggung dan dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Tidak hanya itu, melakukan olahraga dengan peregangan tubuh dapat menguatkan dan menyehatkan punggung.

Ada banyak teknik stretching yang dapat dilakukan. Misalnya meregangkan tubuh ke bawah sampai menyentuh jari kaki, child pose dalam yoga, dan sebagainya. Regangkan tubuh Anda selama kurang lebih 30 detik.

3. Kompresan dan kantong pemanas

Cara yang paling sederhana dalam mengurangi nyeri punggung Anda adalah dengan mengompres menggunakan kain yang berisi es batu atau dengan kantong pemanas.

Penyebab nyeri punggung karena ketegangan otot dapat diatasi dengan kompresan kain yang berisi es batu. Kompreslah bagian punggung yang nyeri dengan kompresan kain yang berisi es batu selama paling lama 20 menit.

Kantong pemanas atau kain yang telah dihangatkan dapat digunakan sebagai kompresan untuk mengatasi nyeri punggung yang sakit dan membuat punggung kaku.

Anda dapat meletakkan kantong pemanas 48 jam setelah menaruh kompresan dingin. Kantong pemanas berfungsi untuk melancarkan peredaran darah, mengurangi rasa sakit, dan melemaskan otot. 

Akan tetapi, efek dari kantong pemanas hanya bekerja pada minggu pertama saja. Selanjutnya, Anda dapat meneruskan dengan penggunaan kompresan dingin.

4. Rombak tempat kerja

Selain alas kaki, tempat kerja Anda juga dapat menjadi sumber penyebab nyeri punggung yang dialami. Membungkukkan atau meregangkan tubuh saat duduk dan bekerja menimbulkan nyeri punggung.

Oleh karenanya, pastikan layar komputer sejajar dengan mata dan kursi Anda tidak terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

5. Kurangi stres

Stres tidak hanya membuat Anda pusing, tetapi juga merupakan penyebab nyeri punggung. Stres dapat menimbulkan ketegangan pada otot yang membuat nyeri punggung. Lakukanlah teknik-teknik relaksasi untuk mengatur tingkat stres, seperti yoga, meditasi, dan sebagainya.

6. Perhatikan tempat tidur dan bantal

Bantal dengan ukuran yang salah dan kasur yang tidak nyaman adalah perpaduan yang dapat menjadi penyebab nyeri punggung.

Bantal yang digunakan harus mampu menahan punggung dan leher Anda dalam satu posisi lurus. Jika Anda tidur dengan posisi menyamping, taruhlah bantal di antara lutut. Atau Anda bisa mencoba tidur dengan alas agak keras tanpa menggunakan bantal untuk mengurangi nyeri punggung. 

Setelah mengetahui penyebab nyeri punggung dan cara mengatasinya, semoga keluhan nyeri punggung yang Anda rasakan dapat berkurang.

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/back-pain/symptoms-causes/syc-20369906
Diakses pada 13 Mei 2019

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322582.php
Diakses pada 13 Mei 2019

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/back-pain/treatment/
Diakses pada 13 Mei 2019

WebMD. https://www.webmd.com/back-pain/features/manage-low-back-pain-home#1
Diakses pada 20 Mei 2019

Artikel Terkait

Banner Telemed