Ciri Keputihan Tanda Persalinan Sudah Dekat, Bumil Perlu Tahu

(0)
05 Nov 2020|Nina Hertiwi Putri
Ditinjau olehdr. Reni Utari
Keputihan tanda persalinan bisa muncul beberapa hari hingga jam sebelum persalinanKeputihan tanda persalinan sudah dekat biasanya keluar bersama sedikit darah
Keputihan bisa menjadi salah satu tanda pesalinan sudah dekat. Namun, ciri keputihan yang keluar akibat kondisi ini, berbeda dari keputihan biasanya. Maka dari itu, ibu hamil perlu mengetahui cirinya secara lengkap.

Ciri keputihan tanda persalinan sudah dekat

Ciri keputihan tanda persalinan sudah dekat adalah adanya bercak darah
Keputihan tanda persalinan sudah dekat biasanya disertai bercak darah
Selama masa kehamilan, ada cairan seperti lendir dengan konsistensi kental yang menutup bukaan leher rahim. Cairan ini berfungsi untuk mencegah bakteri masuk ke rahim dan menginfeksi ibu maupun janin.Saat memasuki trimester ketiga, posisi cairan ini lama-kelamaan akan semakin turun, terdorong ke arah vagina. Akibatnya, ibu hamil 9 bulan yang sudah mendekati hari perkiraan lahir atau HPL, biasanya akan meraskan keputihan. Keputihan itu sebenarnya adalah mukus atau lendir yang melindung vagina tadi. Berikut ini ciri keputihan tanda persalinan sudah dekat yang perlu disadari segera.
  • Warnanya bening, terkadang disertai juga dengan adanya sedikti flek darah sehingga terlihat merah muda atau cokelat
  • Mulai keluar beberapa hari sebelum persalinan atau sesaat sebelum persalinan
  • Terkadang keluar sebagai gumpalan besar ataupun kecil
Kemunculan keputihan ini juga dapat disertai kontraksi dan bisa juga tidak. Jika disertai kontraksi dan pembukaan hingga 3-4 cm, maka persalinan sudah dekat. Namun jika tidak, maka persalinan biasanya baru akan terjadi beberapa hari kemudian.Baca Juga: Daftar Perlengkapan yang Perlu Disiapkan Menjelang Persalinan

Tanda-tanda melahirkan lain yang menyertai keputihan

Selain keputihan, tanda persalinan sudah dekat adalah sakit pinggang
Sakit punggung bagian bawah adalah tanda melahirkan selain keputihan
Selain keluarnya keputihan, tentu ada tanda-tanda melahirkan lain yang biasanya turut menyertai, seperti berikut ini.

1. Posisi bayi mulai turun

Posisi bayi akan mulai menyesuaikan dan turun beberapa minggu hingga beberapa jam sebelum persalinan dimulai. Perubahan posisi ini adalah gerakan alami yang bertujuan untuk memudahkan bayi keluar dari rahim.Kondisi ini dikenal juga dengan nama lightening. Saat bayi sudah mulai berada di posisi bawah, maka tekanan yang ada di diafragma akan semakin berkurang. Pada kondisi ini, ibu akan merasa lebih mudah bernapas.Di sisi lain, tekanan di area panggul dan kandung kemih akan semakin kencang, sehingga membuat ibu hamil menjadi lebih sering buang air. Selain itu, posisi perut juga akan terlihat menurun dan lebih maju.

2. Sakit punggung bagian bawah

Selain keluarnya keputihan, tanda persalinan lain yang akan menyertai biasanya adalah kram dan sakit di punggung bagian bawah maupun area pangkal paha. Rasa sakit ini muncul karena otot serta sendi sedang meregang dan bergerak, menyiapkan diri untuk proses persalinan.

3. Diare

Mendekati waktu persalinan, otot-otot yang ada di rahim menjadi lebih rileks, begitu juga dengan otot di bagian rektum. Hal ini bisa berujung pada diare. Tidak jarang, rasa sakit perut diare membuat ibu hamil salah mengiranya sebagai sakit perut kontraksi.Baca Juga: Seputar Diare Saat Hamil yang Perlu Diketahui Para Bumil

4. Nesting

Beberapa ibu hamil bisa merasakan lonjakan energi beberapa saat sebelum melahirkan. Hal ini disebut nesting instinct atau insting keibuan yang tiba-tiba memuncak. Jadi jangan heran jika saat hamil tua, Anda tiba-tiba semangat menjalani berbagai pekerjaan rumah hingga melakukan hal-hal untuk mempersiapkan kelahiran bayi, mulai dari membangun boks bayi hingga menata baju-baju Si Kecil sesuai warna.Hal ini tidaklah berbahaya. Namun Anda perlu ingat untuk tidak memforsir tenaga dan beristirahat dengan cukup.

5. Kontraksi yang kuat dan teratur

Kontraksi sebenarnya adalah hal yang biasa dirasakan ibu hamil dan belum tentu menandakan persalinan sudah dekat. Kontraksi yang sering terasa saat waktu persalinan masih jauh bisa jadi adalah braxton hicks, yang membuat otot-otot di sekitar rahim ‘berlatih’ untuk mempersiapkan proses melahirkan nantinya.Frekuensi kontraksi yang menandakan persalinan biasanya teratur dan terasa jauh lebih kuat. Kontraksi persalinan akan terjadi kurang dari 5 menit sekali selama 1-2 jam, dimulai dari arah punggung dan menjalar ke depan.Selama proses kontraksi berlangsung, perut ibu hamil akan terasa sangat keras, seperti bola basket. Lalu saat kontraksi selesai, otot akan kembali rileks seperti semula.

6. Ketuban pecah

Saat janin sudah siap keluar, maka bantalan yang menyelimutinya yaitu kantung yang berisi air ketuban, akan pecah. Keluarnya cairan ini tidak bisa ditahan dan akan terus merembes ke luar.Ketika ketuban mulai pecah, ibu hamil sudah harus dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat. Sebab, janin sudah tidak lagi memiliki bantalan pelindungnya dan menjadi berisiko lebih tinggi terkena infeksi.Apabila keputihan tanda persalinan sudah keluar dan tanda-tanda persalinan yang lain juga sudah terlihat, jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter.Jika Anda masih memiliki pertanyaan lain seputar tanda-tanda persalinan maupun hal lain seputar kehamilan, tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.
melahirkankehamilanpersalinankeputihan
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/labor-and-delivery/in-depth/signs-of-labor/art-20046184
Diakses pada 22 Oktober 2020
What to Expect. https://www.whattoexpect.com/pregnancy/labor-signs#discharge
Diakses pada 22 Oktober 2020
Live Science. https://www.livescience.com/44554-signs-of-labor.html
Diakses pada 22 Oktober 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait