Hati-Hati, Kenali Ciri Keputihan Abnormal Tanda Kanker Serviks


Warna keputihan yang kecokelatan bahkan berdarah, jumlahnya yang lebih banyak dari biasa, hingga bau menyengat bisa jadi ciri keputihan yang menandakan gejala awal kanker serviks. Namun, beberapa kondisi lain juga punya gejala yang serupa. Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan.

0,0
ciri keputihan kanker serviksCiri keputihan kanker serviks biasanya berbeda dari cairan vagina normal
Kanker serviks adalah pertumbuhan sel abnormal pada leher rahim yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Keputihan yang tidak normal disebut-sebut menjadi tanda awal penyakit ini. Lantas, bagaimana membedakan keputihan biasa dengan keputihan akibat kanker serviks?Kenali lebih jauh tentang ciri keputihan kanker serviks berikut ini. 

Ciri keputihan kanker serviks yang perlu Anda waspadai

Pada umumnya, keputihan adalah hal normal yang terjadi pada wanita. Keputihan (vaginal discharge) berperan sebagai pelumas yang melindungi vagina dari iritasi dan infeksi, serta menjaga jaringan vagina tetap sehat.Namun, perubahan warna, bau, jumlah, dan munculnya rasa nyeri merupakan ciri keputihan yang perlu diwaspadai.. Keputihan yang tidak normal menandakan adanya gangguan pada organ reproduksi seperti infeksi bakteri.Pada beberapa kasus, keputihan abnormal juga bisa menjadi tanda awal kanker serviks.Untuk membedakannya, berikut ini ciri keputihan kanker serviks yang perlu Anda waspadai. 

1. Keputihan berwarna cokelat hingga berdarah

Ciri keputihan kanker serviks bisa ditandai dengan keluarnya darah
Ciri keputihan kanker serviks bisa ditandai dengan keluarnya darah
Umumnya, keputihan berwarna bening hingga putih. Perubahan warna ini biasanya tergantung oleh hormon pada awal atau akhir masa menstruasi. Ini adalah tanda keputihan normal.Perubahan warna pada keputihan bisa mengindikasikan gangguan kesehatan yang Anda alami. Misalnya, keputihan yang berwarna kuning hingga hijau menandakan adanya infeksi parasit yang bisa menyebabkan trikomoniasis. Meskipun jarang terjadi, ciri keputihan kanker serviks bisa jadi berwarna cokelat atau disertai darah, sekalipun sedang tidak menstruasi. Hal ini terjadi karena adanya pertumbuhan abnormal pada leher rahim. 

2. Keputihan sangat banyak

Keputihan yang keluar dalam jumlah banyak merupakan kondisi normal pada wanita. Apalagi di masa ovulasi, baik yang mengarah pada menstruasi maupun kehamilan. Namun, keputihan yang terlalu banyak sampai menimbulkan ketidaknyamanan di bagian vagina bisa jadi tanda kanker serviks. Badan kesehatan dunia, WHO, menyatakan bahwa peningkatan jumlah keputihan bisa menjadi salah satu gejala kanker serviks tahap awal. 

3. Keputihan berbau tidak sedap

Keputihan yang normal bisa saja berbau tidak sedap karena perubahan hormonal atau pola makan. Makanan berbau menyengat, seperti ikan atau bawang putih bisa menyebabkan perubahan bau pada keputihan. Namun, pada beberapa kasus, keputihan yang berbau tidak sedap bisa menjadi salah satu ciri kejadian kanker serviks pada wanita. Ketika terjadi hal ini, stadium kanker serviks mungkin telah masuk ke tahap lanjut (advances).

Kapan harus ke dokter?

Periksakan ke dokter jika mendapati keputihan yang tidak biasa
Periksakan ke dokter jika mendapati keputihan yang tidak biasa
Jika Anda mengalami salah satu atau lebih gejala keputihan tidak normal, konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Tak ada salahnya juga untuk memeriksakan diri saat Anda merasa jumlah keputihan atau cirinya tidak seperti biasa.Anda perlu segera ke dokter jika keputihan abnormal disertai dengan gejala kanker serviks berikut ini: 
  • Perubahan periode menstruasi (jadi lebih panjang atau tidak teratur)
  • Nyeri saat buang air kecil 
  • Nyeri saat buang air besar
  • Sakit ketika berhubungan intim
  • Keluar darah di luar masa menstruasi
  • Kelelahan
  • Kehilangan nafsu makan
  • Berat badan turun drastis tanpa alasan yang jelas
  • Sakit punggung
  • Kaki bengkak
Untuk memastikan kondisi Anda, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik atau pemeriksaan kanker serviks, termasuk pemeriksaan panggul (pap smear). Hal ini bertujuan mencari tahu penyebab keputihan abnormal yang Anda alami dan menegakkan diagnosis. Dokter mungkin juga akan memberikan pertanyaan terkait gejala, siklus menstruasi, dan aktivitas seksual. Selanjutnya, dokter akan memberikan pengobatan dan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda. 

Catatan dari SehatQ

Menjaga kebersihan vagina merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita. Cara ini juga mencegah keputihan abnormal yang mengindikasikan berbagai penyakit seperti kanker serviks. Menggunakan pakaian dalam yang nyaman dan menerapkan perilaku seksual yang sehat juga bisa menghindari Anda dari risiko penyakit pada organ genital.Selain itu, penting bagi wanita, terutama yang sudah aktif secara seksual, untuk melakukan pap smear setiap tahunnya. Pada prosedur ini, dokter ginekologi akan memeriksa adanya kelainan pada serviks atau mulut rahim Anda. Anda juga bisa melakukan pencegahan dengan mendapatkan vaksin HPVJika masih ada pertanyaan seputar ciri keputihan kanker serviks atau masalah kesehatan reproduksi wanita lainnya, Anda juga bisa berkonsultasi menggunakan fitur chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download aplikasinya di App Store dan Google Play sekarang! 
servisitiskanker servikskeputihan
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/symptoms/vaginal-discharge/basics/definition/sym-20050825
Diakses pada 31 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/health/cervical-cancer/symptoms#symptoms
Diakses pada 31 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/symptom/vaginal-discharge
Diakses pada 31 Agustus 2021
Healthline. https://www.healthline.com/symptom/vaginal-discharge#home-remedies
Diakses pada 31 Agustus 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17905-vaginal-odor
Diakses pada 31 Agustus 2021
Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/12216-cervical-cancer#management-and-treatment
Diakses pada 31 Agustus 2021
WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/human-papillomavirus-(hpv)-and-cervical-cancer
Diakses pada 31 Agustus 2021
Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/327379#ovulation
Diakses pada 31 Agustus 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait