4 Ciri Fisik Pembuahan Berhasil yang Dapat Anda Kenali

(0)
27 Jul 2020|Asni Harismi
Ditinjau olehdr. Karlina Lestari
Ciri fisik pembuahan berhasil dapat ditandai dengan pendarahan implantasiPendarahan implantasi yang mirip dengan menstruasi dapat mengindikasikan kehamilan
Kehamilan biasanya ditandai dengan terlambat datangnya menstruasi atau hasil pemeriksaan via test pack yang menunjukkan dua garis atau hasil positif. Namun, ada juga ciri fisik pembuahan berhasil yang dapat Anda rasakan bahkan sebelum kedua tanda tersebut muncul.Pembuahan dikatakan berhasil bila sel sperma laki-laki bertemu dengan sel telur wanita di tuba falopi. Sel telur yang telah matang tersebut lalu menempel di dinding rahim yang kemudian berkembang menjadi janin di dalam perut Anda.Setelah pembuahan berhasil, tubuh akan mulai memproduksi hormon kehamilan yang disebut human chorionic gonadotropin (hCG). Hormon inilah yang kemudian memunculkan berbagai tanda kehamilan yang Anda rasakan, baik secara fisik maupun psikis.Beberapa wanita mulai merasakan perubahan fisik secara dini, misalnya delapan hari setelah berhubungan seksual. Namun, tidak sedikit pula wanita yang baru mengalami gejala kehamilan hingga berminggu-minggu setelah telat datang bulan.

Apa saja ciri fisik pembuahan berhasil?

Mengetahui ciri fisik pembuahan berhasil dapat membantu wanita mengetahui gejala kehamilan sejak dini. Bagi calon ibu dengan potensi kehamilan berisiko, hal ini sangat membantu untuk menjaga janin tetap sehat selama berada di kandungan dan kesehatan ibu juga selalu terpantau dengan baik.Berikut beberapa ciri fisik pembuahan berhasil yang dapat Anda amati:

1. Muncul bercak darah implantasi

Penelitian menyebut 25 persen ibu hamil pernah mengalami spotting alias pendarahan implantasi sebelum dinyatakan positif hamil. Gejala ini bisa muncul ketika sel telur matang menempel di dinding rahim atau sekitar 6-12 hari setelah Anda berhubungan seksual.Darah implantasi tidak jarang muncul menjelang tanggal datang bulan sehingga banyak wanita menyalahartikannya sebagai darah haid. Akan tetapi, darah implantasi yang merupakan ciri fisik pembuahan berhasil memiliki perbedaan dengan darah haid, seperti:
  • Jumlah

Darah implantasi tidak akan mengharuskan Anda berganti pembalut karena jumlahnya sedikit, bahkan bisa hanya dilap dengan tisu.
  • Warna

Darah implantasi biasanya berwarna cokelat gelap, sedangkan darah menstruasi biasanya merah cerah.
  • Gumpalan

Anda tidak akan menemukan gumpalan dalam darah implantasi, sedangkan darah menstruasi di hari-hari pertama biasanya ada gumpalannya.Darah implantasi juga bisa disertai dengan rasa kram ringan pada perut, mual, pusing, hingga mood swing. Namun, gejala-gejala ini juga dapat menjadi pertanda sindrom sebelum menstruasi (PMS) sehingga tidak bisa dijadikan patokan.

2. Payudara terasa penuh dan nyeri

Ciri fisik pembuahan berhasil lain yang dapat Anda rasakan adalah di bagian payudara, tepatnya ketika payudara terasa lebih bengkak dan nyeri. Gejala ini mungkin muncul dalam kurun 1-2 minggu setelah Anda berhubungan seksual.Seperti disinggung di atas, rasa nyeri pada payudara ini diakibatkan oleh kenaikan hormon kehamilan di dalam tubuh. Namun, rasa nyeri dan bengkak ini akan mereda ketika tubuh mulai terbiasa dengan kadar hCG, misalnya jelang memasuki trimester kedua kehamilan.

3. Morning sickness

Mual dan muntah identik sebagai ciri fisik pembuahan berhasil alias kehamilan di trimester pertama. Beberapa orang juga mengenalnya dengan istilah morning sickness, meski mual dan muntah bisa terjadi tidak hanya pada pagi, melainkan sepanjang hari.Pada sebagian ibu hamil, mual dan muntah bisa semakin parah ketika perut kosong. Sebagian lagi bahkan sampai harus dirawat inap di rumah sakit karena mual dan muntah sampai mengakibatkan tidak bisa makan atau minum sehingga dikhawatirkan akan menghambat asupan nutrisi ke janin.

4. Cepat lelah

Ibu hamil muda yang kerap mengeluh lebih cepat lelah daripada biasanya bukan mengada-ada. Secara teori, hal ini memang mungkin terjadi karena tubuh Anda tengah melakukan adaptasi akan berubahnya bentuk fisik dalam beberapa bulan ke depan.Oleh karena itu, wanita yang waktu tidur malamnya jadi lebih panjang atau tiba-tiba senang tidur siang mungkin tengah hamil muda. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk bermalas-malasan.Untuk membuktikan tanda-tanda di atas memang ciri fisik pembuahan berhasil, tentu Anda harus melakukan tes kehamilan. Anda dapat menggunakan test pack yang dijual bebas, tes darah untuk mengukur kadar hormon hCG, maupun periksa langsung ke bidan atau dokter kandungan untuk mengetahui ada atau tidaknya kantung kehamilan lewat pemindaian ultrasonografi (USG).
merencanakan kehamilan
Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/8-dpo-symptoms
Diakses pada 13 Juli 2020
NICHD. https://www.nichd.nih.gov/health/topics/pregnancy/conditioninfo/signs
Diakses pada 13 Juli 2020
American Pregnancy. https://americanpregnancy.org/getting-pregnant/what-is-implantation-bleeding/
Diakses pada 13 Juli 2020
Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/getting-pregnant/in-depth/symptoms-of-pregnancy/art-20043853
Diakses pada 13 Juli 2020
Family Doctor. https://familydoctor.org/changes-in-your-body-during-pregnancy-first-trimester/
Diakses pada 13 Juli 2020
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait