Ciri-Ciri Wanita Tidak Subur, Anda Wajib Tahu Agar Promil Sukses


Ciri-ciri wanita tidak subur bukan hanya sulit hamil dalam satu tahun setelah seks tanpa KB. Tanda ini juga bisa diperhatikan dari siklus haid yang tidak normal dan nyeri yang tak tertahankan.

(0)
Ciri-ciri wanita tidak subur ditandai dengan siklus menstruasi tidak teratur serta keluhan fisikCiri-ciri wanita tidak subur ditandai dengan adanya perubahan fisik dan siklus menstruasi yang tidak teratur
Ciri-ciri wanita tidak subur perlu diketahui jika Anda ingin menjalankan program kehamilan (promil). Sebab dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pemeriksaan kesuburan untuk mengetahui seberapa besar peluang Anda sukses hamil.Terkadang, beberapa perempuan tidak mengetahui jika beberapa keluhan justru merupakan ciri-ciri infertilitas pada wanita.Lantas, apa saja ciri-ciri wanita tidak subur?

Ciri-ciri wanita tidak subur

Infertilitas adalah kondisi wanita yang sulit hamil dalam satu tahun setelah berhubungan seks, atau tidak juga mendapatkan kehamilan dalam enam bulan jika berusia di atas 35 tahun.Berikut cara mengetahui tanda subur dan tidaknya pada wanita agar Anda bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat:

1. Sakit saat berhubungan seksual

Sakit saat berhubungan seks terkadang menjadi tanda wanita tidak subur akibat mioma uteri dan endometriosis
Rasa nyeri ketika berhubungan seksual merupakan gejala umum dari endometriosis atau fibroid rahim (mioma uteri). Dua masalah kesehatan ini berkaitan dengan ciri-ciri wanita tidak subur karena efeknya yang mengganggu proses ovulasi. Endometriosis menyebabkan terbentuknya kista dalam rahim yang bisa pecah hingga menyebabkan nyeri hebat. Kista tersebut mampu mengganggu proses ovulasi normal sehingga wanita menjadi sulit hamil. Riset dari Clinical Obstetrics and Gynecology menyebutkan, 50% wanita dengan endometriosis dilaporkan tidak subur.Sementara itu, temuan dari Obstetrics and Gynecology Clinics of North America menyatakan pertumbuhan miom fibroid ditemukan pada 5-10% perempuan yang mengalami infertilitas. Tumbuhnya daging dalam rahim dapat menyebabkan infertilitas dengan menghalangi tuba falopi dan membuat pembuahan terhambat.Perempuan yang memiliki fibroid di bagian atas rahim juga cenderung mengalami rasa nyeri ketika berhubungan seks.Di sisi lain, nyeri saat berhubungan juga menjadi gejala umum dari infeksi menular seksual. Memiliki penyakit kelamin bukan berarti Anda pasti menunjukkan ciri-ciri wanita tidak subur. Namun, peradangan akibat infeksi yang menyerang area panggul dan saluran genital bagian atas dapat menyebabkan kerusakan permanen pada saluran tuba, rahim, dan jaringan di sekitarnya. Hal ini yang dapat meningkatkan risiko masalah kesuburan.Sebenarnya, nyeri saat berhubungan tidak selalu berkaitan dengan risiko kesuburan. Namun, ada baiknya memeriksakan ke dokter jika nyeri yang dialami setiap berhubungan.

2. Menstruasi yang deras, lama, atau menyakitkan

Nyeri menstruasi yang disertai dengan darah deras merupakan gejala endometriosis dan sebabkan susah hamil
Umumnya, menstruasi terjadi selama 2 hingga 7 hari dengan aliran darah yang ringan. Batasan normal dari jumlah darah menstruasi adalah 80 cc dalam sehari.Namun, jika mengalami menstruasi berlarut-larut dengan aliran darah yang banyak dan diikuti nyeri tak tertahankan, hal ini bisa jadi menunjukkan ciri-ciri wanita tidak subur. Sebab, tanda-tanda tersebut juga merupakan gejala endometriosis, salah satu faktor risiko penyebab wanita tidak subur.

3. Siklus menstruasi tidak teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur menandakan adanya masalah pada sel telur
Setiap orang memiliki siklus menstruasi dengan rentang waktu yang beragam. Umumnya, siklus menstruasi yang normal terjadi dalam 28 hari sekali.Beberapa wanita mungkin mengalami haid tiap 21-35 hari sekali dan ini masih dianggap normal.Namun apabila terjadi perubahan tanpa penyebab yang jelas, siklus menstruasi yang tidak teratur menunjukkan kemungkinan adanya permasalahan pada ovulasi.Hal ini membuat wanita tidak memproduksi sel telur sebaik biasanya sehingga pembuahan sulit terjadi.

4. Tidak menstruasi sama sekali

Anovulasi bisa dilihat pada wanita yang tidak menstruasi sama sekali
Tidak menstruasi sama sekali dapat menjadi salah satu tanda wanita tidak subur. Pasalnya, tubuh tidak melepaskan sel telur dengan rutin (anovulasi).Apabila tidak ada pelepasan sel telur, pembuahan tidak akan terjadi dan kehamilan pun tidak mungkin berlangsung.Umumnya, ciri-ciri wanita tidak subur ini muncul pada penderita sindrom polikistik ovarium atau PCOS. Pada penderita PCOS, ovarium menghasilkan cairan kecil (folikel) sehingga membuat sel telur tidak lepas secara teratur.Namun, Anda tidak perlu khawatir. Memiliki PCOS bukan berarti Anda tidak bisa hamil sama sekali. Riset dari jurnal BMC Medicine menunjukkan, 60% wanita dengan PCOS bisa hamil meski membutuhkan waktu yang lebih lama.

5. Obesitas

Obesitas mengganggu fungsi ovarium dan mengacaukan hormon sehingga susah hamil
Temuan dari Reproductive Biology and Endocrinology menunjukkan, wanita dengan berat badan berlebih dan obesitas memerlukan waktu yang lebih lama untuk hamil.Pasalnya, berat badan berlebih menyebabkan gangguan pada fungsi ovarium sehingga ovulasi menjadi lebih lambat.Selain itu, berat badan berlebih juga mengacaukan produksi hormon dalam tubuh. Hal ini menyebabkan jumlah hormon kehamilan, yakni estradiol dan gonadotropin, rendah meski siklus menstruasi wanita obesitas masih terbilang normal.Obesitas juga merupakan gejala dari penyakit PCOS yang mampu menyebabkan wanita tidak subur.

6. Perubahan pada kulit akibat PCOS

Jerawat berlebih saat PCOS merupakan tanda wanita tidak subur
Cara mengetahui subur dan tidaknya pada wanita juga bisa dilihat dari kulit. Menurut penelitian yang terbit pada Indian Dermatology Online Journal, penyebab susah hamil pada wanita ditandai dengan:
  • Jerawat berlebih
  • Kebotakan
  • Pertumbuhan rambut yang lebat pada bagian wajah, dada, atau punggung
  • Kehitaman pada lipatan tubuh
Gejala-gejala tersebut biasanya muncul pada penderita PCOS. Ciri-ciri wanita tidak subur pada pengidap PCOS ini diakibatkan oleh produksi kadar hormon laki-laki, yakni androgen, yang berlebih.Hal ini menyebabkan proses pematangan folikel pada ovarium jadi terganggu. Efeknya, sel telur tidak dilepaskan dan tidak masuk ke tuba falopi.

7. Nyeri panggul kronis

Nyeri panggul akibat adanya jaringan parut menandakan wanita tidak subur
Nyeri panggul kronis merupakan ciri-ciri infertilitas pada wanita yang terjadi akibat jaringan parut (adhesi pelvis).Bahkan, riset yang terbit pada The Journal of Reproductive Medicine mengungkapkan, adhesi pelvis dianggap sebagai biang keladi dari nyeri panggul kronis dan infertilitas pada wanita.Jaringan parut pada area panggul mampu menghalangi atau bahkan merusak tuba falopi. Akibatnya, proses pembuahan pun tidak lancar. Penyebab adhesi pelvis yang umum terjadi adalah efek samping pembedahan, gejala endometriosis, maupun infeksi.

8. Keluar air susu tapi tidak menyusui

Keluar ASI saat menyusui menandakan adanya masalah pembuahan
Keluarnya air susu dari payudara umumnya hanya terjadi pada fase menyusui. Namun, jika Anda tidak hamil dan belum pernah menyusui sebelumnya, keluarnya ASI bisa jadi merupakan tanda wanita tidak subur.Hal ini menunjukkan hiperprolaktinemia, yaitu adanya produksi hormon prolaktin berlebih.Temuan yang terbit pada riset The Journal of Clinical Investigation memaparkan, hiperprolaktinemia mampu menyebabkan masalah pembuahan. Hal ini dikarenakan prolaktin mampu menghambat pelepasan hormon kehamilan, yaitu hormon Gonadotropin-Releasing Hormone (GnRH).

Kapan harus ke dokter?

Konsultasikan ke dokter untuk menemukan penyebab pasti
Tidak semua wanita yang mengalami salah satu tanda atau banyak ciri-ciri di atas pasti tidak subur dan sulit hamil. Beragam masalah kesehatan di atas dapat diakibatkan oleh hal-hal lain yang mungkin tidak berkaitan dengan masalah kesuburan.Namun, segera temui dokter apabila Anda:
  • Berhubungan seks tanpa kontrasepsi selama lebih dari setahun dan tidak mengalami pembuahan
  • Berusia di atas 35 tahun dan program kehamilan tidak menunjukkan keberhasilan selama lebih dari 6 bulan.
  • Berusia di atas 40 tahun, sebab kehamilan di usia ini berisiko tinggi.
  • Keguguran sebanyak tiga kali atau lebih.
  • Memiliki riwayat infeksi menular seksual, peradangan akibat infeksi terbukti merupakan faktor risiko infertilitas.
  • Menderita penyakit kronis.
  • Mengalami keguguran. Hal ini juga berarti munculnya tanda wanita tidak subur.
Untuk menangani ciri-ciri wanita tidak subur, Anda sebaiknya menemui dokter kandungan alias dokter spesialis obstetri dan ginekologi. Anda bisa juga menemui dokter obgyn dengan subspesialis fertilitas yang memiliki gelar Sp.OG-KFER.

Catatan dari SehatQ

Ciri-ciri wanita tidak subur bisa dilihat kondisi fisik, siklus menstruasi yang terganggu atau tidak normal, sampai adanya rasa sakit yang muncul.Biasanya, infertilitas pada wanita merupakan tanda adanya gangguan atau penyakit yang menyebabkan sulitnya pembuahan.Jangan melakukan self-diagnosed apabila Anda memiliki tanda-tanda seperti di atas, konsultasikan dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi melalui chat dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ,Jangan lupa kunjungi Toko SehatQ untuk mendapatkan penawaran menarik terkait keperluan ibu hamil.Download aplikasinya sekarang di Google Play dan Apple Store.
hamilkehamilanmasalah infertilitasmerencanakan kehamilanmasalah reproduksi
Clinical Obstetrics and Gynecology. https://europepmc.org/abstract/med/20436320 Diakses pada 5 Januari 2021Obstetrics and Gynecology Clinics of North America. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3608270/ 5 Januari 2021International Society for Sexual Medicine. https://www.issm.info/sexual-health-qa/how-might-uterine-fibroids-affect-a-womans-sex-life/ 5 Januari 2021Cleveland Clinics. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10132-normal-menstruation 5 Januari 2021Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323401 5 Januari 2021Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/pcos/symptoms-causes/syc-20353439 5 Januari 2021BMC Medicine. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2909929/ 5 Januari 2021Reproductive Biology and Endocrinology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5845358/ 5 Januari 2021Obesity Management. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2861983/ 5 Januari 2021Dermatology Online Journal. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6434760/ 5 Januari 2021The National Infertility Association. https://resolve.org/infertility-101/optimizing-my-fertility/pelvic-adhesions-impact-on-fertility/ 5 Januari 2021The Journal of Reproductive Medicine. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/2525188/ 5 Januari 2021The Journal of Clinical Investigation. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3461919/ 5 Januari 2021University of Utah Healthcare. https://healthcare.utah.edu/fertility/when-should-you-see-a-fertility-specialist.php 5 Januari 2021
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)

Artikel Terkait